viscosuplemen untuk sakit lutut

Sakit Lutut, Obati dengan Viscosuplemen

Peradangan sendi atau osteoartritis (OA) bisa menyerang siapa saja yang dapat menyebabkan sakit lutut dan lutut bengkak. Usia di atas 50 tahun memiliki risiko yang lebih tinggi untuk alami OA

Penyakit OA ini merupakan salah satu penyakit progresif, yakni nyeri semakin terasa seiring dengan berjalannya waktu dan akan semakin sulit menggerakkan lututnya bila tidak ditangani.

Untuk mengatasi gangguan yang diiringi dengan rasa sakit sendi lutut ini, salah satu tindakan yang mungkin dianjurkan dokter adalah dengan pemberian viscosuplementasi, dengan cara injeksi asam hialuronat ke dalam sendi lutut.

Cairan Asam Hialuronat Terapi Sakit Sendi Lutut

Sendi lutut yang sehat mengandung hingga 4 mL cairan sendi. Asam hialuronat ini adalah komponen utama dari cairan sendi, yang secara alami ada di sendi.

Cairan ini memberikan kekentalan pada cairan sendi, dan bersifat licin, agar sendi dapat melakukan hal berikut:

  • Memungkinkan permukaan tulang rawan yang tertutup tulang untuk bergeser dengan lancar, sehingga mengurangi gesekan sendi
  • Melindungi sendi selama tumbukan, misalnya saat menahan beban

Pada orang dengan osteoartritis (radang sendi), asam hialuronat di antara sendi semakin menipis dan tidak lagi dapat melindungi sendi.

Suntikan asam hialuronat biasanya diberikan kepada penderita OA lutut jika perawatan lain tidak berhasil untuk mengurangi sakit pada lutut.

Suntikan Asam Hialuronat untuk OA Lutut

viscosuplemen untuk sakit lutut

Ilustrasi : Peran viscosuplemen untuk sakit lutut

Beberapa studi klinis telah menyelidiki efektivitas injeksi asam hialuronat dalam mengobati osteoartritis lutut, yang sakit menunjukkan hasil:

  • Sakit lutut dan bengkak tidak langsung hilang, dan biasanya dimulai sekitar minggu keempat setelah injeksi awal
  • Durasi hilangnya nyeri dapat bervariasi dari 2 bulan hingga 6 bulan. Periode yang paling efektif biasanya antara minggu ke-5 dan ke-13.
  • Injeksi multipel mungkin lebih efektif daripada injeksi tunggal pada sebagian orang.
  • Suntikan tambahan mungkin dapat menyebabkan proses hilang nyeri hingga 3 tahun pada beberapa pasien yang menunjukkan perbaikan. Durasi hilang nyeri yang lama ini dapat membantu pasien yang tidak ingin melakukan atau menunda operasi penggantian lutut total.

Penelitian lain menunjukkan, asam hialuronat yang disuntikkan ke dalam sendi lutut dapat bekerja untuk membantu mengurangi gejala nyeri akibat osteoartritis lutut, membantu mengurangi peradangan dan gesekan; dan membantu memperlambat proses degenerasi tulang rawan dan tulang.

Peran asam hialuronat atau viscosuplemen ini dalam hal OA lutut antara lain:

  • Pelumasan. Pada beberapa orang, viskositas asam hialuronat dapat memberikan efek pelumas yang lebih baik dan dapat menyerap goncangan pada sendi lutut. Efek ini dapat membantu mengurangi gesekan di dalam sendi, sehingga mengurangi rasa nyeri dan kekakuan, serta mencegah hilangnya atau menipisnya tulang rawan dan tulang.
  • Efek antiinflamasi. Penelitian menunjukkan suntikan asam hialuronat dapat membantu mengurangi peradangan dan lutut nyeri serta lutut bengkak.
  • Efek pereda/pengusir nyeri. Pada beberapa orang, molekul asam hialuronat membentuk semacam lapisan di sekitar ujung saraf, sehingga dapat mencegah sinyal rasa sakit dikirim ke otak.

Peran Asam Hialuronat

  • Membantu pertumbuhan dan perlindungan tulang rawan dengan merangsang peningkatan pertumbuhan sel-sel yang memproduksi tulang rawan (kondrosit). Suntikan ini juga melindungi kondrosit yang ada, sehingga meningkatkan pembentukan tulang rawan keseluruhan.
  • Memperkuat tulang rawan yang ada dengan memproduksi protein penting (proteoglikan) dan karbohidrat (glikosaminoglikan).
  • Memperkuat tulang yang ada dengan mengubah kepadatan dan ketebalan tulang subkondral lutut (tulang yang terletak tepat di bawah tulang rawan) sehingga diharapkan dapat membantu mengurangi tekanan pada tulang rawan ketika lutut bergerak.
  • Merangsang tubuh untuk menghasilkan asam hialuronatnya sendiri, dan memiliki efek jangka panjang melindungi lutut agar terhindar dari risiko terjadinya radang sendi lutut

Klinik Patella, Pusat Pengobatan Sakit Lutut

Klinik Patella merupakan ‘One Stop Clinic’ untuk mengatasi lutut yang bermasalah seperti lutut bengkak dan lutut nyeri.

Klinik ini memiliki ragam modalitas penanganan untuk lutut, yaitu radiofrekuensi ablasi (RFA), injeksi asam hialuronat (viscosuplementasi), injeksi steroid, injeksi platelet-rich plasma (PRP).

Selain itu, kami juga memiliki Prime Rehab yang memberikan rehabilitasi medik lengkap dengan laser, ultrasound dan manuthera guna membantu Anda meringankan nyeri pada lutut.

2 Comments
  1. Pingback: Dislokasi Patella, Apa Saja yang Perlu Diketahui » Klinik Patella

  2. Pingback: Lutut Berbunyi, Ini Dia Penyebabnya » Klinik Patella

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Jati Barat No. 34B, Kalibata, Jakarta 12760

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

Email

Email

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now

Layanan Call Center