Suntik Lutut, Obat Lutut Kaku dan Lutut Bengkak

Osteoartritis atau OA merupakan salah satu penyebab lutut bengkak dan kaku. Kondisi ini dikenal juga dengan istilah pengapuran sendi.

Konsultasikan Masalah Nyeri Lutut Via Whatsapp

OA biasanya terjadi saat tulang rawan (kartilago) yang ada di antara tulang mengalami kerusakan seiring dengan proses penuaan.

Tulang rawan ini berfungsi sebagai pelindung antar sendi. bila bagian ini rusak akibatnya antara tulang dapat bergesekan satu sama lain. Hal inilah yang kemudian menyebabkan rasa nyeri, kekakuan, bengkak  pada satu atau beberapa sendi.

Bayangkan bila sendi lutut yang menopang sebagian besar berat badan Anda menjadi nyeri, tentu dapat menghalangi pekerjaan sehari-hari.

Injeksi Salah Satu Solusi

Jika Anda mengalami radang pada sendi lutut, dokter akan memberikan beberapa pilihan pengobatan untuk membantu menyembuhkan gejalanya. Salah satu opsinya adalah injeksi obat-obatan ke dalam lutut Anda.

Menurut dr. Roy Altman – pakar OA di UCLA – menjelaskan, ada beberapa jenis injeksi untuk membantu mengatasi OA lutut.

Injeksi ini terutama bermanfaat bagi orang-orang yang nyeri lututnya tidak hilang juga setelah minum obat-obatan pereda nyeri (obat antiinflamasi nonsteroid) seperti ibuprofen, atau bagi orang-orang yang tidak dapat minum obat tersebut karena efek samping obat tersebut.

Obat lutut bengkak dan nyeri yang disuntikkan biasanya adalah kortikosteroid dan asam hyaluronat.

Injeksi kortikosteroid

Biasanya digunakan untuk membantu mengatasi nyeri dan bengkak di lutut yang disertai dengan adanya cairan di dalam lutut.

Injeksi steroid dapat membantu meredakan atau menghilangkan gejala OA pada lutut dengan cara mengurangi proses inflamasi atau peradangan di sendi-sendi. Namun obat ini belum tentu dapat digunakan dalam semua kasus OA.

Jika Anda memutuskan untuk melakukan injeksi steroid ini, ada beberapa hal yang bisa dipertimbangkan, yaitu:

  • Bekerja dengan cepat menghilangkan nyeri dalam kisaran waktu 24 hingga 48 jam.
  • Manfaatnya hanya dalam jangka pendek. Rerata nyeri akan hilang dalam kisaran waktu 6-12 minggu.
  • Disarankan tidak dilakukan sesering mungkin. Injeksi steroid akan bekerja dengan baik saat pertama kali dilakukan. Selanjutnya, efek ini akan berkurang. Biasanya dilakukan 2-3 kali dalam setahun.

Injeksi asam hyaluronat (viscosuplementasi)

Dalam lutut sehat terdapat cairan asam hyaluronat, yang membantu melapisi tulang rawan dan bekerja sebagai cairan lubrikan atau pelumas sehingga lutut dapat bergerak bebas.

Namun saat lutut terserang OA, cairan inipun menjadi sangat berkurang. Itu sebabnya perlunya tambahan cairan ini dari luar.

Dari hasil beberapa studi menunjukkan injeksi asam hyaluronat dapat membantu melenyapkan nyeri dibandingkan dengan obat minum pada beberapa penderita OA lutut. Hasil studi lainnya menyatakan perbaikan gejalanya hampir sama baiknya dengan injeksi steroid.

Dokter akan mempertimbangkan beberapa hal sebelum injeksi asam hyaluronat ini antara lain:

  • Gejala nyeri akibat OA lutut Anda tidak membaik juga setelah minum obat atau dengan kompres baik hangat maupun dingin/es.
  • Anda tidak dapat minum obat pereda nyeri
  • Injeksi steroid juga tidak membantu atau ada kemungkinan timbul efek samping yang tidak diinginkan.

Setelah injeksi asam hyaluronat dilakukan diharapkan dapat membantu melubrikasi (melumasi) dan menjadi bantalan saat bagian tertentu dari lutut mulai bergerak. Kemungkinan efek ini hanya berlangsung singkat dan mungkin perlu dilakukan ulangan.

Konsultasikan Masalah Nyeri Lutut Via Whatsapp

2 Comments
  1. Pingback: Obati Sakit Lutut dengan Viscosuplemen » Klinik Patella

  2. Pingback: Nyeri Bokong Apa Penyebabnya? » Klinik Patella

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Buncit Raya No. 34B, Kalibata, Jakarta 12760

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

Email

Email

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now