nyeri sendi dan pergelangan tangan

Ini 5 Cara Mudah Mengatasi Nyeri Sendi dan Pergelangan Tangan

Nyeri sendi dan pergelangan tangan dapat terjadi karena berbagai faktor. Gejalanya pun harus diwaspadai sebab bisa sangat mengganggu aktivitas harian yang Anda lakukan. Ada kalanya rasa sakit tersebut akan hilang dan membaik dengan sendirinya. Namun, beberapa kondisi malah membuat nyeri pergelangan tangan semakin parah. Nah, untuk mengatasinya, ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk meredakan rasa nyerinya. Apa saja? Yuk, cari tahu di sini!

Penyebab Nyeri Sendi dan Pergelangan Tangan

Tangan merupakan bagian tubuh yang sangat dibutuhkan dalam aktivitas sehari-hari, seperti menulis, menggenggam, makan, mengetik ataupun menyetir. Pada tangan terdapat struktur persendian yang kompleks yang terdiri dari tulang, ligamen maupun tendon. 

Jaringan-jaringan tersebut saling berhubungan dan jika ada gangguan pada salah satu jaringan, maka bisa berdampak ke bagian tubuh lainnya. Misalnya, menimbulkan nyeri pada pergelangan tangan. Rasa nyeri ini memiliki karakteristik yang berbeda, maka dari itu sangat penting untuk mengetahui penyebabnya. 

Berikut ini adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan nyeri sendi dan pergelangan tangan, yaitu: 

  • Cedera, seperti terkena benturan atau karena tekanan berulang pada sendi tangan
  • Carpal tunnel syndrome atau sindrom terowongan karpal, terjadi akibat adanya tekanan berlebihan pada saraf pergelangan tangan
  • Rheumatoid arthritis, yaitu radang sendi yang terjadi akibat sistem kekebalan tubuh keliru menyerang tubuh sendiri. Biasanya terjadi dalam jangka waktu panjang
  • Osteoarthritis yaitu radang sendi kronis yang umumnya terjadi akibat proses penuaan (degeneratif)
  • De Quervain’s tenosynovitis yaitu peradangan pada jaringan pembungkus tendon dan menyebabkan tendon terjepit.

Gejala yang Harus Diwaspadai

Gangguan pada sendi di sekitar pergelangan tangan dapat menimbulkan sejumlah gejala, antara lain: 

Baca Juga  Pengapuran Sendi Lutut, Cara Ini Efektif Tanpa Perlu Operasi

  • Rasa nyeri di pergelangan tangan
  • Sering merasa pegal, kebas ataupun mati rasa
  • Terasa kaku saat akan menggerakkannya
  • Muncul bengkak di jari-jari tangan
  • Kemerahan dan memar di sekitar pergelangan tangan
  • Muncul benjolan pada pergelangan tangan

Cara Mengatasi Nyeri Sendi dan Pergelangan Tangan 

Perawatan untuk kondisi ini tergantung pada tingkat keparahannya. Anda bisa mencoba beberapa cara berikut untuk mengatasi rasa nyerinya, antara lain: 

  • Istirahatkan tangan. Jangan melakukan aktivitas berlebihan dan istirahatkan sejenak pergelangan tangan Anda. Hindari mengangkat beban berat sampai rasa sakitnya membaik.
  • Kompres dingin. Berikan bantalan es dan kompres bagian tangan yang sakit. Cara ini juga cukup efektif untuk mencegah timbulnya pembengkakan dan peradangan. 
  • Bebat tangan. Untuk mengurangi rasa nyeri pada pergelangan tangan, cobalah untuk membebatnya dengan perban. Hal ini bertujuan untuk membatasi pergelangan tangan dari pergerakan dan mencegah pembengkakan.
  • Minum obat pereda nyeri. Jika rasa nyeri belum hilang, minumlah obat pereda nyeri seperti ibuprofen atau parasetamol. Pastikan untuk minum sesuai dengan aturan pakai sebagaimana tertera dalam kemasan.
  • Injeksi steroid. Apabila nyeri pada pergelangan tangan malah semakin memburuk, maka pengobatan lanjutan diperlukan seperti injeksi steroid. Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis untuk mendapatkan diagnosis penyakit secara akurat dan penanganan yang sesuai. 

Itulah beberapa cara yang cukup efektif dalam mengatasi nyeri sendi dan pergelangan tangan. Namun, apabila keluhan memburuk maka Anda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter spesialis kami di Klinik Patella. Patella menggunakan metode pengobatan tanpa operasi yang lebih minim risiko dengan waktu penyembuhan yang lebih cepat. 

Yuk, konsultasi sekarang untuk hidup bebas nyeri dan Anda bisa beraktivitas dengan nyaman!

Baca Juga  Yuk Coba! Ini 5 Cara Mudah Mengobati Lutut Sakit Saat Ditekuk

Baca juga: Khasiat Daun Sirih Merah untuk Redakan Nyeri Sendi

Artikel ini telah ditinjau oleh: dr. Rifalisanto, Sp.KFR (Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi Medik di Klinik Patella)

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Book Online

Appointment Now