rambut rontok

Kenali Gejala Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya

Anda mengalami kerontokan rambut yang cukup parah? Rambut rontok adalah proses alami yang terjadi pada manusia, dan sebagian helai yang rontok setiap hari sebenarnya masih dalam kondisi yang wajar. Namun, terdapat perbedaan antara rambut rontok normal dan tidak normal. Berikut adalah beberapa perbedaan yang dapat membantu mengenali keduanya:

Rambut Rontok Normal

  • Jumlah kerontokan: Biasanya, seseorang kehilangan sekitar 50-100 helai rambut per hari. Jumlah ini dianggap normal dalam siklus pertumbuhan rambut.
  • Distribusi Rambut Rontok: Biasanya kerontokan rambut terdistribusi secara merata di seluruh kulit kepala.
  • Rambut yang Tumbuh Kembali: Meskipun rambut rontok, rambut baru akan tumbuh kembali untuk menggantikan rambut yang rontok, dan siklus pertumbuhan rambut tetap berlanjut.
  • Tidak Ada Gejala Penyakit: Rambut rontok normal tidak disertai dengan gejala penyakit kulit kepala, gatal-gatal yang intens, atau perubahan lain pada kulit kepala.

Rambut Rontok Tidak Normal

  • Jumlah Rambut yang Rontok Berlebihan: Jika Anda kehilangan lebih dari 100 helai rambut per hari secara konsisten, ini bisa menjadi tanda rambut rontok yang tidak normal.
  • Pola Rambut Rontok: Rambut rontok yang tidak normal cenderung memiliki pola tertentu, seperti penipisan pada area tertentu, atau rambut yang rontok secara tiba-tiba dalam jumlah yang signifikan.
  • Rambut yang Tumbuh Kembali Sulit: Rambut yang rontok karena masalah yang tidak normal dapat mengalami kesulitan dalam pertumbuhan kembali. Area yang rontok mungkin mengalami kebotakan permanen.
  • Gejala Penyakit Kulit Kepala: Rambut rontok yang tidak normal dapat disertai dengan gejala penyakit kulit kepala, seperti peradangan, gatal-gatal yang intens, kulit kepala kemerahan, atau luka pada kulit kepala.
Baca Juga  Lutut Nyeri Akibat Asam Urat, Ternyata Ini Dia Penyebabnya

Faktor Penyebab

Banyak faktor yang dapat menyebabkan kerontokan rambut yang tidak normal, antara lain: 

  • Faktor Genetik
  • Perubahan Hormonal
  • Stres dan Kecemasan
  • Kurangnya Nutrisi
  • Penggunaan Produk Kimia yang tidak cocok

Penanganan dengan Terapi PRP-Hair

Terapi PRP-Hair telah menjadi pilihan yang populer untuk mengatasi masalah masalah kerontokan rambut. Metode ini melibatkan pengambilan sampel darah pasien, untuk kemudian melalui proses dengan alat khusus untuk memisahkan plasma yang kaya akan trombosit. Plasma kaya trombosit mengandung faktor pertumbuhan yang dapat merangsang folikel rambut untuk memproduksi rambut baru. 

Manfaat Terapi PRP-Hair

Terapi PRP dapat memiliki beberapa manfaat dalam penanganan kerontokan rambut, yaitu:

  1. Merangsang Pertumbuhan Rambut
  2. Mengurangi Rambut Rontok
  3. Mengembalikan kesehatan kulit kepala

Perawatan PRP-Hair telah terbukti efektif dan memuaskan bagi pasien yang mengalami masalah kerontokan rambut, termasuk penipisan rambut atau kebotakan akibat faktor keturunan. Metode perawatan ini sangat cocok untuk pria maupun wanita yang mengalami keluhan rambut rontok..

Silakan menghubungi tim Assistance Center Patella di nomor 021-2237-9999, atau chat melalui whatsapp di 0811 8124 2022

Baca juga: Terapi PRP, Solusi Tepat Atasi Kerontokan Rambut

Artikel ini ditinjau oleh: dr. Yuti Purnamasari

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Book Online

Appointment Now