Kenali Penyebab Lutut Bengkak dan Cara Penanganannya - Patella

Kenali Penyebab Lutut Bengkak dan Cara Penanganannya

Apakah Anda mengalami lutut yang bengkak dan terasa nyeri? Penyebab bengkak pada lutut bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti cedera olahraga, kelebihan berat badan, atau kondisi medis tertentu. Untuk mengetahui lebih lanjut penyebab dan penanganan lutut yang bengkak, simak penjelasan lengkap berikut ini.

Penyebab Lutut Bengkak

Lutut yang bengkak bisa menjadi tanda dari berbagai kondisi medis. Beberapa penyebab umumnya meliputi:

1. Cedera

Cedera ini bisa terjadi pada jaringan atau struktur sekitar lutut seperti tulang, ligament, tendon, bursa (cairan pada belakang lutut), meniskus yang kesemuanya ini dapat mengakibatkan rasa nyeri dan lutut tampak membengkak.

2. Peradangan atau pengapuran pada lutut (osteoarthritis)

Proses degenerasi tulang rawan lutut dapat menyebabkan produksi cairan berlebih pada lutut sehingga menyebabkan lutut tampak bengkak dan terasa nyeri.

3. Bursitis

Bursitis terjadi ketika kantung berisi cairan (bursa) di sekitar sendi menjadi meradang. Ini bisa terjadi karena cedera berulang pada lutut, terlalu banyak tekanan pada lutut, atau infeksi.

4. Gout

Gout adalah jenis arthritis yang disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat di dalam sendi, yang bisa menyebabkan bengkak dan nyeri.

5. Arthritis Rheumatoid (RA)

Penyakit ini merupakan penyakit autoimun yang menyerang lapisan lunak sendi. Gejala yang mungkin dirasakan meliputi pembengkakan, kekakuan, dan kemerahan pada lutut.

Cara Menanganinya

Cara Menangani Lutut Bengkak - Patella

Berbagai cara berikut ini dapat Anda lakukan untuk mengurangi gejala nyeri yang timbul akibat lutut yang bengkak.

  • Istirahat dan hindari aktivitas berlebihan: Mengistirahatkan sendi yang terkena dan menghindari aktivitas yang menyebabkan stres berlebihan dapat membantu proses penyembuhan.
  • Kompres Dingin: Mengompres lutut dengan es dapat membantu mengurangi pembengkakan dan nyeri.
  • Obat Antiinflamasi Nonsteroid (OAINS): Obat-obatan seperti ibuprofen atau naproxen dapat membantu mengurangi peradangan dan nyeri pada lutut.
  • Fisioterapi: Terapi fisik yang diarahkan oleh profesional medis dapat membantu memperkuat otot di sekitar persendian dan memperbaiki mobilitas.
  • Injeksi Steroid: Dalam beberapa kasus, dokter dapat memberikan suntikan kortikosteroid ke dalam bursa untuk mengurangi peradangan.

Jika gejala nyeri tetap ada atau memburuk meskipun telah melakukan perawatan mandiri, Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter kami di Klinik Patella untuk diagnosis dan penanganan lanjutan yang tepat dengan menghubungi whatsapp 0811-8124-2022

Baca juga: Muncul Ruam Merah di Sekitar Lutut? Awas,Gejala Osteoarthritis!

Frequently Asked Questions (FAQ)

Apa Penyebab Lutut Bengkak?

Beberapa penyebab umumnya meliputi: 1. Cedera 2. Peradangan atau pengapuran pada lutut (osteoarthritis) 3. Bursitis 4. Gout 5. Arthritis rheumatois

Bagaimana Penanganan pada Lutut yang Bengkak?

Istirahat atau mengurangi aktifitas, kompres dingin dan panas, mengonsumsi otar pereda nyeri, fisioterapi dan injeksi steroid merupakan beberapa penanganan pada lutut yang bengkak

Apa itu Injeksi Steroid?

Injeksi steroid merupakan salah satu metode penanganan untuk Lutut Bengkak. Steroid yang umumnya digunakan untuk injeksi ini adalah kortikosteroid.

***

Feature photo by Wavebreak Media from Freepik

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Book Online

Appointment Now

Jadwal Praktik


Prof. Dr. dr. Darto Satoto, SpAn, KAR

Selasa   : 10:00 - 16:00
Kamis   : 10:00 - 16:00


dr. Nelfidayani, SpKFR

Selasa   : 16:00 - 20:00
Kamis   : 16:00 - 20:00
Sabtu    : 16:00 - 20:00


dr. Rifalisanto, SpKFR

Senin    : 10:00 - 12:00
Rabu     : 10:00 - 12:00


dr. Zuhri Efendi, Sp.OT (K)

Senin    : 16:00 - Selesai
Rabu     : 16:00 - Selesai
Jumat   : 16:00 - Selesai


dr. Haekal Alaztha, Sp.N, FINA

Lamina Kartika Pulomas Hospital

Senin       : 13:00 - 15:00
Rabu        : 13:00 - 15:00

Lamina Klinik SMC

Selasa     : 13:00 - 15:00
Kamis      : 13:00 - 15:00