nyeri tumit - Patella

Nyeri Tumit yang Mengganggu? Waspadai Penyakit Ini!

Nyeri tumit adalah kondisi yang umum dialami oleh banyak orang, terutama mereka yang memiliki gaya hidup aktif atau terlibat dalam aktivitas yang menuntut pembebanan berlebih pada kaki. Meskipun sering dianggap sebagai masalah ringan, kondisi ini sebenarnya bisa menjadi tanda adanya masalah yang lebih serius. 

Risiko Penyakit yang Bisa Terjadi

Nyeri Tumit - Patella

Ada beberapa kondisi medis yang mungkin terjadi akibat rasa nyeri pada tumit, yaitu: 

Plantar Fasciitis

Plantar fasciitis adalah salah satu penyebab umum nyeri tumit. Ini terjadi ketika jaringan yang menghubungkan tumit dan jari kaki (fascia plantar) mengalami peradangan atau iritasi. Risiko terjadinya fasciitis plantar meningkat ketika seseorang terlalu sering berdiri atau berjalan dalam jangka waktu yang lama, memiliki berat badan berlebih, atau menggunakan sepatu yang tidak mendukung kaki dengan baik.

Bone Spur 

Bone spur atau taji tulang pada tumit adalah pertumbuhan tulang kecil yang keras di bagian bawah tumit, biasanya dekat dengan titik di mana fascia plantar melekat pada tulang tumit. Spur ini bisa terjadi sebagai akibat dari fasciitis plantar yang kronis. Meskipun spur tulang tidak selalu menyebabkan rasa sakit, mereka bisa menjadi sumber ketidaknyamanan dan memperburuk nyeri tumit yang sudah ada.

Tendinitis Achilles

Tendinitis Achilles adalah peradangan atau iritasi pada tendon Achilles, yang menghubungkan otot betis dengan tumit. Ini bisa menyebabkan nyeri di bagian belakang tumit atau di sepanjang tendon itu sendiri. Aktivitas fisik yang berlebihan atau melakukan gerakan yang melibatkan lompatan dan perubahan cepat arah bisa meningkatkan risiko terjadinya tendinitis Achilles.

Fraktur Stress

Fraktur stress adalah retakan kecil pada tulang akibat tekanan berulang atau pembebanan yang berlebihan pada area tertentu. Jika Anda merasakan nyeri tumit yang berlanjut bahkan setelah istirahat, Anda mungkin mengalami stress fraktur. Aktivitas olahraga intens atau berulang yang melibatkan lonjakan aktivitas bisa menyebabkan kondisi ini.

Cara Mencegah dan Mengelola Gejalanya

  • Pemilihan Sepatu yang Tepat: Gunakan sepatu yang mendukung lengkungan kaki, memberikan bantalan yang cukup, dan sesuai dengan aktivitas yang Anda lakukan. Hindari sepatu yang terlalu sempit atau terlalu longgar.
  • Pemanasan dan Peregangan: Lakukan pemanasan sebelum beraktivitas fisik dan lakukan peregangan otot kaki secara teratur untuk menjaga fleksibilitas dan kekuatan otot.
  • Istirahat dan Pemulihan: Jika Anda merasa nyeri, berikan waktu istirahat yang cukup kepada kaki Anda. Hindari aktivitas yang memperburuk nyeri.
  • Pengendalian Berat Badan: Jaga berat badan yang sehat untuk mengurangi tekanan pada kaki dan mencegah risiko terjadinya masalah kesehatan terkait.
  • Konsultasi Medis: Jika nyeri tumit berlanjut atau semakin buruk, segera konsultasikan dengan profesional medis. Diagnosis dini dan pengobatan yang tepat bisa mencegah masalah yang lebih serius.

Nyeri tumit adalah masalah umum yang bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan yang lebih serius. Memahami risiko yang dapat timbul dan mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat dapat membantu Anda menjaga kesehatan kaki dan mencegah komplikasi yang lebih parah. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter kami di Klinik Patella,  jika Anda mengalami nyeri tumit yang berkepanjangan atau semakin buruk.

Untuk berkonsultasi, Anda bisa menghubungi tim Assistance Center Patella di nomor 021-7919-6999, atau chat melalui whatsapp di 0811-1443-599.

Baca juga: Hati-hati, Plantar Fasciitis Bisa Timbulkan Nyeri Tumit yang Mengganggu!

Frequently Asked Questions (FAQ)

Apa yang Menyebabkan Nyeri Tumit?

Merupakan suatu kondisi yang umum dialami oleh banyak orang, terutama mereka yang memiliki gaya hidup aktif atau terlibat dalam aktivitas yang menuntut pembebanan berlebih pada kaki. Meskipun sering dianggap sebagai masalah ringan, kondisi ini sebenarnya bisa menjadi tanda adanya masalah yang lebih serius.

Apa Penyakit yang Dapat Menyebabkan Nyeri Tumit?

Beberapa kondisi medis, antara lain: 1. Plantar fasciitis 2. Bone spur 3. Tendinitis achilles 4. Fraktur stress

Bagaimana Cara Mencegah Nyeri Tumit?

Beberapa metode pencegahannya, yaitu: 1. Pemilihan sepatu yang tepat 2. Pemanasan dan peregangan 3. Istirahat yang cukup 4. Pengendalian berat badan 5. Konsultasi medis

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Book Online

Appointment Now

Jadwal Praktik


Prof. Dr. dr. Darto Satoto, SpAn, KAR

Selasa   : 10:00 - 16:00
Kamis   : 10:00 - 16:00


dr. Nelfidayani, SpKFR

Selasa   : 16:00 - 20:00
Kamis   : 16:00 - 20:00
Sabtu    : 16:00 - 20:00


dr. Rifalisanto, SpKFR

Senin    : 10:00 - 12:00
Rabu     : 10:00 - 12:00


dr. Zuhri Efendi, Sp.OT (K)

Senin    : 16:00 - Selesai
Rabu     : 16:00 - Selesai
Jumat   : 16:00 - Selesai


dr. Haekal Alaztha, Sp.N, FINA

Lamina Kartika Pulomas Hospital

Senin       : 13:00 - 15:00
Rabu        : 13:00 - 15:00

Lamina Klinik SMC

Selasa     : 13:00 - 15:00
Kamis      : 13:00 - 15:00