pantangan radang sendi lutut

Hindari Beberapa Pantangan Ini untuk Penderita Radang Sendi Lutut

Radang sendi lutut, atau dalam istilah medisnya osteoarthritis, adalah salah satu masalah kesehatan yang umum dialami oleh orang berusia tua dan bahkan pada usia muda. Kondisi ini terjadi ketika tulang rawan yang melapisi sendi lutut mengalami kerusakan dan peradangan, sehingga menyebabkan rasa sakit dan keterbatasan gerak.  Untuk membantu mengelola dan mengurangi gejala radang sendi lutut, ada beberapa pantangan radang sendi lutut yang perlu diperhatikan dalam gaya hidup sehari-hari. 

Pantangan Radang Sendi Lutut

Berikut adalah beberapa pantangan penting yang harus dihindari jika Anda menderita kondisi ini:

Menahan Gerakan yang Berlebihan

Aktivitas fisik adalah bagian penting dari menjaga sendi lutut tetap sehat, tetapi aktivitas berlebihan dapat memperburuk kondisi radang sendi lutut. Hindari aktivitas yang membebani sendi lutut, seperti lari jarak jauh atau berolahraga yang memerlukan loncatan tinggi. Sebaliknya, pilih aktivitas yang lebih ringan seperti berenang, bersepeda, atau berjalan kaki untuk menjaga kebugaran tubuh Anda tanpa membebani sendi lutut.

Menambah Berat Badan Secara Berlebihan

Kelebihan berat badan adalah faktor risiko utama bagi radang sendi lutut. Semakin berat tubuh, semakin besar tekanan pada sendi lutut Anda. Kondisi ini dapat memperburuk peradangan dan merusak tulang rawan lebih lanjut. Mempertahankan berat badan yang sehat melalui diet seimbang dan olahraga adalah langkah penting dalam mengelola radang sendi lutut.

Mengabaikan Postur Tubuh yang Benar

Postur tubuh yang buruk dapat meningkatkan tekanan pada sendi lutut Anda. Cobalah untuk selalu duduk dan berdiri dengan postur yang baik, dan hindari membungkuk berlebihan atau melakukan gerakan yang membebani sendi lutut. Jika bekerja dengan laptop atau PC di atas meja, pastikan meja dan kursi sesuai dengan tinggi Anda untuk menghindari tekanan tambahan pada lutut.

Merokok dan Mengonsumsi Alkohol Berlebihan

Merokok dan mengonsumsi alkohol berlebihan adalah faktor risiko tambahan yang dapat memperburuk radang sendi lutut. Keduanya dapat menyebabkan peradangan dalam tubuh, yang dapat meningkatkan gejala radang sendi. Membatasi atau menghentikan kebiasaan merokok dan minum alkohol secara berlebihan dapat membantu mengurangi peradangan dan meredakan gejala.

Mengabaikan Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup adalah penting untuk pemulihan sendi lutut yang meradang. Jika Anda merasa lelah atau mengalami nyeri, jangan ragu untuk beristirahat dan memberi waktu bagi sendi lutut untuk pulih. Jika terlalu sering mendorong tubuh melewati batasnya, ini dapat memperburuk peradangan dan memperpanjang proses penyembuhan.

Tidak Berkonsultasi dengan Dokter

Terakhir, tetapi tidak kalah pentingnya, jangan pernah ragu untuk berkonsultasi dengan dokter atau spesialis jika Anda mengalami gejala radang sendi lutut. Mereka dapat memberikan panduan yang tepat untuk mengelola kondisi Anda, termasuk perawatan medis dan fisioterapi.

Kapan Harus Ke Dokter?

Apabila gejala nyeri akibat osteoarthritis tidak kunjung membaik, maka segeralah periksakan diri ke dokter. Selain menerapkan berbagai pantangan tersebut, dokter biasanya akan memberikan diagnosis dan pengobatan yang tepat untuk mengurangi nyeri dan peradangan. 

Selain itu, mulailah untuk menjalani gaya hidup yang sehat, seperti konsumsi makanan bernutrisi dan rutin berolahraga agar sendi lutut tetap kuat dan terjaga kesehatannya. Selalu konsultasikan dengan dokter ahli kami di Klinik Patella untuk mendapatkan panduan yang paling sesuai dengan kondisi Anda.

Anda bisa berkonsultasi dengan dokter Patella dengan menghubungi nomor 021-2237-9999, atau chat melalui whatsapp di 0811 8124 2022.

Baca juga: Manfaat Viskosuplementasi dalam Penanganan Radang Sendi Lutut

Frequently Asked Questions (FAQ)

Apa Itu Radang Sendi Lutut?

Radang sendi lutut, atau dalam istilah medisnya osteoarthritis, adalah salah satu masalah kesehatan yang umum dialami oleh orang berusia tua dan bahkan pada usia muda. Kondisi ini terjadi ketika tulang rawan yang melapisi sendi lutut mengalami kerusakan dan peradangan, sehingga menyebabkan rasa sakit dan keterbatasan gerak.

Apa Pantangan untuk Pasien Radang Sendi?

Berikut beberapa pantangan yang sebaiknya dihindari: 1. Menahan gerakan yang berlebihan 2. Menambah berat badan secara berlebihan 3. Mengabaikan postur tubuh yang benar 4. Merokok dan mengonsumsi alkohol berlebihan 5. mengabaikan istirahat yang cukup 6. Tidak berkonsultasi dengan dokter

Bagaimana Posisi Postur Tubuh yang Benar?

Cobalah untuk selalu duduk dan berdiri dengan postur yang baik, dan hindari membungkuk berlebihan atau melakukan gerakan yang membebani sendi lutut. Jika bekerja dengan laptop atau PC di atas meja, pastikan meja dan kursi sesuai dengan tinggi Anda untuk menghindari tekanan tambahan pada lutut.

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Book Online

Appointment Now

Jadwal Praktik


Prof. Dr. dr. Darto Satoto, SpAn, KAR

Selasa   : 10:00 - 16:00
Kamis   : 10:00 - 16:00


dr. Nelfidayani, SpKFR

Selasa   : 16:00 - 20:00
Kamis   : 16:00 - 20:00
Sabtu    : 16:00 - 20:00


dr. Rifalisanto, SpKFR

Senin    : 10:00 - 12:00
Rabu     : 10:00 - 12:00


dr. Zuhri Efendi, Sp.OT (K)

Senin    : 16:00 - Selesai
Rabu     : 16:00 - Selesai
Jumat   : 16:00 - Selesai


dr. Haekal Alaztha, Sp.N, FINA

Lamina Kartika Pulomas Hospital

Senin       : 13:00 - 15:00
Rabu        : 13:00 - 15:00

Lamina Klinik SMC

Selasa     : 13:00 - 15:00
Kamis      : 13:00 - 15:00