Cara Efektif Mengatasi Nyeri Lutut dengan Viskosuplementasi - Patella

Cara Efektif Mengatasi Nyeri Lutut dengan Viskosuplementasi

Bagaimana cara mengatasi nyeri lutut? Nyeri lutut adalah salah satu keluhan yang sangat sering terjadi, terutama di kalangan orang dewasa dan lanjut usia. Penyebab utama nyeri lutut pada orang tua seringkali berkaitan dengan osteoarthritis, yaitu kondisi di mana tulang rawan pada sendi lutut mulai menipis dan rusak. Namun, keluhan nyeri ini dapat diatasi dengan metode terbaru yang efektif yaitu viskosuplementasi.

Apa Itu Viskosuplementasi?

Viskosuplementasi adalah prosedur medis yang melibatkan injeksi asam hialuronat ke dalam sendi lutut. Asam hialuronat adalah zat alami yang ditemukan dalam cairan sendi dan berfungsi sebagai pelumas serta peredam gesekan jika sendi bergerak. Pada penderita osteoartritis, kadar asam hialuronat di dalam sendi menurun, sehingga sendi menjadi kaku dan nyeri. Injeksi asam hialuronat melalui viskosuplementasi bertujuan untuk mengembalikan pelumasan sendi, meningkatkan mobilitas, dan mengurangi rasa nyeri.

Prosedur Viskosuplementasi

Prosedur viskosuplementasi biasanya dilakukan oleh dokter spesialis ortopedi atau reumatologi. Berikut adalah langkah-langkah umum dalam prosedur ini:

  1. Persiapan: Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan mungkin memerlukan pencitraan, seperti X-ray atau MRI, untuk menilai kondisi lutut.
  2. Pembersihan Area Injeksi: Area di sekitar lutut akan dibersihkan dengan antiseptik untuk mencegah infeksi.
  3. Pemberian Anestesi Lokal: Anestesi lokal dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit saat injeksi.
  4. Injeksi Asam Hialuronat: Dokter akan menyuntikkan asam hialuronat langsung ke dalam sendi lutut menggunakan jarum steril.
  5. Pemantauan Pasca Injeksi: Pasien akan dipantau selama beberapa menit untuk memastikan tidak ada reaksi alergi atau efek samping segera.
Baca Juga  Nyeri Tumit yang Mengganggu? Waspadai Penyakit Ini!

Manfaat Viskosuplementasi

Viskosuplementasi menawarkan beberapa manfaat bagi penderita nyeri lutut, antara lain:

  • Mengurangi rasa nyeri dan peradangan
  • Membantu memperbaiki pelumasan sendi, sehingga meningkatkan fleksibilitas dan mobilitas.
  • Dibandingkan dengan obat-obatan oral atau prosedur bedah, viskosuplementasi memiliki risiko efek samping yang lebih rendah.
  • Prosedur Non-Bedah: Viskosuplementasi adalah alternatif yang baik bagi pasien yang ingin menghindari operasi.

Efek Samping dan Risiko

Meskipun viskosuplementasi umumnya aman, beberapa efek samping dan risiko yang mungkin terjadi meliputi:

  • Nyeri dan Pembengkakan: Beberapa pasien mungkin mengalami nyeri atau pembengkakan di area injeksi.
  • Reaksi Alergi: Reaksi alergi terhadap asam hialuronat bisa terjadi, meskipun jarang.
  • Infeksi: Ada risiko infeksi di tempat injeksi, namun ini sangat jarang jika prosedur dilakukan dengan teknik yang benar oleh dokter ahli.

Viskosuplementasi adalah metode yang efektif dan aman untuk mengatasi nyeri lutut akibat osteoarthritis. Prosedur ini tidak hanya membantu mengurangi nyeri, tetapi juga meningkatkan mobilitas dan kualitas hidup pasien. Bagi Anda yang mengalami nyeri lutut kronis dan mencari alternatif selain operasi, viskosuplementasi bisa menjadi solusi yang patut dipertimbangkan. Namun, penting untuk berkonsultasi dengan dokter guna memastikan apakah prosedur ini cocok untuk kondisi nyeri lutut yang Anda alami.

Anda bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis kami di Klinik Patella untuk mendapatkan diagnosis dan penanganan yang tepat. Silahkan chat tim kami di Klinik Patella melalui nomor Whatsapp 0811-8124-2022.

Baca juga: Ketahui Jenis Obat yang Efektif untuk Radang Sendi Lutut

Frequently Asked Questions (FAQ)

Apa itu Viskosuplementasi?

Viskosuplementasi adalah prosedur medis yang melibatkan injeksi asam hialuronat ke dalam sendi lutut. Asam hialuronat adalah zat alami yang ditemukan dalam cairan sendi dan berfungsi sebagai pelumas serta peredam gesekan jika sendi bergerak.

Baca Juga  Lutut Bunyi Karena Kopong, Mitos atau Fakta?
Apa Keunggulan Tindakan Viskosuplementasi?

Beberapa kelebihan dari viskosuplementasi, diantaranya: 1. Prosedur non-bedah 2. Mengurangi rasa nyeri dan peradangan 3. Memperbaiki pelumasan sendi 4. Memiliki risiko efek samping yang lebih rendah

Bagaimana Prosedur dari Tindakan Viskosuplementasi?

Langkah-langkah umum dari tindakan ini adalah: 1. Persiapan 2. Persiapan area injeksi 3. Pemberian anestesi lokal 4. Injeksi asam hialuronat 5. Pemantauan pasca injeksi

***

Feature photo by freepik from Freepik

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Book Online

Appointment Now