benjolan pada sendi jari - Patella

Kenali Penyebab Benjolan Pada Sendi Jari

Benjolan pada sendi jari dapat muncul tanpa Anda sadari apa penyebabnya. Pada beberapa kasus, benjolan bisa menimbulkan rasa nyeri hingga pembengkakan di area sekitarnya. Kondisi ini tentu akan sangat mengganggu aktivitas yang Anda lakukan sehari-hari. Oleh karena itu, ketahui sejak dini apa penyebab dan bagaimana mengatasinya. 

Penyebab Benjolan pada Sendi Jari

benjolan pada sendi jari - Patella

Ada berbagai faktor yang dapat memicu, antara lain: 

Osteoarthritis

Terjadi ketika tulang rawan yang melapisi ujung tulang di sendi mengalami kerusakan seiring waktu. Akibatnya, sendi mengalami peradangan dan membentuk benjolan yang terkadang dapat terlihat.

Rheumatoid Arthritis

Rheumatoid arthritis adalah penyakit autoimun yang dapat menyebabkan peradangan pada sendi. Jika sendi jari terlibat, benjolan dapat muncul karena pembentukan nodul reumatoid.

Bursitis

Bursitis terjadi ketika bursa, kantong berisi cairan di sekitar sendi mengalami peradangan, sehingga muncul benjolan di sekitar persendian jari tangan.

Asam urat

Asam urat atau gout disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat di sendi, terutama di daerah jari kaki dan jari tangan. Ini dapat menyebabkan pembentukan benjolan yang disebut tofi.

Penanganan Benjolan pada Sendi Jari

Jika mengalami kondisi tersebut, periksakan diri anda ke dokter spesialis kami di Klinik Patella. Diagnosis yang tepat adalah langkah pertama untuk menentukan penyebabnya.

Terapi obat seperti analgesik atau antiinflamasi non steroid (NSAID) dapat membantu mengurangi nyeri dan peradangan. Selain itu, program fisioterapi dapat membantu meningkatkan kekuatan otot, fleksibilitas, dan mengurangi ketegangan pada sendi jari. 

Jika kondisi tersebut parah, prosedur bedah seperti pengangkatan kista atau operasi sendi dapat dipertimbangkan.

Setiap kasus benjolan pada sendi jari bisa memiliki penyebab dan penanganan yang berbeda. Oleh karena itu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis dan rencana perawatan yang tepat sesuai dengan kondisi Anda.

Untuk informasi lebih lanjut tentang penanganan penyakit, silahkan menghubungi Klinik Patella di nomor 021-2237-9999 atau chat melalui whatsapp di 0811 8124 2022.

Baca juga: Nyeri Langsung Hilang! Atasi Osteoarthritis Lutut dengan Teknologi Radiofrekuensi Ablasi

Frequently Asked Questions (FAQ)

Apa Penyebab Benjolan pada Sendi Jari?

Beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab adalah: 1. Osteoarthritis 2. Rheumatoid arthritis 3. Bursitis 4. Asam urat

Bagaimana Penanganan pada Sendi Jari yang Terdapat Benjolan?

Terapi obat seperti analgesik atau antiinflamasi non steroid (NSAID) dapat membantu mengurangi nyeri dan peradangan. Selain itu, program fisioterapi dapat membantu meningkatkan kekuatan otot, fleksibilitas, dan mengurangi ketegangan pada sendi jari. Jika kondisi tersebut parah, prosedur bedah seperti pengangkatan kista atau operasi sendi dapat dipertimbangkan.

Apa Itu Rheumatoid Arthritis?

Rheumatoid arthritis adalah penyakit autoimun yang dapat menyebabkan peradangan pada sendi. Jika sendi jari terlibat, benjolan dapat muncul karena pembentukan nodul reumatoid.

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Email

registrasi@lamina.co.id

lamina klinik

Book Online

Appointment Now

Jadwal Praktik


Prof. Dr. dr. Darto Satoto, SpAn, KAR

Selasa   : 10:00 - 16:00
Kamis   : 10:00 - 16:00


dr. Nelfidayani, SpKFR

Selasa   : 16:00 - 20:00
Kamis   : 16:00 - 20:00
Sabtu    : 16:00 - 20:00


dr. Rifalisanto, SpKFR

Senin    : 10:00 - 12:00
Rabu     : 10:00 - 12:00


dr. Zuhri Efendi, Sp.OT (K)

Senin    : 16:00 - Selesai
Rabu     : 16:00 - Selesai
Jumat   : 16:00 - Selesai


dr. Haekal Alaztha, Sp.N, FINA

Lamina Kartika Pulomas Hospital

Senin       : 13:00 - 15:00
Rabu        : 13:00 - 15:00

Lamina Klinik SMC

Selasa     : 13:00 - 15:00
Kamis      : 13:00 - 15:00