Mengapa Lutut Nyeri Saat Ditekuk dan Diluruskan Ketika Olahraga?

Lutut Belakang Sakit, Apa Saja Penyebabnya?

Lutut belakang sakit, tidak hanya dialami oleh orang tua tetapi juga Anda yang muda dan beraktivitas padat setiap harinya.  Ada banyak jenis nyeri yang terkait lutut belakang sakit terutama pada lekukan sendi. Nyeri mulai dari ketegangan otot sampai arthritis .

dr.Rifalisanto, SpKFR mengatakan nyeri lutut yang terasa sakit setelah trauma besar seperti jatuh atau kecelakan mobil juga harus segera mendapat perawatan medis. Apalagi jika kondisi ini terus menetap lebih dari satu atau dua pekan tanpa cedera terlihat. Inilah saat yang tepat untuk pergi ke dokter.

Pasien yang mengalami nyeri lutut bagian belakang harus mewaspadai penggumpalan darah, rasa kebas dan lemas di kaki, demam, dan warna kemerahan di kulit yang berhubungan dengan peradangan.

Penyebab lutut belakang sakit

1. Nyeri pada Lutut Akibat Meniskus Robek

Menurut American Academy of Orthopaedic Surgeons, meniskus robek adalah salah satu penyebab nyeri lutut yang paling sering terjadi. Penderita meniskus robek mungkin akan merasakan nyeri yang  tiba-tiba,  kaku, dan lutut seperti terkunci.

2. Arthritis dan gout

Peradangan arthritis dan gout (asam urat) bisa menyebabkan rasa nyeri pada bagian belakang lutut, seperti juga jenis arthritis lainnya. Osteoarthritis (OA) adalah tiap yang paling banyak terjadi.

3. Kista Baker

Kista Baker adalah kumpulan dari carian yang bergerak dari depan lutut ke arah belakang lalu bertemu dengan masalah arthritis atau meniskus yang robek.

4. Ketegangan atau kram betis dan urat lutut (hamstring)

Aktivitas tiba-tiba dan terlalu banyak bergerak menjadi penyebab utama nyeri pada bagian paha atau hamstring. Gerakan seperti mendorong dan menekukkan lutut menyebabkan rasa nyeri ini.

5. Lutut Jumper

Lutut  cedera karena terlalu sering dipakai sehingga mengaakibatkan jaringan yang seperti pita di lutut mengalami cedera. Awalnya,  gerakan itu mengakibatkan ketegangan, robekan dan kerusakan tendon patellar atau disebut juga sebagai lutut jumper. Penderita akan merasakan nyeri, rasa kaku dan lemas. Dokter akan menyarankan istirahat, kompres es atau pembedahan dalam kasus khusus.

6. Cedera ligamen

Beberapa cedera ligamen bisa menyebabkan rasa nyeri lutut di bagian belakang. Termasuk cedera di ACL (anterior cruciate ligament) atau MCL (medial collateral ligament). ACL robek adalah hal yang lumrah pada kelompok atlet. Ligamen robek atau lecet saat bergerak berputar dangan telapak kaki menapak.

Nyeri yang berlangsung akibat hal-hal di atas dapat ditangani dengan cepat, aman, dan tepat di Klinik Patella sebagai Pusat Pengobatan Lutut. Dokter di Klinik Patella, salah seorangnya dokter dr. Rifalisanto SpKFR akan memberikan Anda diagnosa kemudian menangani berbagai keluhan nyeri lutut belakang yang sakit.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai jam praktek dr.Rifalisanto SpKFR, Anda dapat menghubungi Care Line Officer Klinik Patella di kontak yang tertera atau tombol di bawah.

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Book Online

Appointment Now

Jadwal Praktik


Prof. Dr. dr. Darto Satoto, SpAn, KAR

Selasa   : 10:00 - 16:00
Kamis   : 10:00 - 16:00


dr. Nelfidayani, SpKFR

Selasa   : 16:00 - 20:00
Kamis   : 16:00 - 20:00
Sabtu    : 16:00 - 20:00


dr. Rifalisanto, SpKFR

Senin    : 10:00 - 12:00
Rabu     : 10:00 - 12:00


dr. Zuhri Efendi, Sp.OT (K)

Senin    : 16:00 - Selesai
Rabu     : 16:00 - Selesai
Jumat   : 16:00 - Selesai


dr. Haekal Alaztha, Sp.N, FINA

Lamina Kartika Pulomas Hospital

Senin       : 13:00 - 15:00
Rabu        : 13:00 - 15:00

Lamina Klinik SMC

Selasa     : 13:00 - 15:00
Kamis      : 13:00 - 15:00