bahu bunyi dan sakit

Penyebab Sendi Bahu Bunyi dan Sakit

Bahu tiba-tiba bunyi dan terasa sakit ketika digerakkan? Sebaiknya hal tersebut perlu Anda waspadai karena bisa mengindikasikan masalah kesehatan tertentu. Berbagai faktor bisa menyebabkan kondisi tersebut. Berikut penjelasan selengkapnya.

Bursitis

Bursitis terjadi ketika bursa mengalami peradangan. Bursa merupakan kantung berisi cairan yang berfungsi untuk melindungi sendi dan memudahkan sendi serta soket untuk bergerak secara harmonis. Bursa yang mengalami peradangan dapat menimbulkan gejala nyeri tajam seperti tertusuk dan suara meletup ketika menggerakkan sendi. 

Robekan labrum

Labrum merupakan struktur sendi bahu yang terbuat dari tulang rawan dan dapat mengalami robekan akibat faktor usia, cedera, atau penggunaan berlebihan.  Labrum bertindak sebagai pelindung dan stabilitas sendi, serta membantu menyerap kejutan dan beban pada sendi. Robekan labrum dapat menyebabkan rasa nyeri hebat ketika menggerakkan bahu.

Fraktur

Fraktur atau patah tulang dapat terjadi akibat cedera olahraga, terjatuh atau benturan benda keras. Ketika fraktur terjadi dan nyeri hilang, bunyi berderak atau meletup dapat muncul secara permanen. Bahkan, pada gejala fraktur yang tergolong ringan, jika tidak sembuh total, maka akan terjadi sensasi meletup pada bahu.

Osteoarthritis

Kondisi ini biasanya terjadi seiring bertambahnya usia, khususnya pada lansia. Penyebabnya yaitu kerusakan pada tulang rawan akibat penggunaan terus-menerus dan degenerasi. Tulang rawan yang rusak akan membuat tulang mudah bergesekan satu sama lain, sehingga dapat menyebabkan rasa nyeri dan bunyi berderak. 

Frozen shoulder

Frozen shoulder adalah kondisi nyeri dan kaku di area bahu akibat penebalan pada kapsul pelindung karena tidak digerakkan dalam waktu lama. Keluhan ini dapat berlangsung selama beberapa bulan bahkan tahun. Kondisi ini membuat penderitanya sulit menggerakkan bahu saat beraktivitas.

Baca Juga  Ini 4 Penyebab Belakang Lutut Sakit Saat Ditekuk

Untuk mengatasi berbagai keluhan nyeri bahu tersebut, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk diagnosis yang akurat. Dokter akan melakukan sejumlah pemeriksaan, baik fisik maupun radiologis untuk memberikan penanganan yang sesuai kondisi Anda. Hubungi Assistance Center Klinik Patella di nomor 021-7919-6999 atau chat melalui whatsapp di 0811 1443 599.

Referensi:

Healthline. Why Do My Shoulders Click, Pop, Grind, and Crack?,

https://www.healthline.com/health/cracking-shoulder

Artikel ini ditinjau oleh: dr. Yuti Purnamasari

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Book Online

Appointment Now