manfaat jalan kaki bagi kesehatan

Manfaat Jalan Kaki Bagi Kesehatan, Cukup 30 Menit Sehari

Manfaat jalan kaki bagi kesehatan masih belum disadari oleh banyak orang. Meskipun sebenarnya berjalan kaki berkaitan dengan aktivitas sehari-hari, namun bukan dalam konteks olahraga.

Padahal jika aktivitas ini di lakukan secara rutin, bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, misalanya membantu menurunkan berat badan, menguatkan otot paha dan betis sampai menjaga kesehatan jantung.

Olahraga satu ini bisa kamu lakukan setiap saat lho, tidak membutuhkan alat khusus, jenis olahraga sederhana, bahkan tak membutuhkan waktu yang lama, minimal 30 menit sehari saja.

Ragam Manfaat Jalan Kaki Bagi Kesehatan

Manfaat jalan kaki baru bisa kamu rasakan ketika melakukannya secara rutin dan tentunya di sertai dengan pola gaya hidup yang sehat. Berikut adalah manfaat jalan kaki yang dapat membantu:

1. Mengurangi gejala varises

Varises terjadi karena adanya pembengkakan pembuluh darah vena yang berada pada sekitar betis dan kaki. Melalui jalan kaki seminimal mungkin 30 menit dalam sehari, bisa membantu mengurangi pembengkakan tersebut.

2. Menguatkan otot paha dan betis

Berjalan kaki selama 30 menit dapat membantu menguatkan otot paha dan betis alih-alih terlihat bergelambir. Selain itu, kamu juga bisa melakukan dengan latihan squat.

3. Mencegah osteoporosis

Osteoporosis di sebabkan oleh penipisan tulang sehingga tulang mengalami kekeroposan, rapuh, dan rentan patah. Salah satu cara mencegahnya kamu bisa melakukan aktivitas ini secara rutin dan bisa juga dengan mengombinasikan dengan jenis latihan lain seperti joging.

Selain itu, manfaat olahraga yang sederhana ini juga bisa membantu meringankan nyeri sendi, menambah energi. Namun, jika memiliki kondisi kesehatan tertentu yang tidak memungkinkan untuk jalan kaki terlalu lama, sebaiknya jangan memaksakan diri dan konsultasikan dengan dokter.

4. Memperkuat daya tahan tubuh

Sebuah studi menunjukkan, seseorang yang melakukan olahraga ini  selama 30 sampai 45 menit setiap harinya, risiko mengalami sakit rendah dibandingkan dengan yang tidak olahraga.

5. Mengurangi stres

Berjalan kaki atau melakukan aktivitas fisik lainnya akan membuat tubuh mengeluarkan hormon endorfin yang bisa membantu memperbaiki suasana hati serta mengurangi rasa cemas dan depresi. Selain itu,  juga bisa membantu membuat tidur jadi lebih nyenyak.

6. Menurunkan berat badan

Saat melakukan aktivitas ini selama 30 menit, setidaknya sudah membakar 150 kalori. Semakin cepat langkah kaki, maka semakin banyak kalori yang terbakar. Hal ini dapat membantu kamu untuk mengontrol berat badan.

7. Mencegah diabetes

Olahraga ringan, termasuk berjalan kaki selama 30 menit, bisa membantu menurunkan risiko diabetes tipe 2 hingga 50%. Hal ini karena saat melakukan aktivitas fisik dapat  memicu kerja otot sehingga mampu meningkatkan penyerapan glukosa.

8. Menjaga kesehatan jantung

Saat olahraha atau berjalan kaki, denyut jantung dan sirkulasi darah dalam tubuh meningkat, serta memperkuat jantung.

Namun, jika memiliki riwayat penyakit jantung, sebaiknya konsultasikan lebih dulu dengan dokter untuk mengetahui berapa lama sebaiknya melakukan olahraga atau jalan kaki yang tepat sesuai dengan kondisi kesehatan.

 

 

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Book Online

Appointment Now

Jadwal Praktik


Prof. Dr. dr. Darto Satoto, SpAn, KAR

Selasa   : 10:00 - 16:00
Kamis   : 10:00 - 16:00


dr. Nelfidayani, SpKFR

Selasa   : 16:00 - 20:00
Kamis   : 16:00 - 20:00
Sabtu    : 16:00 - 20:00


dr. Rifalisanto, SpKFR

Senin    : 10:00 - 12:00
Rabu     : 10:00 - 12:00


dr. Zuhri Efendi, Sp.OT (K)

Senin    : 16:00 - Selesai
Rabu     : 16:00 - Selesai
Jumat   : 16:00 - Selesai


dr. Haekal Alaztha, Sp.N, FINA

Lamina Kartika Pulomas Hospital

Senin       : 13:00 - 15:00
Rabu        : 13:00 - 15:00

Lamina Klinik SMC

Selasa     : 13:00 - 15:00
Kamis      : 13:00 - 15:00