NYERI SENDI

6 Cara Pengobatan Alami Redakan Nyeri Lutut Sebelah Kiri

Pernahkah Anda mengalami nyeri lutut sebelah kiri sehingga sulit untuk menggerakkan kaki? Nyeri lutut adalah suatu kondisi yang terjadi pada bagian depan lutut, yang terletak di bawah tempurung atau di dalam sendi lutut itu sendiri. Penyebabnya pun beragam mulai dari cedera lutut, osteoarthritis, peradangan pada sendi, hingga obesitas. Nyeri bisa terjadi pada lutut sebelah kiri atau kanan, dan bahkan bisa terjadi di kedua bagian.

Sebagian orang mungkin hanya merasakan gejala yang ringan, namun yang lainnya bisa mengalami rasa nyeri yang luar biasa. Rasa sakit ini seringkali berupa keluhan lutut kaku, bengkak maupun sulit diluruskan. Kondisi ini pastinya membuat Anda merasa kesulitan untuk berdiri karena lutut tidak stabil dan tidak kuat menyangga tubuh.

Ada berbagai cara alami untuk mengobati sakit lutut yang bisa Anda lakukan di rumah. Namun, jika gejalanya tergolong parah maka diperlukan pengobatan medis. Nah, berikut ini adalah beberapa perawatan rumahan sederhana untuk memulihkan kembali fungsi lutut Anda.

Perawatan Sederhana Atasi Nyeri Lutut

Cara alami meredakan nyeri lutut

Kompres dengan Bantal Panas/ Dingin

Untuk meredakan lutut nyeri dan area sekitarnya, Anda bisa menggunakan kompres panas atau kompres dingin. Kompres panas dapat membantu melemaskan otot dan sendi lutut, sehingga mengurangi kekakuan pada lutut. Sedangkan, kompres dingin bisa meredakan bengkak, radang dan rasa sakit pada lutut.

Lakukan Pijatan Ringan Pada Lutut dan Area Sekitarnya

Berikan sedikit pijatan ringan dengan menggunakan minyak esensial untuk menghilangkan rasa kaku dan mengurangi nyeri pada lutut. Luruskan kedua lutut dan kaki dan mulailah memijat secara perlahan. Anda bisa mulai memijat bagian paha, lutut, lalu kembali ke paha, dan berikan sedikit tekanan.

Gunakan Bahan-bahan Alami

Anda bisa membuat ramuan sendiri dari bahan-bahan alami seperti teh yang terbuat dari jahe atau akar jahe. Cuka apel sider juga baik untuk mengurangi rasa sakit karena memiliki kandungan anti peradangan. Cuka apel  dapat meringankan sakit kronis seperti arthritis. Cobalah untuk mencampur setengah cangkir cuka apel dengan air putih dan minumlah setiap hari sebelum tidur. Cuka apel dapat membantu mengisi lubrikasi pada sendi lutut sehingga mudah bergerak.

Menurunkan Berat Badan

Kelebihan berat badan adalah salah satu faktor penyebab sakit lutut yang Anda alami. Oleh karena itu, menurunkan berat badan adalah cara yang tepat untuk mengurangi sakit pada lutut. Jika Anda mengalami obesitas, lutut mendapat tekanan yang cukup besar saat menyangga tubuh sehingga berisiko mengalami nyeri lutut. Mulailah mengatur pola makan atau rencanakan program diet agar berat badan bisa turun.

Istirahatkan Kaki dan Berikan Perlindungan Pada Lutut

Gunakan deker lutut untuk melindungi area lutut Anda ketika melakukan aktivitas. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya cedera pada lutut dan mengurangi rasa sakit saat bergerak. Anda juga harus beristirahat dengan cukup untuk mempercepat proses pemulihan. Kurangi melakukan aktivitas berat untuk sementara waktu sampai lutut kembali pulih.

Minum Obat Pereda Nyeri

Minumlah obat pereda nyeri jika lutut mulai terasa sangat sakit dan tidak nyaman.  Anda bisa meminum aspirin, parasetamol ataupun ibuprofen sebagai pilihan jenis obat penghilang nyeri. Obat-obatan ini bisa Anda beli di apotek, namun jika nyeri bertambah parah sebaiknya segera ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjiut.

Pengobatan Lainnya Jika Nyeri Bertambah Parah

Apabila Anda menderita lutut sakit dan tak kunjung sembuh, sebaiknya segera ke dokter untuk diagnosis lebih lanjut. Dokter akan memeriksa lutut yang sakut dan memberikan metode pengobatan berdasarkan faktor penyebabnya.

  • Arthroskopi

Teknologi mutakhir untuk mendiagnosis masalah sendi termasuk sendi lutut. Dokter akan membantu memperbaiki kerusakan tulang rawan, sendi hingga ligamen dengan bantuan kamera kecil dan penjepit khusus. Prosesnya cept hanya sekitar 30-60 menit dan minim risiko komplikasi.

Dengan memanfaatkan gelombang radiofrekuensi dari generator tenaga listrik, teknologi ini mampu mengatasi nyeri lutut hanya dalam waktu 15-20 menit. Radiofrekuensi ablasi adalah tindakan minimally invasive yang hanya memerlukan bius lokal dan tanpa rawat inap.

Berbagai metode pengobatan tersebut tersedia di Klinik Patella, Pusat Penanganan Nyeri Lutut. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter ahli kami di Klinik Patella atau menghubungi nomor call center Patella di 021-2237-9999.

Baca juga: Mengapa Lutut Nyeri Saat Ditekuk dan Diluruskan Saat Berolahraga?

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Book Online

Appointment Now

Jadwal Praktik


Prof. Dr. dr. Darto Satoto, SpAn, KAR

Selasa   : 10:00 - 16:00
Kamis   : 10:00 - 16:00


dr. Nelfidayani, SpKFR

Selasa   : 16:00 - 20:00
Kamis   : 16:00 - 20:00
Sabtu    : 16:00 - 20:00


dr. Rifalisanto, SpKFR

Senin    : 10:00 - 12:00
Rabu     : 10:00 - 12:00


dr. Zuhri Efendi, Sp.OT (K)

Senin    : 16:00 - Selesai
Rabu     : 16:00 - Selesai
Jumat   : 16:00 - Selesai


dr. Haekal Alaztha, Sp.N, FINA

Lamina Kartika Pulomas Hospital

Senin       : 13:00 - 15:00
Rabu        : 13:00 - 15:00

Lamina Klinik SMC

Selasa     : 13:00 - 15:00
Kamis      : 13:00 - 15:00