penyebab nyeri lutut- arthritis septik

Arthritis Septik Jadi Penyebab Nyeri Lutut, Pada Anak dan Lansia

Penyebab nyeri lutut cukup beragam dengan gejala yang berbeda-beda pada tiap individu. Nyeri lutut  bisa muncul dari struktur tulang lutut mana pun seperti bagian sendi, tempurung lutut, atau ligamen dan tulang rawan.

Beberapa orang yang menderita keluhan ini ada yang hanya mengalami gejala ringan, tetapi yang lain bisa mengalami rasa sakit yang cukup parah. Mengetahui lokasi persis keluhan yang kamurasakan sangatlah penting karena dapat menunjukkan kemungkinan penyebab utama nyerilutut yang kamu alami. Salah satu penyebab nyeri lutut adalah arthritis septik atau septic arthritis.

Apa itu arthritis septik?

Merupakan infeksi yang menimbulkan rasa sakit/nyeri pada persendian. Gangguan muskuloskeletal ini tergolong cukup serius dan bisa menyerang siapa saja. Penyebab infeksi ini bisa karena bakteri saat  adanya luka yang terbuka sehingga membuat bakteri tersebut dari luar masuk ke dalam tubuh dan menyerang persendian.

Biasanya, anak bayi dan lansia lebih rentan terhadap kondisi ini. Arthritis septik lebih sering menyerang persendian pada area lutut, tapi kondisi ini juga bisa menyerang pinggul, bahu, dan persendian area lainnya.

Lebih lanjut, infeksi ini juga bisa merusak tulang rawan dan tulang yang berada dalam persendian, jika tidak segera mendapatkan penanganan yang tepat. Oleh sebab itu, segera lakukan pemeriksaan dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang cepat dan tepat.

Apa saja tanda & gejala arthritis septik?

Biasanya masalah sendi ini hanya menyerang salah satu persendian, misalnya pada sendi lutut, pinggul, bahu, siku, pergelangan tangan, atau jari tangan.

Gejala atau tandanya akan berbeda pada setiap individu, namun secara umum gejala yang muncul bisa berupa:

  • Demam tinggi.
  • Nyeri sendi.
  • Sendi bengkak.
Baca Juga  Krepitus, Penyebab Lutut Sakit Dan Sering Berbunyi Pada Lansia

Gejala dari masalah sendi ini mungkin akan terlihat mirip dengan beberapa kondisi masalah kesehatan lainnya. Oleh sebab itu, melakukan pemeriksaan dengan dokter sangat penting pasien lakukan.

Apa saja penyebab  arthritis septik sehingga bisa timbul rasa nyeri pada lutut?

Bakteri, virus, dan jamur bisa menyerang dan menyebabkan infeksi pada persendian. Kendati demikan, infeksi bakteri merupakan salah satu penyebab utama terjadinya  arthritis septi.

Berikut beberapa jenis bakteri, virus, dan jamur yang bisa menjadi penyebab masalah kesehatan satu ini, seperti:

  • Staphylococci,bakteri yang sering menjadi penyebab infeksi kulit.
  • Haemophilus influenzae, bakteri yang menyerang larynx, trakea, dan bronkus.
  • Streptococci,kelompok bakteri yang dapat menjadi penyebab berbagai jenis penyakit.
  • Gonococci,bisa  menyebabkan gonorrhea.
  • Virus seperti HIV juga dapat menyerang persendian.

Meski begitu, ada satu jenis bakteri yang paling sering menjadi penyebab arthritis septik, yaitu staphylococcus aureus. Bakteri ini bisa menyerang tubuh dengan berbagai cara seperti:

  • Tulang yang patah & keluar menembus kulit.
  • Infeksi yang menyebar dari satu lokasi ke lokasi lainnya dalam tubuh
  • Luka yang terinfeksi.
  • Benda asing yang masuk ke dalam tubuh melalui kulit.
  • Cedera yang membuat kulit robek.

Baca Juga: Penyebab Nyeri Sendi Lutut dan Solusinya

Faktor risiko arthritis septik

Jika memiliki gejala atau keluhan nyeri lutut dan beberapa gejala lain yang merujuk pada arthritis septik, segera periksakan ke dokter. Hal ini bertujuan mencegah kondisi semakin parah dan mendapatkan penanganan yang tepat.

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Book Online

Appointment Now