cara cepat mengatasi frozen shoulder

Cara Cepat Mengatasi Frozen Shoulder

Adakah cara cepat dalam mengatasi kondisi bahu kaku atau frozen shoulder? Frozen shoulder, atau adhesive capsulities, adalah kondisi di mana sendi bahu mengalami kekakuan dan pergerakan yang terbatas. Kondisi ini sering kali disebabkan oleh peradangan pada kapsul sendi bahu yang mengakibatkan pembentukan jaringan parut di sekitar sendi. 

Frozen shoulder dapat sangat menyakitkan dan membatasi kemampuan seseorang dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Namun, ada beberapa metode yang dapat membantu mengatasi dan menyembuhkan frozen shoulder. Berikut uraian selengkapnya. 

Penggunaan Kompres Hangat atau Dingin

Penggunaan kompres hangat atau dingin dapat membantu meredakan rasa sakit dan peradangan pada sendi bahu. Pemanasan dengan menggunakan handuk hangat atau kompres panas dapat membantu meningkatkan aliran darah ke area yang terkena, sedangkan penggunaan es atau kompres dingin dapat membantu mengurangi peradangan dan memblokir rasa sakit. Penggunaan metode ini secara bergantian dapat membantu mengurangi gejala dan mempercepat pemulihan.

Obat Pereda Nyeri

Dalam beberapa kasus, dokter dapat meresepkan obat pereda nyeri, seperti analgesik atau antiinflamasi nonsteroid (NSAID), untuk membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan pada sendi bahu yang terkena. Namun, penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan obat-obatan ini, terutama jika Anda memiliki kondisi medis yang mendasarinya atau sedang mengonsumsi obat-obatan lain.

Injeksi Steroid

Dalam beberapa kasus yang lebih parah, dokter dapat merekomendasikan injeksi steroid langsung ke sendi bahu yang terkena. Steroid dapat membantu mengurangi peradangan dan mempercepat pemulihan. Namun, penggunaan injeksi steroid biasanya merupakan langkah terakhir setelah metode lain tidak memberikan hasil yang memadai.

Tindakan bedah

Jika semua metode non-bedah gagal untuk mengatasi frozen shoulder, dokter dapat merekomendasikan tindakan medis lainnya untuk menghilangkan jaringan parut yang terbentuk di sekitar sendi bahu. Prosedur ini yaitu manipulasi sendi bahu atau artroskopi. Tindakan bedah menggunakan bantuan alat khusus untuk memotong atau memecahkan jaringan parut yang menyebabkan kekakuan sendi.

Frozen shoulder dapat menjadi kondisi yang sangat mengganggu dan membatasi aktivitas sehari-hari. Namun, dengan pengobatan yang tepat, sebagian besar kasus frozen shoulder dapat pulih sepenuhnya. Terapi fisik, penggunaan panas atau kompres dingin, obat pereda nyeri, injeksi steroid, ataupun pembedahan, adalah beberapa metode yang dapat membantu menyembuhkan frozen shoulder.

Namun, sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis yang tepat dan rekomendasi pengobatan yang sesuai. Untuk janji temu dan konsultasi dengan dokter kami di Klinik Patella, silakan hubungi nomor 021-2237-9999 atau chat melalui whatsapp ke 0811 8124 2022.

Baca juga: Kenali Gejala Frozen Shoulder dan Penanganannya

Artikel ini ditinjau oleh: dr. Yuti Purnamasari

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Book Online

Appointment Now

Jadwal Praktik


Prof. Dr. dr. Darto Satoto, SpAn, KAR

Selasa   : 10:00 - 16:00
Kamis   : 10:00 - 16:00


dr. Nelfidayani, SpKFR

Selasa   : 16:00 - 20:00
Kamis   : 16:00 - 20:00
Sabtu    : 16:00 - 20:00


dr. Rifalisanto, SpKFR

Senin    : 10:00 - 12:00
Rabu     : 10:00 - 12:00


dr. Zuhri Efendi, Sp.OT (K)

Senin    : 16:00 - Selesai
Rabu     : 16:00 - Selesai
Jumat   : 16:00 - Selesai


dr. Haekal Alaztha, Sp.N, FINA

Lamina Kartika Pulomas Hospital

Senin       : 13:00 - 15:00
Rabu        : 13:00 - 15:00

Lamina Klinik SMC

Selasa     : 13:00 - 15:00
Kamis      : 13:00 - 15:00