radang sendi

Cegah Radang Sendi Sebelum Terlambat!

Radang sendi atau arthritis, merupakan kondisi yang menyebabkan peradangan pada sendi dan dapat menyebabkan rasa sakit, kaku, dan kesulitan dalam bergerak. Arthritis terjadi ketika tulang rawan yang melapisi ujung tulang di sendi rusak atau hilang, menyebabkan tulang bergesekan satu sama lain dan memicu peradangan.

Arthritis biasanya berkembang pada orang yang lebih tua, tetapi dapat terjadi pada usia berapa pun. Oleh karena itu, penting untuk mencegahnya sejak dini, terutama bagi mereka yang memiliki riwayat keluarga atau berisiko tinggi terkena kondisi ini.

Bahaya Radang Sendi

Radang sendi juga dapat menimbulkan bahaya jika tidak tertangani dengan baik. Beberapa bahaya yang sering timbul dari radang sendi adalah : 

  • Kerusakan sendi yang permanen

Jika radang sendi tidak mendapatkan pengobatan yang tepat, maka dapat menyebabkan kerusakan pada sendi. Kerusakan tersebut sering membuat sendi menjadi kaku, sulit bergerak, dan menyebabkan rasa sakit yang berkepanjangan.

  • Kelainan bentuk kaki

Kerusakan pada sendi akibat peradangan juga dapat mempengaruhi bentuk kaki. Kondisi ini terutama terjadi pada sendi yang terlibat dalam berjalan dan berdiri, seperti sendi di kaki dan jari kaki. Kondisi ini dapat menyebabkan sendi menjadi melengkung atau bergelombang, sehingga mengganggu gerakan normal kaki dan mengganggu kemampuan seseorang untuk berjalan atau berdiri.

  • Produktivitas menurun

Radang sendi menyebabkan keterbatasan gerak karena sendi menjadi kaku dan Anda mungkin akan sulit menggerakkan area yang terkena. Hal ini tentu dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan kualitas hidup.

Cegah Radang Sendi dengan PRP

Platelet-rich plasma (PRP) adalah terapi regeneratif yang dapat membantu mencegah radang sendi dan mempercepat proses penyembuhan sendi yang rusak. PRP mengandung platelet darah dan faktor pertumbuhan, yang membantu mengurangi peradangan dan memperbaiki jaringan yang rusak.

Bagaimana PRP Bekerja

PRP bekerja dengan mengambil sejumlah kecil darah dari pasien dan memisahkan sel-sel darah yang terkandung di dalamnya dengan sentrifugasi. Platelet yang terkonsentrasi kemudian disuntikkan kembali ke sendi yang mengalami masalah, seperti lutut atau bahu.

Platelet dalam PRP mengandung faktor pertumbuhan, protein yang merangsang pertumbuhan dan penyembuhan jaringan. Faktor pertumbuhan ini merangsang sel-sel dalam jaringan sendi untuk meregenerasi dan memperbaiki jaringan yang rusak. PRP juga dapat mengurangi peradangan dan nyeri yang terkait dengan radang sendi.

Apa Manfaatnya?

PRP dapat membantu mencegah kerusakan sendi yang lebih parah dan mempercepat penyembuhan jaringan yang rusak. Beberapa manfaat PRP dalam mencegah radang sendi meliputi:

  • Mengurangi peradangan: PRP mengandung faktor pertumbuhan dan platelet yang membantu mengurangi peradangan di sekitar sendi. Ini dapat membantu mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan.
  • Mempercepat penyembuhan: Faktor pertumbuhan dalam PRP merangsang sel-sel dalam jaringan untuk meregenerasi dan memperbaiki jaringan yang rusak. Ini dapat mempercepat proses penyembuhan setelah cedera atau operasi.
  • Meminimalkan risiko infeksi: Karena PRP berasal dari darah pasien sendiri, risiko infeksi sangat rendah.
  • Tanpa efek samping serius: PRP adalah terapi yang relatif aman dan tidak memiliki efek samping yang serius.

Kapan Harus Melakukan PRP

PRP dapat digunakan sebagai pengobatan alternatif untuk arthritis ringan hingga sedang. Hal ini dapat membantu mempercepat penyembuhan jaringan, mengurangi peradangan, dan mencegah kerusakan permanen pada sendi. Dengan melakukan perawatan PRP secara teratur, seseorang dapat mencegah radang sendi sebelum terjadi kerusakan permanen dan memperbaiki kualitas hidupnya. segeralah berkonsultasi dengan dokter kami di Klinik Patella. Anda bisa menghubungi tim Assistance Center Patella di nomor 021-2237-9999 atau chat melalui whatsapp ke 0811 8123 2022.

Baca juga: Apakah Berjalan Dapat Meringankan Gejala Arthritis?

Referensi:

  1. Meheux, C. J., McCulloch, P. C., Lintner, D. M., Varner, K. E., Harris, J. D., & Mair, S. D. (2016). Efficacy of intra-articular platelet-rich plasma injections in knee osteoarthritis: a systematic review. Arthroscopy: The Journal of Arthroscopic & Related Surgery, 32(3), 495-505.

Artikel ini telah ditinjau oleh: dr. Yuti Purnamasari

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Book Online

Appointment Now

Jadwal Praktik


Prof. Dr. dr. Darto Satoto, SpAn, KAR

Selasa   : 10:00 - 16:00
Kamis   : 10:00 - 16:00


dr. Nelfidayani, SpKFR

Selasa   : 16:00 - 20:00
Kamis   : 16:00 - 20:00
Sabtu    : 16:00 - 20:00


dr. Rifalisanto, SpKFR

Senin    : 10:00 - 12:00
Rabu     : 10:00 - 12:00


dr. Zuhri Efendi, Sp.OT (K)

Senin    : 16:00 - Selesai
Rabu     : 16:00 - Selesai
Jumat   : 16:00 - Selesai


dr. Haekal Alaztha, Sp.N, FINA

Lamina Kartika Pulomas Hospital

Senin       : 13:00 - 15:00
Rabu        : 13:00 - 15:00

Lamina Klinik SMC

Selasa     : 13:00 - 15:00
Kamis      : 13:00 - 15:00