bursitis

Penanganan Bursitis dengan Injeksi Intra Artikular

Bursitis merupakan peradangan yang terjadi pada bursa, yaitu pelumas dan bantalan di sekitar sendi. Pada kasus bursitis di sendi lutut, Anda mungkin akan merasakan nyeri saat menekuk ataupun meluruskan lutut. Tak hanya pada lutut, kondisi ini juga umum terjadi pada bahu, siku, dan pinggul. Lantas, adakah cara yang efektif untuk mengatasi bursitis? Simak ulasan berikut.

Penyebab Bursitis

Secara umum, ada beberapa penyebab bursitis yang sebaiknya Anda waspadai, antara lain:

  • Melakukan gerakan berulang pada sendi sehingga memberikan tekanan berlebihan  dan menimbulkan peradangan pada bursa 
  • Cedera sendi akibat terbentur benda keras atau terjatuh yang menyebabkan trauma pada sendi, terutama bursa
  • Infeksi atau penyakit tertentu seperti diabetes, radang sendi dan penyakit tiroid


Gejala Bursitis

Gejala yang umum muncul akibat peradangan pada bursa ini, yaitu: 

  • Rasa nyeri di area sendi lutut
  • Sulit menggerakkan lutut terutama saat menekuk dan meluruskannya
  • Lutut bengkak
  • Sakit ketika ditekan
  • Terbatasnya pergerakan di area sendi lutut

Diagnosis

Sebelum mendiagnosis penyakit, dokter biasanya akan melakukan anamnesis atau pemeriksaan fisik secara menyeluruh. Selain itu, untuk menegakkan diagnosis, dokter juga akan melakukan pemeriksaan penunjang, seperti X-Ray, MRI, tes darah, ataupun tes cairan pada bursa.

Penanganan Bursitis 

Ada beberapa pilihan pengobatan yang bisa dijalani oleh pasien bursitis, antara lain fisioterapi, obat pereda nyeri golongan obat non steroidal anti-inflammatory (NSAID), pemberian antibiotik, dan injeksi intra artikular. 

Apabila pasien tidak merespon terhadap obat pereda nyeri maupun antibiotik dan gejala tak kunjung membaik, maka terapi injeksi artikular perlu dilakukan. 

Injeksi intra artikular atau injeksi sendi adalah terapi yang dapat mengatasi peradangan pada sendi seperti bursitis ataupun osteoarthritis. Terapi ini memang tidak dapat menyembuhkan secara total, namun mampu meringankan rasa sakit dan mengurangi peradangan pada sendi lutut. Dokter akan memberikan bius secara topikal untuk mengurangi rasa sakit atau tidak nyaman selama prosedur injeksi. Selanjutnya dokter akan melakukan injeksi intra artikular dengan obat kortikosteroid pada area sendi yang mengalami peradangan. 

Baca Juga  Mengapa Lutut Nyeri Saat Ditekuk Ketika Olahraga?

Terapi injeksi intra artikular terbukti aman dengan risiko komplikasi yang sangat jarang terjadi. Oleh karena itu, untuk memastikan penanganan yang tepat, sebaiknya berkonsultasi dan periksakan diri dengan dokter ahli di Klinik Patella. Dokter akan mengelola gejala dengan memberikan terapi pengobatan yang sesuai dengan kondisi dan tingkat keparahan bursitis pada sendi lutut Anda. 

Baca juga: Penyebab Sendi Bahu Bunyi dan Sakit

Referensi:

National Library of Medicine. Musculoskeletal Injection.

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2735433/

Artikel ini ditinjau oleh: dr. Yuti Purnamasari

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Book Online

Appointment Now