lutut ngilu sebelah kiri

Kenali Penyebab Lutut Ngilu Sebelah Kiri

Lutut ngilu sebelah kiri bisa terjadi pada siapa saja. Biasanya sakit pada lutut ini terjadi akibat beberapa hal, mulai dari cedera, radang sendi, asam urat, dan kondisi medis lainnya. Penderitanya bisa merasakan nyeri ringan hingga berat di area lutut, terutama ketika menggerakkannya. Bahkan, rasa nyeri yang tidak tertahankan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Cara terbaik untuk mengatasi rasa nyerinya yaitu dengan melakukan perawatan mandiri ataupun ke dokter ahli. Namun, sebelum itu ketahui dulu apa penyebab lutut ngilu sebelah kiri berikut ini. 

Penyebab Lutut Ngilu Sebelah Kiri

Cedera Lutut

Cedera adalah hal umum yang sering terjadi. Pada atlet atau penggemar olahraga, biasanya mengalami robekan pada ligamen lutut atau Patellofemoral Pain Syndrome (runner’s knee). Kondisi ini terjadi akibat penggunaan lutut berlebihan, otot yang lemah, maupun ketidaknormalan tulang kaki. Akibatnya, Anda akan merasakan nyeri dan  kaku lutut saat menekuk, meluruskan, berlari, berjalan ataupun melompat.

Radang Sendi Lutut

Pada kondisi radang sendi atau osteoarthritis (OA) lutut, seseorang yang bertambah usianya membuat tulang rawan rentan mengalami kerusakan. OA merupakan peradangan kronis pada sendi sinovial dan paling banyak terjadi pada orang di seluruh dunia. 

Osteoarthritis dapat menyebabkan gesekan antar tulang di sendi lutut sehingga lutut akan terasa sakit jika bergerak. Bahkan, terkadang lutut menjadi bengkak, keluar bunyi krek (krepitasi) dan terasa kaku ketika ditekuk dan diluruskan. 

Asam Urat

Asam urat atau gout terjadi akibat tubuh memproduksi asam urat secara berlebihan dan membentuk kristal di sendi. Hal ini menyebabkan peradangan di area lutut. Gejala asam urat antara lain rasa nyeri tak tertahankan, terasa panas, lutut kemerahan, dan bengkak. Pada kondisi yang lebih parah, penderita nyeri lutut akibat asam urat bisa kesulitan untuk berjalan dengan normal hingga kesulitan menggerakkan lutut. 

Bursitis

Bursitis merupakan peradangan yang terjadi pada pelumas dan bantalan di sekitar sendi atau yang disebut bursa. Bursa berperan penting dalam mengurangi gesekan antar tulang dan tendon ketika lutut bergerak. Apabila mengalami bursitis, lutut akan terasa nyeri terutama ketika disentuh, bengkak, dan sulit menggerakkannya. Penyebab bursitis antara lain karena gerakan berulang pada sendi lutut, cedera dan infeksi sendi. 

Penanganan Nyeri Lutut

Sebagai langkah awal, Anda bisa mencoba terapi PRICE di rumah, yaitu Protect (lindungi lutut), Rest (istirahatkan lutut), Ice (kompres dingin), Compress (bebat lutut) dan Elevate (tinggikan posisi lutut).

Untuk nyeri akut, gunakan produk penghilang rasa sakit atau obat pereda nyeri untuk meredakan rasa sakitnya dan mengurangi peradangan. Akan tetapi, apabila perawatan mandiri dan obat-obatan tidak berdampak pada nyeri lutut, dan malah semakin parah, maka langkah terbaik adalah memeriksakan diri ke dokter kami di Klinik Patella. 

Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik guna menguji mobilitas sendi lutut dan melihat apakah ada pembengkakan, memar, kulit lunak maupun rasa hangat di area lutut. Terkadang, pemeriksaan radiologis pun diperlukan guna menegakkan diagnosis. Metode pengobatan nyeri lutut nantinya akan menyesuaikan dengan kondisi nyeri yang Anda alami.

Untuk berkonsultasi dengan dokter kami, silakan hubungi Assistance Center Patella di nomor 021-2237-9999 atau chat melalui whatsapp ke nomor 0811 8124 2022. 

Yuk, konsultasi sekarang untuk hidup bebas dari nyeri lutut yang mengganggu!

Baca juga: Kenali Penyebab Nyeri Lutut Berkepanjangan dan Cara Mengatasinya

Artikel ini ditinjau oleh: dr. Yuti Purnamasari

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Book Online

Appointment Now

Jadwal Praktik


Prof. Dr. dr. Darto Satoto, SpAn, KAR

Selasa   : 10:00 - 16:00
Kamis   : 10:00 - 16:00


dr. Nelfidayani, SpKFR

Selasa   : 16:00 - 20:00
Kamis   : 16:00 - 20:00
Sabtu    : 16:00 - 20:00


dr. Rifalisanto, SpKFR

Senin    : 10:00 - 12:00
Rabu     : 10:00 - 12:00


dr. Zuhri Efendi, Sp.OT (K)

Senin    : 16:00 - Selesai
Rabu     : 16:00 - Selesai
Jumat   : 16:00 - Selesai


dr. Haekal Alaztha, Sp.N, FINA

Lamina Kartika Pulomas Hospital

Senin       : 13:00 - 15:00
Rabu        : 13:00 - 15:00

Lamina Klinik SMC

Selasa     : 13:00 - 15:00
Kamis      : 13:00 - 15:00