usia. muda terkena nyeri sendi

Awas, Usia Muda Juga Bisa Terkena Nyeri Sendi!

Nyeri sendi rentan terjadi pada usia tua atau lansia. Benarkah? Meski demikian, usia muda ternyata juga bisa terkena nyeri sendi yang jika dibiarkan bisa sangat berbahaya. Rasa nyeri pada sendi ini sering muncul secara tiba-tiba dan hilang dengan sendirinya. Akan tetapi, ada kalanya nyeri semakin memburuk hingga Anda kesulitan untuk beraktivitas. Nah, jika kondisinya sudah seperti ini alangkah baiknya apabila Anda segera memeriksakan diri ke dokter. 

Apa Penyebab Nyeri Sendi? 

Penyebab nyeri sendi yang paling umum yakni radang sendi atau arthritis. Namun, biasanya radang sendi dialami oleh orang tua akibat faktor degeneratif. Meski demikian, kondisi ini juga bisa menyerang usia muda. 

Ada beberapa penyebab lain nyeri sendi yang terjadi pada usia muda, antara lain:

  • Cedera: Ini adalah penyebab nyeri sendi yang sering dialami oleh orang yang berusia muda. Biasanya nyeri muncul akibat gerakan berulang saat berolahraga atau kecelakaan yang menimbulkan benturan keras pada persendian. 
  • Osteoarthritis: Kondisi ini terjadi karena peradangan kronis pada sendi. Osteoarthritis umumnya menyerang sendi lutut akibat penggunaan berlebihan dan proses penuaan yang menyebabkan penipisan tulang rawan. 
  • Rheumatoid arthritis: Peradangan kronis pada sendi karena kekebalan tubuh yang keliru menyerang jaringan tubuh yang sehat. Kondisi ini termasuk penyakit autoimun yang harus segera mendapatkan penanganan.
  • Asam urat: Biasanya terjadi ketika kadar asam urat dalam tubuh berlebihan akibat konsumsi makanan tinggi purin. Kondisi ini memicu penumpukan kristal asam urat pada sendi yang akan menyebabkan nyeri hebat pada sendi.
  • Infeksi sendi: Hal ini bisa disebabkan oleh infeksi bakteri, jamur atau virus yang seringnya menyerang sendi tubuh seperti siku, pinggul dan lutut.
  • Obesitas: Kelebihan berat badan bisa menambah beban pada sendi sehingga timbul masalah nyeri sendi.

Seperti Apa Rasa Nyerinya? 

Apabila mengalami rasa sakit pada sendi biasanya ada beberapa gejala umum yang mungkin terasa. Terkadang Anda akan mengalami nyeri seperti tertusuk atau terbakar, demam, penurunan nafsu makan, hingga rasa kelelahan yang terus menerus. 

Berikut gejalanya: 

  • Muncul nyeri hebat pada area sendi
  • Kekakuan pada sendi
  • Sendi membengkak dan kemerahan
  • Rasa hangat ketika disentuh
  • Terbatasnya pergerakan sendi
  • Mengecilnya ukuran otot di sekitar sendi
  • Kelemahan otot di sekitar sendi

Mengatasi Nyeri Sendi dengan Cara Tepat

Berbagai cara bisa Anda lakukan untuk mengatasi rasa sakitnya, seperti:

 

  • Menggunakan obat topikal atau konsumsi obat antiinflamasi non steroid untuk meredakan nyeri, mengurangi peradangan serta pembengkakan.
  • Lakukan pemanasan yang tepat sebelum melakukan olahraga untuk mempertahankan rentang gerak yang baik pada sendi.
  • Tetap aktif secara fisik sesuai kemampuan tubuh setiap melakukannya.
  • Jaga berat badan ideal untuk mencegah obesitas.
  • Hindari pola hidup yang tidak sehat seperti jarang bergerak, merokok ataupun minum alkohol karena dapat membuat radang sendi semakin memburuk.

Apabila beragam cara tersebut tidak juga mengurangi rasa sakit pada sendi Anda, segeralah berkonsultasi dengan dr. Rifalisanto Sp.KFR di Klinik Patella. Dr. Rifal akan memberikan terapi pengobatan yang sesuai dengan penyakit sendi yang Anda alami. Untuk mengetahui jadwal dokter, silakan klik di sini. 

Anda bisa mengunjungi Klinik Patella yang berlokasi di Mampang, Jakarta Selatan dan SMC Jakarta Amanyaak Pluit. Selain itu, untuk bertanya informasi lebih lanjut, bisa menghubungi Assistance Center kami  di nomor 021-7919-6999 atau chat via whatsapp di 0811-1443-599.

Semoga sehat selalu ya!

Baca juga: 5 Manfaat Jahe untuk Redakan Nyeri Sendi Lutut

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Book Online

Appointment Now

Jadwal Praktik


Prof. Dr. dr. Darto Satoto, SpAn, KAR

Selasa   : 10:00 - 16:00
Kamis   : 10:00 - 16:00


dr. Nelfidayani, SpKFR

Selasa   : 16:00 - 20:00
Kamis   : 16:00 - 20:00
Sabtu    : 16:00 - 20:00


dr. Rifalisanto, SpKFR

Senin    : 10:00 - 12:00
Rabu     : 10:00 - 12:00


dr. Zuhri Efendi, Sp.OT (K)

Senin    : 16:00 - Selesai
Rabu     : 16:00 - Selesai
Jumat   : 16:00 - Selesai


dr. Haekal Alaztha, Sp.N, FINA

Lamina Kartika Pulomas Hospital

Senin       : 13:00 - 15:00
Rabu        : 13:00 - 15:00

Lamina Klinik SMC

Selasa     : 13:00 - 15:00
Kamis      : 13:00 - 15:00