Penyebab Nyeri Lutut - Patella

Ketahui 4 Penyebab Nyeri Lutut yang Muncul Secara Tiba-Tiba

Nyeri lutut yang muncul secara tiba-tiba bisa menjadi hal yang sangat mengganggu dan membuat mobilitas Anda terhambat. Selain rasa nyeri, Anda mungkin akan merasakan kekakuan, peradangan, hingga pembengkakan di area yang terdampak. Oleh karena itu, kenali apa penyebabnya sehingga penanganannya pun sesuai dan kondisi tidak semakin parah. 

Penyebab Nyeri Lutut

Berbagai faktor bisa menyebabkan nyeri lutut secara tiba-tiba, seperti berikut ini: 

1. Cedera Akut 

Salah satu penyebab paling umum adalah cedera akut. Cedera ini bisa terjadi saat melakukan aktivitas olahraga, kecelakaan, atau bahkan saat terjatuh. Cedera akut pada lutut sering melibatkan peregangan atau robeknya ligamen, tendon, atau kartilago di sekitar sendi lutut. Nyeri akibat cedera dapat muncul dengan cepat dan intensitasnya bisa bervariasi, tergantung pada tingkat keparahan cederanya.

2. Radang Sendi 

Radang sendi, seperti arthritis, juga dapat menyebabkan nyeri lutut yang tiba-tiba. Arthritis reaktif atau arthritis septik adalah dua jenis arthritis yang dapat menyebabkan gejala yang muncul secara tiba-tiba. Arthritis reaktif sering terjadi sebagai respons terhadap infeksi di bagian lain tubuh, sementara arthritis septik disebabkan oleh infeksi langsung pada sendi. Keduanya dapat menyebabkan peradangan dan nyeri hebat dalam waktu singkat.

3. Bursitis 

Bursa adalah kantong kecil berisi cairan yang melindungi tulang, tendon, dan otot di sekitar sendi. Bursitis terjadi ketika bursa di lutut meradang akibat tekanan berlebihan atau gerakan yang berulang. Nyeri tiba-tiba bisa terjadi ketika bursa meradang tiba-tiba, menyebabkan peradangan dan nyeri pada area tersebut. Faktor seperti kelebihan beban atau cedera kecil pada area tersebut juga dapat memicu bursitis.

4. Meniskus Robek 

Meniskus adalah cakram padat berbentuk setengah bulan yang berfungsi sebagai penyerap syok dan penstabil dalam sendi lutut. Kadang-kadang, gerakan yang tiba-tiba atau berbelok secara tajam dapat menyebabkan robeknya meniskus. Ketika meniskus robek, dapat terjadi nyeri tajam yang muncul secara tiba-tiba di bagian dalam atau luar lutut, tergantung pada lokasi robekan. Nyeri ini mungkin semakin buruk saat melipat atau merentangkan lutut.

Kapan Harus ke Dokter? 

Apabila rasa sakit pada lutut tidak membaik dan berkepanjangan, maka Anda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter ahli. Dokter akan melakukan anamnesis atau tanya jawab seputar riwayat penyakit dan melakukan pemeriksaan. Selain pemeriksaan fisik, pemeriksaan radiologis juga perlu dilakukan, tergantung seberapa parah kondisi nyeri Anda. 

Setelah mendiagnosis penyakit pada lutut, maka dokter akan menyarankan beberapa metode pengobatan yang sesuai dengan kondisi sakit lutut. Pengobatan dapat mencakup terapi obat-obatan, seperti obat antiinflamasi non-steroid, terapi fisik, atau prosedur bedah minimal invasif, tergantung pada penyebab dan tingkat keparahan nyeri.

Pencegahan juga berperan penting dalam menghindari nyeri yang tiba-tiba. Melakukan pemanasan dan peregangan sebelum olahraga, menghindari gerakan yang merusak lutut, serta menjaga berat badan yang sehat dapat membantu mengurangi risiko cedera dan masalah lutut yang muncul tiba-tiba.

Baca juga: Bolehkah Nyeri Lutut Dipijat? Simak Faktanya

Frequently Asked Questions (FAQ)

Apa Penyebab Nyeri Lutut?

Berbagai faktor yang bisa menyebabkan nyeri, diantaranya: 1. Cedera akut 2. Radang sendi 3. Bursitis 4. Meniskus robek

Bagaimana Pencegahan Nyeri Pada Lutut?

Melakukan pemanasan dan peregangan sebelum olahraga, menghindari gerakan yang merusak lutut, serta menjaga berat badan yang sehat dapat membantu mengurangi risiko cedera dan masalah lutut yang muncul tiba-tiba.

Bagaimana Cedera Akut Dapat Mengakibatkan Nyeri Lutut?

Salah satu penyebab paling umum dari nyeri lutut adalah cedera akut. Cedera ini bisa terjadi saat melakukan aktivitas olahraga, kecelakaan, atau bahkan saat terjatuh.

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Book Online

Appointment Now

Jadwal Praktik


Prof. Dr. dr. Darto Satoto, SpAn, KAR

Selasa   : 10:00 - 16:00
Kamis   : 10:00 - 16:00


dr. Nelfidayani, SpKFR

Selasa   : 16:00 - 20:00
Kamis   : 16:00 - 20:00
Sabtu    : 16:00 - 20:00


dr. Rifalisanto, SpKFR

Senin    : 10:00 - 12:00
Rabu     : 10:00 - 12:00


dr. Zuhri Efendi, Sp.OT (K)

Senin    : 16:00 - Selesai
Rabu     : 16:00 - Selesai
Jumat   : 16:00 - Selesai


dr. Haekal Alaztha, Sp.N, FINA

Lamina Kartika Pulomas Hospital

Senin       : 13:00 - 15:00
Rabu        : 13:00 - 15:00

Lamina Klinik SMC

Selasa     : 13:00 - 15:00
Kamis      : 13:00 - 15:00