Bolehkah Nyeri Lutut Dipijat - Patella

Bolehkah Nyeri Lutut Dipijat? Simak Faktanya

Banyak orang yang hingga kini masih sering bertanya apakah nyeri lutut aman jika dipijat? Apakah pijatan dapat membantu atau justru memperburuk kondisi? Memang, hal ini masih sering menjadi pro dan kontra dalam dunia medis. Namun, kondisi sakit lutut yang sudah parah dan kronis sebaiknya jangan dipijat untuk menghindari terjadinya risiko komplikasi. Nah, untuk penjelasan selengkapnya, yuk simak beberapa fakta berikut.

Manfaat Pijatan untuk Nyeri Lutut

Bolehkah Nyeri Lutut Dipijat - Patella

Ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari pijatan lutut, antara lain:

  • Merelaksasi otot dan jaringan: Pijatan dapat membantu merilekskan otot-otot di sekitar lutut, yang dapat mengurangi ketegangan dan kontraksi yang mungkin berkontribusi pada nyeri.
  • Meningkatkan sirkulasi darah: Selain relaksasi otot, teknik memijat juga dapat meningkatkan aliran darah ke daerah lutut, membantu memberikan nutrisi dan oksigen yang sangat penting untuk proses penyembuhan.
  • Meningkatkan fleksibilitas: Melakukan pijatan yang tepat dapat membantu meningkatkan fleksibilitas dan rentang gerakan di sekitar lutut. Hal ini dapat membantu mencegah kekakuan dan meningkatkan mobilitas.

Pertimbangkan Faktor Berikut

  • Penyebab Nyeri Lutut: Penting untuk memahami penyebab nyeri lutut sebelum melakukan pijatan. Jika nyeri muncul karena cedera serius atau kondisi medis yang memerlukan perawatan khusus, pijatan mungkin tidak tepat atau bahkan bisa memperburuk kondisi.
  • Kekuatan Pijatan: Tekanan yang terlalu kuat atau tidak tepat pada area yang nyeri dapat menyebabkan lebih banyak masalah daripada manfaat. Oleh karena itu, sebaiknya jangan memberikan pijatan keras pada area lutut yang terasa sakit.
  • Kondisi Kesehatan: Jika Anda memiliki kondisi kesehatan yang mendasari seperti arthritis, osteoporosis, atau masalah peredaran darah, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan pijatan.

Kapan Harus ke Dokter?

Jika Anda mengalami nyeri lutut yang berkepanjangan atau semakin parah, konsultasikanlah dengan dokter sebelum mencoba pijatan. Dokter dapat membantu menentukan penyebab nyeri dan memberikan saran mengenai terapi yang paling sesuai. Jika memutuskan untuk mencoba pijatan, pastikan untuk mencari profesional pijat yang memiliki pengalaman dalam merawat masalah lutut atau berkoordinasi dengan ahli fisioterapi.

Pijatan memang dapat memberikan manfaat bagi orang yang mengalami nyeri lutut, namun sebaiknya tetap melakukannya dengan cara yang benar dan tidak terlalu keras. Namun, Anda juga harus ingat bahwa pijatan bukanlah solusi satu-satunya untuk mengatasi nyeri lutut. Segeralah berkonsultasi dengan dokter ahli untuk mendapatkan diagnosis dan penanganan yang tepat agar kondisi sakit lutut tidak bertambah parah hingga menimbulkan komplikasi. 

Baca juga: Nyeri Lutut Berkepanjangan, Apa Penyebabnya?

Frequently Asked Questions (FAQ)

Apa Manfaat Pijat Untuk Nyeri Lutut?

Beberapa manfaat dari pijatan lutut diantaranya: 1. Merelaksasi otot dan jaringan 2. Meningkatkan sirkulasi darah 3. Meningkatkan Fleksibilitas

Apa Faktor Pertimbangan Sebelum Melakukan Pijat Lutut?

Berikut pertimbangan yang harus diperhatikan: 1. Penyebab nyeri lutut 2. Kekuatan pijatan 3. Kondisi kesehatan

Bagaimana Pertimbangan Kondisi Kesehatan Sebelum Melakukan Pijat Lutut?

Melakukan pijatan yang tepat dapat membantu meningkatkan fleksibilitas dan rentang gerakan di sekitar lutut. Hal ini dapat membantu mencegah kekakuan dan meningkatkan mobilitas.

Artikel ini ditinjau oleh: dr. Yuti Purnamasari

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Book Online

Appointment Now

Jadwal Praktik


Prof. Dr. dr. Darto Satoto, SpAn, KAR

Selasa   : 10:00 - 16:00
Kamis   : 10:00 - 16:00


dr. Nelfidayani, SpKFR

Selasa   : 16:00 - 20:00
Kamis   : 16:00 - 20:00
Sabtu    : 16:00 - 20:00


dr. Rifalisanto, SpKFR

Senin    : 10:00 - 12:00
Rabu     : 10:00 - 12:00


dr. Zuhri Efendi, Sp.OT (K)

Senin    : 16:00 - Selesai
Rabu     : 16:00 - Selesai
Jumat   : 16:00 - Selesai


dr. Haekal Alaztha, Sp.N, FINA

Lamina Kartika Pulomas Hospital

Senin       : 13:00 - 15:00
Rabu        : 13:00 - 15:00

Lamina Klinik SMC

Selasa     : 13:00 - 15:00
Kamis      : 13:00 - 15:00