gejala osteoarthritis

Waspadai Gejala Osteoarthritis yang Bisa Sebabkan Nyeri Saat Berjalan

Anda mulai merasakan nyeri di sekitar lutut sampai sulit berjalan? Sebaiknya waspada ya, karena itu adalah ciri atau gejala osteoarthritis yang  bisa sangat mengganggu. Osteoarthritis (OA) merupakan bentuk arthritis yang paling umum dan biasanya mempengaruhi orang yang lebih tua, meskipun bisa juga terjadi pada orang yang berusia muda. 

Osteoarthritis terjadi ketika tulang rawan yang melapisi ujung tulang di sendi mengalami kerusakan dan aus seiring bertambahnya usia. Gejalanya dapat sangat mengganggu kehidupan sehari-hari, namun ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi rasa sakit dan meningkatkan kualitas hidup.

Gejala Osteoarthritis

Berikut ini adalah beberapa gejala osteoarthritis yang sebaiknya Anda perhatikan:

Nyeri Sendi

Munculnya rasa nyeri adalah salah satu gejala paling umum dari osteoarthritis. Nyeri ini umumnya terasa saat Anda menggerakkan sendi lutut, seperti saat berjalan atau menekuk lutut. Nyeri biasanya berkurang setelah istirahat, namun dapat kembali muncul saat sendi bergerak lagi.

Kaku dan Kekakuan Sendi

Orang dengan osteoarthritis sering mengalami kaku dan kekakuan pada sendi yang terkena. Kekakuan ini umumnya terjadi setelah periode istirahat atau tidak bergerak selama beberapa waktu. Setelah beberapa saat bergerak, kekakuan akan berkurang.

Pembengkakan Sendi

Sendi yang terkena osteoarthritis dapat menjadi bengkak dan terasa penuh atau tegang. Pembengkakan ini terjadi karena adanya peradangan di dalam sendi.

Terdengar Bunyi Sendi

Beberapa orang dengan osteoarthritis melaporkan adanya bunyi seperti “cracking” atau “popping” saat sendi digerakkan. Bunyi ini muncul karena adanya gesekan antara tulang dan kerusakan pada tulang rawan atau krepitasi.

Keterbatasan Gerakan

Osteoarthritis dapat membatasi rentang gerakan pada sendi yang terkena. Hal ini dapat membuat sulit untuk melakukan aktivitas sehari-hari seperti membungkuk, berjalan, atau mengangkat benda berat.

Penanganan Osteoarthritis

Meskipun tidak ada obat yang dapat menyembuhkan osteoarthritis secara total, ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk mengurangi gejala dan mengelola kondisi ini. Berikut adalah beberapa langkah penanganan yang umum dilakukan:

  • Pengobatan: Dokter dapat meresepkan obat pereda nyeri atau obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan pada sendi yang terkena. Terapi fisik dan olahraga teratur juga dapat membantu memperkuat otot di sekitar sendi dan meningkatkan fleksibilitas.
  • Perubahan Gaya Hidup: Menjaga berat badan yang sehat dapat mengurangi tekanan pada sendi dan mengurangi gejala osteoarthritis. Menghindari aktivitas yang berisiko tinggi cedera, seperti olahraga kontak atau aktivitas yang melibatkan beban berat pada sendi, juga dapat membantu melindungi sendi yang terkena.
  • Terapi Injeksi: Teknik pengobatan dengan suntikan seperti viskosuplementasi atau PRP bisa membantu mengatasi nyeri akibat OA dan mencegah kekambuhan penyakit. 

Untuk mengetahui seberapa parah kondisi OA Anda, sangatlah penting untuk berkonsultasi dengan dokter. Anda bisa memeriksakan diri ke Klinik Patella dan mendapatkan diagnosis serta rencana pengobatan yang tepat. Hubungi tim Assistance Center  Klinik Patella di nomor 021-2237-9999 atau chat melalui whatsapp di 0811 8124 2022.

Baca juga: 6 Fakta Tentang Osteoarthritis

Artikel ditinjau oleh: dr. Yuti Purnamasari

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Book Online

Appointment Now

Jadwal Praktik


Prof. Dr. dr. Darto Satoto, SpAn, KAR

Selasa   : 10:00 - 16:00
Kamis   : 10:00 - 16:00


dr. Nelfidayani, SpKFR

Selasa   : 16:00 - 20:00
Kamis   : 16:00 - 20:00
Sabtu    : 16:00 - 20:00


dr. Rifalisanto, SpKFR

Senin    : 10:00 - 12:00
Rabu     : 10:00 - 12:00


dr. Zuhri Efendi, Sp.OT (K)

Senin    : 16:00 - Selesai
Rabu     : 16:00 - Selesai
Jumat   : 16:00 - Selesai


dr. Haekal Alaztha, Sp.N, FINA

Lamina Kartika Pulomas Hospital

Senin       : 13:00 - 15:00
Rabu        : 13:00 - 15:00

Lamina Klinik SMC

Selasa     : 13:00 - 15:00
Kamis      : 13:00 - 15:00