Osteoarthritis Lutut - Patella

Nyeri Langsung Hilang! Atasi Osteoarthritis Lutut dengan Teknologi Radiofrekuensi Ablasi

Osteoarthritis (OA) lutut merupakan salah satu jenis arthritis yang paling umum terjadi, dan telah dialami oleh jutaan orang di seluruh dunia. Kondisi ini ditandai oleh kerusakan pada kartilago, jaringan pelindung di antara tulang sendi. Gejala utama osteoarthritis termasuk nyeri sendi, kemerahan, dan pembengkakan, yang dapat membatasi mobilitas dan memengaruhi kualitas hidup penderitanya. Dalam beberapa tahun terakhir, terobosan baru dalam penanganan osteoarthritis telah muncul, salah satunya adalah penggunaan radiofrekuensi ablasi.

Apa itu Radiofrekuensi Ablasi?

Radiofrekuensi ablasi (RFA) adalah prosedur medis yang menggunakan gelombang radiofrekuensi untuk menghasilkan panas dan merusak jaringan yang menyebabkan nyeri. Dalam konteks osteoarthritis, prosedur ini dapat diarahkan pada saraf-saraf yang bertanggung jawab atas transmisi sinyal nyeri dari sendi ke otak. Dengan menghancurkan atau menonaktifkan saraf ini, nyeri yang dirasakan oleh pasien dapat berkurang secara signifikan.

Manfaat Radiofrekuensi Ablasi dalam Penanganan Osteoarthritis

  • Mengurangi Nyeri dan Peradangan: Metode ini dapat mengurangi rasa nyeri yang dan  peradangan akibat osteoarthritis. Dengan menghancurkan atau menonaktifkan saraf yang menyebabkan nyeri, pasien dapat merasakan peningkatan kualitas hidup.
  • Minimnya Efek Samping: Radiofrekuensi ablasi umumnya dianggap aman dengan risiko efek samping yang minimal. Beberapa pasien mungkin mengalami kemerahan atau bengkak di area prosedur, tetapi ini biasanya bersifat sementara.
  • Prosedur Non-invasif: Dibandingkan dengan beberapa opsi pengobatan lainnya, radiofrekuensi ablasi termasuk dalam kategori prosedur non-invasif. Hal ini dapat mengurangi risiko infeksi dan mempercepat proses pemulihan.
Baca Juga  Ketahui Cara Penanganan Cedera Bahu

Konsultasi dengan Dokter Sebelum Menjalani Prosedur RFA

Apabila nyeri akibat osteoarthritis semakin memburuk dan pengobatan intervensi lainnya tidak direspon dengan baik, maka solusi terbaik adalah dengan radiofrekuensi ablasi. 

Anda bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis kami di Klinik Patella untuk mendapatkan diagnosis yang akurat berdasarkan hasil pemeriksaan sebelumnya. Pengelolaan gejala dan penanganan penyakit akan dilakukan sesuai kondisi medis Anda. 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai radiofrekuensi ablasi, silahkan hubungi tim Assistance Center Patella di nomor  021-2237-9999 whatsapp 0811-8124-2022

Baca juga: Suntik PRP, Atasi Nyeri dan Peradangan Pada Sendi Lutut

Frequently Asked Questions (FAQ)

Apa Itu Osteoarthritis Lutut?

Osteoarthritis (OA) merupakan salah satu jenis arthritis yang paling umum terjadi, dan telah dialami oleh jutaan orang di seluruh dunia. Kondisi ini ditandai oleh kerusakan pada kartilago, jaringan pelindung di antara tulang sendi.

Apa Itu Radiofrekuensi Ablasi?

Radiofrekuensi ablasi (RFA) adalah prosedur medis yang menggunakan gelombang radiofrekuensi untuk menghasilkan panas dan merusak jaringan yang menyebabkan nyeri.

Apa Kelebihan Radiofrekuensi Ablasi?

Beberapa kelebihan dari prosedur radiofrekuensi ablasi meliputi: 1. Mengurangi nyeri dan peradangan 2. Minimnya efek samping 3. Prosedur non-invasif

***

Feature photo by pressfoto from Freepik

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Book Online

Appointment Now