Mengapa Lutut Sakit Saat Berlari Ini Kata Dokter - Patella

Mengapa Lutut Sakit Saat Berlari? Ini Kata Dokter

Lutut yang sering terasa sakit saat berlari ternyata bisa mengindikasikan berbagai masalah kesehatan yang serius. Misalnya, sindrom patellofemoral, bursitis, tendinitis patella maupun osteoarthritis lutut. Hal ini mungkin terjadi karena lutut adalah salah satu sendi yang paling rentan terhadap cedera karena menanggung beban tubuh yang besar saat berlari.

Penyebab Lutut Sakit Saat Berlari

Menurut dr. Rifalisanto, Sp.KFR, dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi di Klinik Patella, ada beberapa penyebab nyeri lutut yang perlu diketahui, antara lain:

Sindrom Patellofemoral (Runner’s Knee)

Sindrom patellofemoral adalah kondisi nyeri yang terjadi di sekitar patella atau tempurung lutut. Biasanya terjadi pada orang-orang yang gemar olahraga lari.

Gejalanya yaitu nyeri di depan lutut, terutama saat menekuk lutut, berlari menuruni bukit, atau duduk dalam waktu lama.

Bursitis

Bursitis adalah kondisi medis yang terjadi ketika bursa, kantong kecil berisi cairan yang berfungsi untuk mengurangi gesekan dan melindungi sendi, mengalami peradangan

Kondisi ini menyebabkan rasa nyeri, bengkak, kemerahan, dan keterbatasan gerak.

Tendinitis Patella

Tendinitis patella merupakan peradangan atau iritasi pada tendon patella, yang menghubungkan tempurung lutut dengan tulang kering (tibia).

Gejala dari tendinitis patella yaitu rasa sakit di bawah tempurung lutut yang memburuk setelah melakukan aktivitas fisik.

Osteoarthritis Lutut

Osteoarthritis lutut adalah kondisi degeneratif yang menyebabkan kerusakan pada tulang rawan di dalam sendi lutut. Biasanya terjadi karena faktor bertambahnya usia.

Ketika mengalami OA lutut, biasanya akan timbul berbagai gejala seperti kekakuan, bengkak, dan nyeri yang memburuk seiring waktu.

Pengobatan Lutut Sakit 

Berikut adalah berbagai pilihan pengobatan yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi lutut sakit saat berlari, yaitu:

  1. Istirahat dan mengurangi aktivitas: Mengurangi atau menghentikan aktivitas berlari untuk memberikan waktu bagi lutut untuk pulih. Tujuannya yaitu mengurangi tekanan dan stres pada sendi lutut, membantu mengurangi peradangan dan nyeri.
  2. Kompres dingin dan panas: Menggunakan kompres es untuk mengurangi pembengkakan dan panas untuk meredakan kekakuan.
  3. Peregangan dan penguatan otot: Melakukan latihan peregangan dan penguatan otot-otot di sekitar lutut, seperti quadriceps, hamstring, dan betis. Manfaatnya yaitu meningkatkan kestabilan dan dukungan untuk sendi lutut, mengurangi risiko cedera di masa depan.
  4. Penggunaan alat bantu: Menggunakan alat bantu seperti brace atau korset untuk memberikan dukungan tambahan pada lutut, membantu menjaga posisi lutut yang benar dan mengurangi tekanan pada sendi.
  5. Penggunaan obat: Mengonsumsi obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) seperti ibuprofen untuk mengurangi nyeri dan peradangan.
  6. Fisioterapi: Fisioterapi mencakup latihan khusus dan terapi modalitas untuk membantu meningkatkan fleksibilitas sendi lutut dan mengurangi nyeri.

Selain langkah penanganan di atas, dokter mungkin juga akan menyarankan metode pengobatan lainnya seperti injeksi viskosuplemen, injeksi Platelet-Rich Plasma (PRP) atau Radiofrekuensi Ablasi.

Cara Mencegah Lutut Sakit Saat Berlari

  • Melakukan pemanasan dengan benar sebelum berlari untuk mempersiapkan otot dan sendi.
  • Memilih sepatu lari yang memberikan dukungan yang baik dan sesuai dengan bentuk kaki.
  • Meningkatkan intensitas dan jarak lari secara bertahap untuk menghindari overuse.
  • Mengadopsi teknik berlari yang benar, seperti menjaga postur tubuh yang baik dan langkah yang tepat.

Nyeri lutut saat berlari adalah masalah umum yang bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Memahami penyebabnya adalah langkah pertama untuk menemukan pengobatan yang efektif. Dengan kombinasi istirahat, perawatan fisik, dan penyesuaian aktivitas, sebagian besar pelari dapat kembali berlari tanpa rasa sakit. Pencegahan melalui pemanasan yang tepat, penggunaan sepatu yang sesuai, dan teknik berlari yang baik juga sangat penting untuk menjaga kesehatan lutut dalam jangka panjang.

Tetaplah waspada terhadap tanda-tanda awal nyeri lutut dan jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kami di Klinik Patella jika nyeri berlanjut atau memburuk. Dengan diagnosis dan penanganan yang tepat, Anda dapat terus melakukan olahraga lari tanpa rasa sakit yang mengganggu.

Untuk membuat janji konsultasi, silahkan chat tim kami di Klinik Patella melalui nomor Whatsapp 0811-8124-2022

Referensi Penulisan: 

Frequently Asked Questions (FAQ)

Apa Penyebab Lutut Sakit saat Berlari?

Beberapa penyebab nyeri lutut, antara lain: 1. Sindrom patellofemoral (runner's knee) 2. Bursitis 3. Tendinitis patella 4. Osteoarthritis lutut

Apa Penanganan yang Perlu Dilakukan Jika Lutut Terasa Nyeri?

Istirahat atau mengurangi aktifitas, kompres dingin dan panas, melakukan peregangan dan penguatan otot, menggunakan alat bantu, dan fisioterapi merupakan beberapa perawatan mandiri yang dapat dilakukan

Bagaimana Cara Mencegah Lutut Sakit saat Berlari?

Beberapa cara yang dapat Anda lakukan diantaranya: 1. Melakukan pemanasan dengan benar untuk mempersiapkan otot dan sendi. 2. Memilih sepatu lari yang memberikan dukungan yang baik dan sesuai dengan bentuk kaki. 3. Meningkatkan intensitas dan jarak secara bertahap. 4. Mengadopsi teknik berlari yang benar

***

Feature photo by EyeEm from Freepik

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Book Online

Appointment Now

Jadwal Praktik


Prof. Dr. dr. Darto Satoto, SpAn, KAR

Selasa   : 10:00 - 16:00
Kamis   : 10:00 - 16:00


dr. Nelfidayani, SpKFR

Selasa   : 16:00 - 20:00
Kamis   : 16:00 - 20:00
Sabtu    : 16:00 - 20:00


dr. Rifalisanto, SpKFR

Senin    : 10:00 - 12:00
Rabu     : 10:00 - 12:00


dr. Zuhri Efendi, Sp.OT (K)

Senin    : 16:00 - Selesai
Rabu     : 16:00 - Selesai
Jumat   : 16:00 - Selesai


dr. Haekal Alaztha, Sp.N, FINA

Lamina Kartika Pulomas Hospital

Senin       : 13:00 - 15:00
Rabu        : 13:00 - 15:00

Lamina Klinik SMC

Selasa     : 13:00 - 15:00
Kamis      : 13:00 - 15:00