suntik PRP untuk lutut

Suntik PRP Untuk Lutut Solusi Jitu Atasi Lutut Nyeri

Suntik PRP untuk lutut kini bisa menjadi salah satu pilihan Anda dalam membantu mengatasi lutut terasa nyeri atau bengkak.

PRP adalah singkata dari Platelet-Rich Plasma atau plasma kaya trombosit yang merupakan salah satu komponen darah yang kaya akan growth factor atau faktor pertumbuhan.

Faktor pertumbuhan tersebut memegang peran penting dalam berbagai proses dalam tubuh, antara lain penyembuhan luka, merangsang tumbuhnya jaringan baru.

Saat dokter memberikan PRP dengan injeksi. Saat sudah memasuki area tubuh yang mengalami kerusakan (dalam hal ini sendi lutut) maka zat ini akan teraktivasi sehingga mengeluarkan faktor-faktor pertumbuhan.

Selain untuk membantu memulihkan lutut yang nyeri atau bermasalah, PRP juga dapat memiliki manfaat untuk membantu meredakan beberapa kondisi lainnya, seperti berikut:

  • Nyeri pada berbagai area, misalnya bahu
  • Cedera pada lutut, bahu, siku dan lainnya
  • Peradangan atau pengapuran sendi (osteoartritis/OA)
  • Kondisi kronis
  • Terkilir atau keseleo

Suntik PRP Untuk Lutut

Salah satu pengobatan regeneratif yang telah berkembang sebagai pengobatan OA lutut adalah injeksi atau suntik PRP. Jadi prinsip PRP ini adalah regenerasi.

Secara definisi, PRP merupakan produk darah dengan konsentrasi platelet yang lebih tinggi dibandingkan dengan darah secara keseluruhan.

Dalam PRP ini terkandung faktor antiradang, growth factor dan sitokin yang tinggi. Keduanya dapat menginisiasi dan memperbaiki pemulihan suatu jaringan dengan cara menstimulasi beberapa proses sehingga membantu proses penyembuhan luka.

PRP dapat diberikan pada cedera muskuloskeletal, termasuk OA lutut.

Metode pengobatan ini sudah banyak dilakukan dan menjadi salah satu pilihan terapi nonpembedahan karena dapat memicu proses perbaikan jaringan.

Prosedur Mendapatkan PRP

Pertama-tama dokter akan mengambil darah dari pasien sendiri.  Kemudian darah tersebut akan masuk ke dalam proses sentrifugasi untuk mendapatkan platelet atau trombosit yang nantinya akan dokter suntikkan ke sendi lutut yang mengalami nyeri dan/atau bengkak.

Suntik PRP yang memanfaatkan darah pasien ini dapat membantu:

  1. -Memperbaiki kerusakan pada sendi lutut, dan jaringannya
  2. -Memperlambat perburukan nyeri lutut
  3. -Meningkatkan produksi cairan alami pelumas sendi (sinovial)
  4. -Merangsang pembentukan (regenerasi) jaringan tulang rawan yang baru
  5. -Meredakan nyeri
  6. -Mempercepat proses penyembuhan

PRP untuk lutut juga bermanfaat membantu mengurangi bunyi (krepitus), mengurangi kekakuan lutut sehingga memudahkan Anda untuk kembali beraktivitas harian.

Perlu Berapa Kali?

Bergerak bebas tanpa nyeri lutut bisa Anda dapatkan setelah usai suntik PRP untuk lutut.

Suntik PRP bisa berulang selama 3 bulan dan dokter akan mengevaluasi setelah 6 bulan dan 12 bulan pascainjeksi PRP.

Berapa kali suntik PRP untuk lutut ini bergantung pada keluhan dan aktivitas pergerakan lutut pasien setelah injeksi. Jika aktif bergerak mungkin dokter akan mengulang injeksi  setelah satu tahun. Namun bila tidak banyak aktivitas dengan lutut, ulangan suntik PRP untuk lutut bisa diulang setelah tiga tahun.

Beberapa alasan Anda perlu mempertimbangkan suntik PRP untuk lutut ini sebagai solusi lutut Anda yang bermasalah antara lain penurunan berat badan memang dapat membantu mengurang keluhan nyeri namun tidak dapat menghilangkan gejalanya.

Selain itu, injeksi steroid juga bisa membantu mengurangi nyeri lutut akibat OA namun suntikan steroid yang berulang memiliki efek samping tertentu.

Terapi dengan minum obat pereda nyeri atau obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS) bila Anda lakukan dalam jangka panjang kemungkinan dapat menimbulkan masalah lain misalnya pada saluran cerna.

Jangan khawatir, prosedur suntik PRP untuk lutut ini hanya berlangsung singkat, sekitar 30 menit saja. Begitu usai, Anda pun bisa langsung pulang.

Anda sebaiknya tidak melakukan olahraga dalam waktu 24 jam seusai suntik PRP untuk lutut. Kurangi gerakan atau aktivitas yang mungkin dapat membebani lutut.

Biaya Suntik PRP untuk Lutut

Biaya yang Anda metode pemberian PRP untuk lutut pada Klinik Patella (Lamina) Jakarta Selatan ini masih sangat terjangkau.

Sekali injeksi PRP sebesar Rp 5.000.000. Harga ini jauh lebih terjangkau, ketimbang harus operasi terbuka untuk mengatasi masalah OA lutut yang Anda alami.

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Buncit Raya No. 34B, Kalibata, Jakarta 12760

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

Email

Email

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now