Gejala Osteoartritis Lutut yang Harus di waspadai

Rekomendasi Olahraga Osteoarthritis Lutut Yang Tepat

Olahraga osteoarthritis lutut atau olahraga yang cukup aman bagi penderita osteoarthritis (OA) tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Pasalnya, jika sembarangan melakukannya bisa mengakibatkan keparahan kondisi OA.

Osteoarthritis (OA) merupakan salah satu jenis penyakit radang sendi yang tergolong kronis dan progresif. OA terjadi saat tulang rawan terkikis sehingga tidak bisa lagi melindungi dua ujung tulang saat bertemu pada persendian. Nah, salah satu penanganannya adalah dengan rutin berolahraga. Berikut adalah beberapa rekomendasi olahraga osteoarthritis yang bisa pasien OA lakukan.

Pilihan olahraga osteoarthritis lutut

Osteoarthritis paling sering terjadi pada bagian lutut yang menimbulkan rasa sakit.  Menurut Current Aging Science, olahraga sangat penting untuk memaksimalkan fungsi gerak orang dewasa penderita osteoarthritis lutut, tetapi hal ini harus dilakukan secara konsisten.

Sebelum melakukanolahraga, konsultasikan lebih dulu dengan dokter dan sudah mengantongi izinnya.  Berikut adalah beberapa olahraga untuk penderita osteoarthritis lutut yang bisa Anda lakukan.

1. Berenang

Berenang untuk membakar lebih banyak kalori. Pasalnya, air dapat membantu meringankan tubuh hingga 90% dari total berat badan.

Namun, hal tersebut sangat bergantung dari seberapa banyak tubuh terendam pada saat melakukan olahraga air. Berkurangnya beban tubuh dalam air, bisa  mengurangi beban persendian lutut tumpu. Berdasarkan Journal of Rheumatology menyebutkan berenang bisa membantu mengurangi nyeri dan kekakuan sendi terkait OA.

2. Sepeda statis

Kursi pada sepeda statis dapat membantu mengurangi beban tubuh.  Gerakan melingkar dari pedal dapat mengurangi risiko sakit lutut. Selama berolahraga jangan lupa untuk meningkatkan intensitas latihan dengan mengatur resistensi pada pedal untuk mendapatkan hasil yang maksimal

3. Jalan kaki

Berjalan kaki dengan kecepatan sesuai dengan kemampuan. Semakin cepat kamu berjalan, semakin berat pula tumpuan beban pada lutut. Jalan kaki dapat membakar kalori sama dengan kalori yang Anda bakar saat sedang jogging.  Jalan kaki relatif lebih aman karena tumpuan beban pada lutut tidak terlalu berat.

4. Latihan fleksibilitas

 Jenis latihan ini bermanfaat untuk meningkatkan mobilitas atau pergerakan sendi, mengurangi kekakuan sendi, dan mencegah jaringan sekitar sendi tegang.

Latihan ini sebenarnya relatif mudah, karena hanya perlu melakukan peregangan otot dan pergerakan sendi dengan gerakan yang masih nyaman dan tak menimbulkan rasa sakit.

 

Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter saat akan melakukan olahraga osteoarthritis lutut ini.
lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Book Online

Appointment Now

Jadwal Praktik


Prof. Dr. dr. Darto Satoto, SpAn, KAR

Selasa   : 10:00 - 16:00
Kamis   : 10:00 - 16:00


dr. Nelfidayani, SpKFR

Selasa   : 16:00 - 20:00
Kamis   : 16:00 - 20:00
Sabtu    : 16:00 - 20:00


dr. Rifalisanto, SpKFR

Senin    : 10:00 - 12:00
Rabu     : 10:00 - 12:00


dr. Zuhri Efendi, Sp.OT (K)

Senin    : 16:00 - Selesai
Rabu     : 16:00 - Selesai
Jumat   : 16:00 - Selesai


dr. Haekal Alaztha, Sp.N, FINA

Lamina Kartika Pulomas Hospital

Senin       : 13:00 - 15:00
Rabu        : 13:00 - 15:00

Lamina Klinik SMC

Selasa     : 13:00 - 15:00
Kamis      : 13:00 - 15:00