obat pengapuran sendi lutut

Obat Pengapuran Sendi Lutut Apakah Ada di Apotik?

Obat pengapuran sendi lutut yang mudah mungkin bisa menjadi referensi Anda atau teman dan kerabat untuk mencari solusi lutut yang terasa nyeri atau bengkak.

Pengapuran sendi lutut atau juga dikenal dengan istilah osteoartritis (OA) dapat menyebabkan lutut terasa nyeri, bengkak dan bisa juga kaku.

Osteoarthritis adalah penyakit radang sendi yang sering muncul dan keparahannya bisa ringan hingga berat.

Penyebab pengapuran sendi lutut biasanya merupakan salah satu proses akibat bertambahnya usia atau penuaan. Kondisi pengapuran sendi lutut termasuk proses degeneratif.

Pengapuran biasanya mengarah pada tulang rawan persendian. Jadi pengapuran tak hanya pada lutut namun juga bisa pada sendi lainnya, seperti tulang belakang.

Pengapuran Lutut

Ciri khas kondisi ini adalah rusak atau hilangnya tulang rawan yang ada pada sekitar sendi ini. Tulang rawan melindungi permukaan tulang tibia, femur dan tempurung lutut (patella).

Jadi pengapuran atau OA dapat mengakibatkan kondisi seperti berikut:

  • Tulang rawan kehilangan kekuatannya atau melemah
  • Mengalami kerusakan atau menipis atau bahkan menghilang
  • Sebagai respons adanya kerurakan, akan membentuk taji tulang (bone spurs) yang tumbuh tidak sehalus tulang rawan sebelumnya dan bergerigi.
  • Kerusakan pada meniskus

Pengapuran Tulang Lutut Gejalanya Seperti Apa?

Gejala yang paling sering adalah lutut nyeri, lutut bengkak dan lainnya. Itu sebabnya Anda memerlukan obat pengapuran sendi lutut agar nyeri tak lagi mengganggu pekerjaan harian Anda.

Nyeri kadang hilang dan timbul. Nyeri pada kondisi ini biasanya memburuk dengan aktivitas yang dapat memberikan beban ekstra pada lutut, misalnya jongkok, naik tangga dan lainnya.

Lutut bengkak, lutut nyeri, tampak kemerahan dan terasa hangat saat Anda menyentuhnya. Untuk menggerakkan lutut juga kadang terganggu.

Pengapuran sendi lutut seringkali mengusik penderitanya dengan nyeri saat mencoba bangun dari tempat tidur saat pagi hari atau saat bangun dari kursi setelah lama duduk.

Gejala biasanya muncul secara bertahap. Bisa mendadak bila penyebabnya adalah cedera.

Penyebab Pengapuran Sendi Lutut

Perubahan pada persendian atau tulang pada lutut memiliki dua penyebab.

Penyebab primer mencakup:

  • Usia yang menyebabkan perubahan pada kadar air dan protein penyusun tulang rawan
  • Penggunaan terus menerus secara berulang, sehingga tulang rawan sendi lutut mengalami kerusakan sehingga nyeri dan bengkak
  • Ada riwayat keluarga pernah mengalami pengapuran maka kemungkinan Anda juga memiliki risiko
  • Perempuan lebih sering mengalami pengapuran

Sedangkan obesitas, cedera berulang, kelainan bawaan, diabetes dan kelemahan otot merupakan penyebab sekunder pengapuran lutut.

Obat Pengapuran Sendi Lutut

Prinsip pemberian obat pengapuran sendi lutut osteoartritis adalah untuk membantu meringankan gejala-gejala yang diakibatkannya, seperti nyeri,sendi terasa kaku dan peradangan sendi.

Obat pengapuran sendi lutut

  1. -Analgesik (antinyeri) untuk membantu meredakan nyeri
  2. -Obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS) untuk membantu mengatasi nyeri dan peradangan.
  3. -Kortikosteroid yang akan dokter resepkan atau dapat berupa injeksi
  4. -Injeksi PRP atau platelet-rich plasma, ke dalam sendi
  5. -Viscosuplementasi dengan menginjeksikan asam hyaluronat ke dalam sendi

Dokter akan melakukan injeksi steroid, PRP, dan viscosuplementasi sebagai bentuk obat pengapuran sendi lutut setelah melakukan pemeriksaan fisik secara komprehensif.

Dalam membantu dokter menegakkan diagnosis lutut nyeri lutut bengkak Anda, kadang dokter memerlukan hasil pemeriksaan radiologis seperti rontgen, MRI.

Dokter akan meresepkan obat tertentu. Selain itu mungkin ada beberapa obat pengapuran sendi lutut di apotik atau ada juga obat nyeri sendi di apotik.

Namun, untuk obat ini sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter guna mengetahui obat yang tepat sesuai keparahan pengapuran lutut yang Anda alami. Atau dokter akan menyesuaikan dengan kondisi kesehatan Anda secara menyeluruh.

Terapi tanpa obat

-Menjaga berat badan ideal

Jika Anda kelebihan berat badan atau obesitas, pengobatan yang paling efektif adalah menurunkan berat badan. Setiap kelebihan berat badan dapat menambah beban atau tekanan sekitar 1-2 kilogram pada lutut. Program penurunan berat badan harus mencakup diet dan olahraga.

Sendi dibangun untuk bergerak. Pada orang-orang yang minim bergerak atau gaya hidup sedentari lebih berisiko tinggai mengalami nyeri akibat peradangan sendi yang memerlukan obat pengapuran sendi lutut nantinya. Pilih olahraga berdampak rendah atao low impact, seperti bersepeda, berenang, atau hidroterapi.

-Latihan fisik rehabilitasi medik

Sebagai lini pertama obat pengapuran sendi lutut adalah terapi fisik. Dokter akan menyusun progam rehab sesuai dengan penyebabnya. Latihan fisik bisa berupa gerakan peregangan otot paha depan dan paha belakang untuk membantu mengurangi atau meredakan tekanan pada lutut. Selain itu, memperkuat otot-otot ini membantu menjaga keselarasan lutut sehingga rasa nyeri pun berkurang.

-Suplementasi

Suplemen yang mengandung glukosamin dan kondroitin dapat bermanfaat untuk membantu mengatasi gejala akibat pengapuran sendi lutut. Kunyit juga mengandung bahan antiperadangan yang bisa menjadi solusi alami nyeri lutut.

-Menggunakan alat bantu seperti deker lutut, guna membantu menjaga sendi lutut tetap stabil.

 

Fungsi Sendi Lutut

Sendi lutut memiliki tugas yang cukup berat dan beragam. Selain itu, rentan pula mengalami cedera baik akibat olahraga maupun kecelakaan kendaraan bermotor.

Lutut memiliki desain yang cukup unik dan kompleks sehingga memiliki beberapa fungsi berikut:

  1. – menyangga tubuh dalam berbagai posisi terutama saat berdiri tegak tanpa perlu membuat otot-otot bekerja ekstra
  2. – membantu tubuh mengubah posisi, naik dan turun
  3. – menjaga stabilitas tubuh
  4. – sebagai penyerap goncangan (shock absorber)
  5. – memungkinkan kaki berputar
  6. – berperan aktif saat kaki melangkah
  7. – membantu mendorong tubuh ke depan
  8. – memungkinkan kaki memutar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Buncit Raya No. 34B, Kalibata, Jakarta 12760

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

Email

Email

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now