Osteoarthritis Lutut dengan Radiofrekuensi Ablasi - Patella

Mengatasi Osteoarthritis Lutut dengan Radiofrekuensi Ablasi

Osteoarthritis (OA) lutut adalah salah satu bentuk penyakit sendi yang paling umum terjadi dan bisa menyerang siapapun tanpa mengenal usia. Penyakit ini terutama mempengaruhi sendi-sendi yang menopang bobot tubuh, seperti lutut. Osteoarthritis lutut dapat menyebabkan rasa sakit, pembengkakan, keterbatasan gerakan, dan mengganggu kualitas hidup penderitanya. Berbagai metode pengobatan telah banyak digunakan, namun salah satu inovasi terkini dalam menyembuhkan OA lutut adalah dengan Radiofrekuensi Ablasi.

Sekilas Tentang Radiofrekuensi Ablasi

Radiofrekuensi ablasi adalah prosedur medis yang memanfaatkan gelombang radiofrekuensi tinggi untuk menghancurkan jaringan saraf yang menyebabkan rasa sakit. Dalam kasus OA lutut, prosedur ini menargetkan pada saraf-saraf di sekitar sendi lutut yang bertanggung jawab atas rasa nyeri. Tujuan utama dari radiofrekuensi ablasi adalah untuk meredakan rasa sakit dan memungkinkan pasien untuk kembali beraktivitas dengan lebih nyaman.

Prosedur Radiofrekuensi Ablasi pada Osteoarthritis Lutut

Prosedur radiofrekuensi ablasi melibatkan langkah-langkah berikut:

  • Evaluasi Pasien: Sebelum menjalani prosedur, pasien akan menjalani pemeriksaan secara menyeluruh oleh dokter. Evaluasi ini bertujuan untuk memastikan bahwa pasien memang cocok untuk menjalani prosedur dan bahwa rasa sakit yang mereka alami berkaitan dengan saraf-saraf tertentu.
  • Anestesi Lokal: Dokter akan memberikan anestesi lokal untuk mematikan rasa sakit selama prosedur. Ini memastikan pasien tetap nyaman selama pengerjaan.
  • Menggunakan Teknologi Pencitraan: Dalam beberapa kasus, prosedur ini menggunakan teknologi pencitraan seperti fluoroskopi atau ultrasound untuk memandu dokter dalam memasukkan jarum ke area yang tepat.
  • Mengalirkan Gelombang Radiofrekuensi: Setelah jarum masuk ke area target dengan akurat, gelombang radiofrekuensi akan diberikan melalui jarum ke jaringan saraf yang menjadi sumber nyeri. Gelombang ini akan menghasilkan panas yang cukup untuk menghancurkan saraf-saraf tersebfut, mengurangi kemampuannya untuk mengirimkan sinyal nyeri.
  • Pasca-tindakan RFA: Setelah prosedur selesai, dokter akan melakukan observasi selama beberapa waktu guna memastikan tidak ada komplikasi yang timbul. Jika semuanya baik-baik saja, pasien biasanya dapat pulang pada hari yang sama.

Manfaat dan Pertimbangan

Penggunaan radiofrekuensi ablasi dalam mengatasi nyeri lutut memiliki beberapa manfaat potensial, termasuk:

  • Mengurangi Rasa Sakit: Prosedur ini dapat mengurangi rasa sakit yang dirasakan oleh pasien, sehingga mereka dapat kembali menjalani aktivitas sehari-hari tanpa rasa sakit yang berlebihan.
  • Menghindari Operasi Besar: Radiofrekuensi ablasi merupakan prosedur minimal invasif, yang berarti pasien dapat menghindari operasi besar dan masa pemulihan yang panjang.
  • Meningkatkan Kualitas Hidup: Dengan meredakan rasa sakit dan keterbatasan gerakan, pasien dapat mengalami peningkatan signifikan dalam kualitas hidup mereka.

Namun, penting untuk diingat bahwa tidak semua pasien cocok untuk prosedur RFA. Pasien dengan kondisi kesehatan tertentu atau yang tidak merespons terhadap pengobatan lainnya mungkin lebih tepat untuk menjalani radiofrekuensi ablasi.

Radiofrekuensi ablasi adalah inovasi yang menjanjikan dalam pengobatan osteoarthritis lutut. Prosedur ini dapat memberikan solusi nyeri yang efektif dan mengurangi dampak negatif yang ditimbulkan oleh penyakit. Meskipun demikian, Anda sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk memahami opsi pengobatan yang paling sesuai dengan kondisi kesehatan yang ada.

Baca juga: Efektif! Ini Pilihan Pengobatan Osteoarthritis Lutut untuk Lansia

Frequently Asked Questions (FAQ)

Apa Itu Osteoarthritis?

Osteoarthritis (OA) lutut adalah salah satu bentuk penyakit sendi yang paling umum terjadi dan bisa menyerang siapapun tanpa mengenal usia. Penyakit ini terutama mempengaruhi sendi-sendi yang menopang bobot tubuh, seperti lutut.

Apa Itu Radiofrekuensi Ablasi Pada Osteoarthritis Lutut?

Radiofrekuensi ablasi adalah inovasi yang menjanjikan dalam pengobatan osteoarthritis lutut. Prosedur ini dapat memberikan solusi nyeri yang efektif dan mengurangi dampak negatif yang ditimbulkan oleh penyakit.

Bagaimana Manfaat Radiofrekuensi Ablasi Pada OA Lutut?

Beberapa manfaatnya antara lain: 1. Mengurangi rasa sakit 2. Menghindari operasi besar 3. Meningkatkan kualitas hidup

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Book Online

Appointment Now

Jadwal Praktik


Prof. Dr. dr. Darto Satoto, SpAn, KAR

Selasa   : 10:00 - 16:00
Kamis   : 10:00 - 16:00


dr. Nelfidayani, SpKFR

Selasa   : 16:00 - 20:00
Kamis   : 16:00 - 20:00
Sabtu    : 16:00 - 20:00


dr. Rifalisanto, SpKFR

Senin    : 10:00 - 12:00
Rabu     : 10:00 - 12:00


dr. Zuhri Efendi, Sp.OT (K)

Senin    : 16:00 - Selesai
Rabu     : 16:00 - Selesai
Jumat   : 16:00 - Selesai


dr. Haekal Alaztha, Sp.N, FINA

Lamina Kartika Pulomas Hospital

Senin       : 13:00 - 15:00
Rabu        : 13:00 - 15:00

Lamina Klinik SMC

Selasa     : 13:00 - 15:00
Kamis      : 13:00 - 15:00