radang sendi lutut

Manfaat Viskosuplementasi dalam Penanganan Radang Sendi Lutut

Radang sendi lutut adalah kondisi umum yang ditandai oleh kerusakan pada tulang rawan lutut, menyebabkan rasa sakit, kaku, dan ketidaknyamanan. Pengobatan untuk radang sendi lutut dapat melibatkan pendekatan non-bedah seperti fisioterapi, obat pereda nyeri, dan perubahan gaya hidup. Namun, dalam kasus yang lebih parah, dokter mungkin merekomendasikan injeksi viskosuplementasi sebagai pilihan pengobatan. 

Injeksi viskosuplementasi melibatkan penyuntikan cairan bertekanan tinggi yang mengandung zat seperti asam hialuronat ke dalam sendi lutut yang terkena osteoarthritis. Zat ini berfungsi sebagai pelumas dan bantalan bagi sendi yang rusak, mengurangi gesekan dan tekanan pada tulang rawan yang terkikis.

Manfaat Injeksi Viskosuplementasi

Injeksi viskouplementasi memiliki berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan lutut, antara lain:

Mengurangi Rasa Sakit

Gesekan pada tulang yang terkikis dapat menimbulkan rasa nyeri hebat dan kekakuan pada lutut, sehingga Anda mungkin akan sulit menggerakkannya. Namun, dengan viskosuplementasi, gesekan akan berkurang karena adanya zat pelumas sehingga dapat dapat meredakan rasa sakit akibat radang sendi.

Meningkatkan Fungsi Sendi

Kerusakan pada tulang rawan lutut dapat mengurangi mobilitas dan fungsi sendi. Injeksi viskosuplementasi dapat membantu memperbaiki elastisitas dan kualitas cairan sendi, sehingga meningkatkan pergerakan sendi lutut yang terbatas. Dengan meningkatnya fungsi sendi, pasien dapat mengalami peningkatan kemampuan berjalan, beraktivitas, dan melakukan kegiatan sehari-hari tanpa rasa sakit yang berlebihan.

Menunda atau Mencegah Tindakan Operasi

Injeksi viskosuplementasi dapat menjadi alternatif bagi pasien yang ingin menghindari tindakan operasi, seperti penggantian sendi lutut. Dalam beberapa kasus, injeksi viskosuplementasi dapat memberikan manfaat yang signifikan dalam mengurangi gejala radang sendi lutut, sehingga memungkinkan pasien menunda atau bahkan menghindari operasi yang invasif.

Efek Samping yang Rendah

Injeksi viskosuplementasi umumnya aman dan memiliki risiko efek samping yang rendah dibandingkan dengan tindakan operasi. Pasien mungkin mengalami sedikit kemerahan atau nyeri di tempat penyuntikan, tetapi efek samping ini biasanya bersifat sementara dan ringan. Injeksi viskosuplementasi juga tidak memerlukan waktu pemulihan yang lama, sehingga pasien dapat kembali beraktivitas dengan cepat setelah prosedur.

Apakah Viskosuplementasi Aman Bagi Penderita Radang Sendi?

Injeksi viskosuplementasi merupakan metode pengobatan yang efektif dan relatif aman dalam mengatasi radang sendi lutut. Dengan mengurangi rasa sakit, meningkatkan fungsi sendi, dan memberikan opsi non-bedah, injeksi viskosuplementasi dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi pasien dengan osteoarthritis lutut.

Meskipun demikian, setiap pasien harus berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan apakah prosedur ini adalah pilihan yang tepat untuk kondisi radang sendi yang Anda alami.

Baca juga: Viskosuplementasi, Cara Efektif untuk Mencegah Keparahan Gejala Osteoarthritis

Kemana Harus Berkonsultasi Terlebih Dahulu?

Untuk berkonsultasi, Anda bisa menghubungi tim Assistance Center Patella di nomor 021-2237-9999, atau chat via whatsapp di 0811 8124 2022. Selain itu, Anda juga bisa datang langsung ke klinik Patella yang berlokasi di Mampang Jakarta Selatan untuk menemui dokter, dengan melihat jadwalnya terlebih dahulu di website ini.

Semoga bermanfaat!

Artikel ini ditinjau oleh: dr. Yuti Purnamasari

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Book Online

Appointment Now

Jadwal Praktik


Prof. Dr. dr. Darto Satoto, SpAn, KAR

Selasa   : 10:00 - 16:00
Kamis   : 10:00 - 16:00


dr. Nelfidayani, SpKFR

Selasa   : 16:00 - 20:00
Kamis   : 16:00 - 20:00
Sabtu    : 16:00 - 20:00


dr. Rifalisanto, SpKFR

Senin    : 10:00 - 12:00
Rabu     : 10:00 - 12:00


dr. Zuhri Efendi, Sp.OT (K)

Senin    : 16:00 - Selesai
Rabu     : 16:00 - Selesai
Jumat   : 16:00 - Selesai


dr. Haekal Alaztha, Sp.N, FINA

Lamina Kartika Pulomas Hospital

Senin       : 13:00 - 15:00
Rabu        : 13:00 - 15:00

Lamina Klinik SMC

Selasa     : 13:00 - 15:00
Kamis      : 13:00 - 15:00