nyeri sendi lutut

Osteofit: Gejala, Penyebab dan Penanganan

Osteofit atau taji tulang, adalah pertumbuhan tulang abnormal yang terjadi di sekitar tepi sendi. Kondisi ini sering kali terjadi sebagai akibat dari kerusakan dan perubahan degeneratif pada sendi, seperti yang terjadi pada osteoarthritis. Kondisi ini dapat menyebabkan gejala yang mengganggu, termasuk nyeri, kaku, dan ketidaknyamanan saat bergerak. Namun, dengan pemahaman yang tepat tentang kondisi ini dan perawatan yang tepat, osteofit dapat tertangani dengan baik.

Mengenal Osteofit

Osteofit adalah pertumbuhan tulang yang abnormal yang terjadi sebagai respons terhadap kerusakan sendi atau proses degeneratif. Biasanya terjadi di daerah-daerah seperti pinggir sendi tulang belakang (tulang belakang), lutut, pinggul, dan sendi tangan. Osteofit dapat terbentuk sebagai upaya tubuh untuk mengkompensasi kerusakan pada sendi atau memperluas area permukaan sendi yang terlibat.

Faktor Risiko

Beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang mengembangkan osteofit termasuk:

  • Osteoarthritis: Kerusakan pada tulang rawan sendi, seperti yang terjadi pada osteoarthritis, dapat memicu pertumbuhan osteofit.
  • Usia: Risiko mengalami osteofit meningkat seiring bertambahnya usia.
  • Aktivitas fisik yang berlebihan: Cedera atau tekanan berlebih pada sendi dapat menyebabkan perkembangan osteofit.
  • Faktor genetik: Beberapa studi menunjukkan bahwa faktor genetik mungkin berperan dalam perkembangan osteofit.

Gejala yang Harus Anda Waspadai

Osteofit umumnya tidak menimbulkan gejala dan seringkali terdeteksi melalui pemeriksaan radiologi. Namun, jika osteofit berkembang cukup besar atau mengganggu struktur atau fungsi sendi, gejala-gejala berikut ini dapat muncul:

  • Nyeri: Osteofit yang menekan saraf atau jaringan sekitar dapat menyebabkan nyeri lokal pada sendi terkait.
  • Kekakuan: Osteofit yang membatasi rentang gerakan sendi dapat menyebabkan kekakuan dan ketidaknyamanan saat bergerak.
  • Pembengkakan: Jika osteofit teriritasi atau meradang, dapat menyebabkan pembengkakan di sekitar sendi.
  • Gangguan fungsi sendi: Osteofit yang signifikan dapat mempengaruhi fungsi normal sendi dan menghambat aktivitas sehari-hari.

Pengobatan

  • Pengelolaan nyeri: Penggunaan obat pereda nyeri, seperti analgesik nonsteroid (NSAID), dapat membantu mengurangi nyeri dan peradangan yang terkait dengan osteofit. Penggunaan kompres es juga dapat memberikan bantuan sementara.
  • Terapi fisik: Fisioterapi dapat membantu meningkatkan kekuatan otot di sekitar sendi dan mengurangi tekanan pada tulang dan jaringan lainnya. Latihan peningkatan fleksibilitas dan rentang gerak dapat membantu mengurangi kekakuan sendi.
  • Injeksi kortikosteroid: Dalam beberapa kasus, injeksi kortikosteroid dapat digunakan untuk mengurangi peradangan dan nyeri yang terkait dengan osteofit.
  • Pembedahan: Jika osteofit menyebabkan gejala yang parah atau mengganggu fungsi sendi secara signifikan, pembedahan mungkin diperlukan. Prosedur yang umum dilakukan meliputi pengangkatan osteofit, pembersihan sendi, atau penggantian sendi.
  • Perubahan gaya hidup: Mengelola berat badan, berolahraga secara teratur dengan latihan yang aman untuk sendi, dan menghindari aktivitas yang membebani sendi dapat membantu mengurangi risiko perkembangan osteofit.

Hal yang penting untuk anda perhatikan yaitu pengobatan osteofit harus sesuai dengan kondisi dan gejala individu. Untuk itu, segeralah berkonsultasi dengan dokter spesialis kami di Klinik Patella untuk membantu mengelola gejala dengan penanganan yang tepat.

Baca juga: Ketahui 4 Stadium Osteoarthritis dan Penanganannya

Artikel ini ditinjau oleh: dr. Yuti Purnamasari

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Book Online

Appointment Now

Jadwal Praktik


Prof. Dr. dr. Darto Satoto, SpAn, KAR

Selasa   : 10:00 - 16:00
Kamis   : 10:00 - 16:00


dr. Nelfidayani, SpKFR

Selasa   : 16:00 - 20:00
Kamis   : 16:00 - 20:00
Sabtu    : 16:00 - 20:00


dr. Rifalisanto, SpKFR

Senin    : 10:00 - 12:00
Rabu     : 10:00 - 12:00


dr. Zuhri Efendi, Sp.OT (K)

Senin    : 16:00 - Selesai
Rabu     : 16:00 - Selesai
Jumat   : 16:00 - Selesai


dr. Haekal Alaztha, Sp.N, FINA

Lamina Kartika Pulomas Hospital

Senin       : 13:00 - 15:00
Rabu        : 13:00 - 15:00

Lamina Klinik SMC

Selasa     : 13:00 - 15:00
Kamis      : 13:00 - 15:00