sakit kaki sebelah kiri + pinggul ke bawah

Sakit Kaki Sebelah Kiri + Pinggul ke Bawah, Kenali Penyebab dan ‘Obatnya’

Sakit kaki sebelah kiri + pinggul ke bawah memiliki penyebab yang cukup banyak.

Terkadang bila Anda sepelekan, sakit kali sebelah kiri + pinggul ke bawah semakin mengganggu kualitas hidup, terutama Anda yang memiliki mobilitas tinggi dalam keseharian.

Pada umumnya orang pernah merasakan sakit kaki sebelah kiri + pinggul ke bawah. Terkadang terasa menyakitkan untuk melakukan aktivitas sehari-hari dari yang ringan, misalnya mengajak anjing berjalan-jalan, menaiki tangga, sampai yang berat seperti berlari, dan berolahraga.

Saat bergerak, kaki secara keseluruhan memegang peran penting. Untuk mengatasinya Anda perlu tahu apa saja penyebab sakit kaki sebelah kiri + pinggul ke bawah.

Penyebab Kaki Sakit Sebelah Kiri + Pinggul Ke Bawah

Nyeri pada bagian ini dapat memiliki beberapa penyebab seperti:

  • Gangguan pada saraf tulang belakang, yang mungkin tertekan oleh penonjolan bantalan tulang. Kondisi ini adalah saraf terjepit
  • Tertekannya atau terjepitnya saraf skiatika atau ischiadikus, yang ada pada area bokong sehingga terasa sakit dari pinggang, pinggul hingga kaki
  • Postur tubuh kurang terjada dengan baik misalnya saat duduk, berdiri atau mengangkat beban berat
  • Cedera pada kaki, bisa akibat kecelakaan atau olahraga
  • Memakai alas kaki yang tidak sesuai dengan anatomi kaki atau hak tinggi
  • Kegemukan

Bila dalam keseharian Anda akrab dengan mengangkat beban berat yang dilakukan dengan postur tubuh yang salah, juga bisa mengakibatkan sakit kaki sebelah kiri.

Waspadai Saraf Terjepit

Juga perlu Anda perhatikan, apakah sakit kaki sebelah kiri + pinggul ke bawah akan memburuk saat Anda batuk, bersin, atau mengejan.

Selain itu, bila ada beberapa tanda lain yang menyertainya, seperti kesemutan, kebas, mati rasa, hingga gangguan fungsi buang air besar dan kecil, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter. Apalagi sampai menjalar hingga ke jari-jari kaki.

Bila hal ini terjadi kemungkinan ada yang mengganggu kelancaran aliran impuls saraf yang salah satu penyebabnya adalah saraf terjepit. Saraf terjepit yang tidak mendapat penanganan tepat, dapat menyebabkan kelemahan otot hingga kelumpuhan.

Syaraf kejepit atau hernia nucleus pulposus (HNP) adalah menonjolnya bantalan tulang yang seperti jeli, sehingga menjepit saraf tulang belakang dan timbul hekala sakit kaki sebelah kiri + pinggul ke bawah.

Penyebab tersering adalah cedera terus menerus seperti usia, jatuh terduduk, kecelakaan, mengangkat barang berat. Berat badan berlebihan dan kebiasaan menyepelekan pentingnya menjaga postur tubuh seringkali menjadi salah penyebabnya. Ada juga dalam beberapa kasus, penyebabnya adalah kelainan bentuk tulang belakang, misalnya skoliosis, lordosis dan lainnya.

Nyeri yang Menjalar

Bagian tulang belakang yang sering terpengaruh adalah bagian lumbal (area pinggang) dan servikal (leher).

Bila area punggung bawah atau pinggang yang mengalaminya, maka rasa sakit akan terasa pada salah satu bagian dari kaki, pinggul, atau bokong. Sakit dapat menjalar atau disertai kesemutan/ rasa kebas pada area tersebut hingga ke betis dan telapak kaki. Kadang kaki juga terasa lemas atau lemah.

Nyeri biasanya sering terjadi hanya pada satu sisi tubuh dan terjadi perlahan-lahan, hilang timbul atau bisa memburuk suatu saat. Jika merasakan keluhan nyeri disertai kesemutan rasa kebas yang juga tidak menghilang dengan pengobatan maka sebaiknya Anda segera ke dokter.

Kadang untuk memastikan penyebab dan pengobatannya, dokter akan meminta Anda melakukan pemeriksaan penunjang seperti MRI untuk memastikan ada tidaknya saraf yang terjepit.

Jangan sampai saraf terjepit tidak mendapatkan penanganan yang tepat karena berpotensi menyebabkan kelumpuhan.

Obat Kaki Sakit Sebelah Kiri

Untuk ini, dokter akan memastikan penyebabnya terlebih dahulu.

Terdapat beberapa pilihan untuk mengatasinya:

  • Obat-obatan untuk membantu mengatasi peradangan dan nyeri
  • Program fisioterapi untuk membantu memulihkan kekuatan otot atau memperbaiki rentang gerak sendi
  • Kompres dengan es untuk mengurangi nyeri

‘Obat’ kaki sakit sebelah kiri kini juga sudah mengalami perkembangan yang luar biasa. Bila terasa nyeri atau sakit pada lutut, dokter mungkin akan menyarankan injeksi steroid, platelet-rich plasma (PRP), injeksi asam hyaluronat, dan radiofrekuensi ablasi.

Sedangkan bila ternyata saraf terjepit penyebabnya, sudah ada teknologi endoskopi tulang belakang yang dapat membantu mengatasi syaraf kejepit Anda tanpa rawat inap dengan pemulihan yang lebih cepat.

Kemudian bila sindrom piriformis yang Anda alami akibat terjepit saraf skiatika pada area bokong, dokter juga dapat memberikan injeksi steroid guna membantu mengatasi nyerinya dan disertai dengan program fisioterapi, bila diperlukan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Buncit Raya No. 34B, Kalibata, Jakarta 12760

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

Email

Email

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now