nyeri bahu kronis - Patella

Efektif! Nyeri Bahu Kronis Sembuh dengan Radiofrekuensi Ablasi

Apakah Anda mengalami nyeri bahu yang tak kunjung membaik dan semakin menyiksa? Nyeri bahu kronis adalah masalah kesehatan yang umum dialami oleh banyak orang di seluruh dunia. Kondisi ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, kualitas hidup, dan produktivitas. Namun, kini telah hadir salah satu metode pengobatan inovatif untuk mengatasi nyeri bahu kronis, yaitu dengan radiofrekuensi ablasi. 

Apa itu Radiofrekuensi Ablasi?

Radiofrekuensi ablasi adalah prosedur medis yang bertujuan untuk menghentikan atau mengurangi nyeri kronis dengan menggunakan energi gelombang radiofrekuensi. Prosedur ini biasanya dilakukan oleh dokter spesialis intervensi nyeri atau ahli bedah yang terlatih. Dokter akan memasukkan jarum khusus dengan gelombang radiofrekuensi yang mengarah ke area saraf atau jaringan yang menjadi sumber nyeri dan panas dari energi ini dapat merusak saraf atau jaringan tersebut, sehingga mengurangi atau menghentikan sinyal nyeri yang dikirim ke otak.

Baca juga: Sering Alami Nyeri Bahu Hingga Terasa Kaku? Yuk, Kenali Penyebabnya!

Prosedur Radiofrekuensi Ablasi untuk Nyeri Bahu Kronis

Dalam penanganan nyeri bahu kronis, dokter akan menggunakan prosedur RFA setelah berbagai metode pengobatan konservatif seperti fisioterapi, obat penghilang nyeri, dan terapi lainnya tidak memberikan hasil yang memuaskan. Berikut adalah langkah-langkah umum dari prosedur radiofrekuensi ablasi untuk nyeri bahu:

  • Pemeriksaan fisik dan penunjang: Sebelum prosedur, pasien akan menjalani pemeriksaan secara menyeluruh oleh dokter untuk memastikan bahwa radiofrekuensi ablasi adalah pilihan yang tepat.
  • Persiapan: Pasien akan diminta untuk berada dalam posisi yang nyaman di meja operasi. Biasanya, anestesi lokal diberikan untuk mengurangi rasa sakit selama prosedur.
  • Panduan Gambar: Dokter menggunakan alat panduan gambar seperti fluoroskopi atau pencitraan ultrasound untuk memandu jarum ke lokasi yang tepat di sekitar bahu yang menyebabkan nyeri.
  • Aplikasi Radiofrekuensi: Setelah jarum mengarah ke bagian target dengan akurat, dokter akan mengalirkan gelombang radiofrekuensi ke area target saraf atau jaringan tertentu. Gelombang ini akan menciptakan panas yang merusak saraf atau jaringan tersebut.
  • Evaluasi Hasil: Setelah prosedur selesai, dokter akan memeriksa efeknya pada pasien. Terkadang, dokter akan menyarankan beberapa sesi prosedur RFA untuk mencapai hasil yang optimal.

Manfaat dan Risiko Radiofrekuensi Ablasi

Radiofrekuensi ablasi telah terbukti efektif dalam mengurangi atau menghilangkan nyeri bahu kronis pada banyak pasien. Manfaat utama dari prosedur ini mencakup: 

  • Meredakan Nyeri: Radiofrekuensi ablasi dapat secara signifikan dapat mengurangi tingkat nyeri, sehingga akan memungkinkan Anda untuk kembali beraktivitas normal.
  • Efek Jangka Panjang: Hasil prosedur ini dapat bertahan selama berbulan-bulan hingga bertahun-tahun, tergantung pada kondisi individu.
  • Pemulihan Cepat: Karena merupakan prosedur minimal invasif, pemulihan setelah radiofrekuensi ablasi relatif cepat, dan Anda pun dapat kembali beraktivitas dengan normal dibandingkan dengan operasi besar.

Namun, seperti semua prosedur medis, radiofrekuensi ablasi juga memiliki risiko, termasuk infeksi, perdarahan, atau efek samping lainnya yang mungkin terjadi. Risiko ini harus dibahas secara rinci dengan dokter sebelum menjalani prosedur.

Radiofrekuensi ablasi adalah pendekatan inovatif yang dapat membantu dalam penanganan nyeri bahu kronis yang resisten terhadap pengobatan konservatif. Prosedur ini dapat membantu pasien mengurangi atau menghilangkan nyeri, memulihkan kualitas hidup mereka, dan mengembalikan produktivitas. Sebelum menjalani radiofrekuensi ablasi, berkonsultasilah terlebih dengan dokter ahli di Klinik Patella untuk mendapatkan diagnosis yang akurat, serta apakah RFA termasuk prosedur yang bisa dijalankan pada kondisi tertentu. 

Untuk berkonsultasi, silakan hubungi tim Assistance Center Patella di nomor 021-7919-6999 atau chat whatsapp di 0811-1443-599.

Frequently Asked Questions (FAQ)

Apa Itu Radiofrekuensi Ablasi?

Radiofrekuensi ablasi adalah prosedur medis yang bertujuan untuk menghentikan atau mengurangi nyeri kronis dengan menggunakan energi gelombang radiofrekuensi. Prosedur ini biasanya dilakukan oleh dokter spesialis intervensi nyeri atau ahli bedah yang terlatih.

Bagaimana Prosedur Radiofrekuensi Ablasi untuk Nyeri Bahu?

Berikut langkah-langkahnya: 1. Pemeriksaan fisik dan penunjang 2. Persiapan 3. Panduan gambar 4. Aplikasi Radiofrekuensi 5. Evaluasi hasil

Apa Manfaat Radiofrekuensi Ablasi?

Beberapa manfaatnya, yaitu: 1. Meredakan nyeri 2. Memiliki efek jangka panjang 3. Waktu pemulihan cepat

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Book Online

Appointment Now

Jadwal Praktik


Prof. Dr. dr. Darto Satoto, SpAn, KAR

Selasa   : 10:00 - 16:00
Kamis   : 10:00 - 16:00


dr. Nelfidayani, SpKFR

Selasa   : 16:00 - 20:00
Kamis   : 16:00 - 20:00
Sabtu    : 16:00 - 20:00


dr. Rifalisanto, SpKFR

Senin    : 10:00 - 12:00
Rabu     : 10:00 - 12:00


dr. Zuhri Efendi, Sp.OT (K)

Senin    : 16:00 - Selesai
Rabu     : 16:00 - Selesai
Jumat   : 16:00 - Selesai


dr. Haekal Alaztha, Sp.N, FINA

Lamina Kartika Pulomas Hospital

Senin       : 13:00 - 15:00
Rabu        : 13:00 - 15:00

Lamina Klinik SMC

Selasa     : 13:00 - 15:00
Kamis      : 13:00 - 15:00