lutut sehat untuk persiapan haji

Tips Menjaga Lutut Sehat untuk Persiapan Ibadah Haji

Q: Dok, apa saja sih yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan lutut sebelum berangkat haji?

A: Sebagaimana kita tahu, ibadah haji memiliki rangkaian kegiatan yang banyak menggunakan kaki dan lutut, seperti tawaf, berlari kecil (sa’i), maupun melempar jumrah. Oleh karena itu, sangat penting untuk melatih otot-otot besar pada kaki untuk menguatkannya dan menjaga lutut tetap prima.

Q: Latihan seperti apa yang dapat menguatkan otot besar tersebut?

A: Ada beberapa olahraga atau latihan ringan yang bisa Anda lakukan untuk menguatkan lutut. Misalnya, berenang, bersepeda (baik sepeda statis atau sepeda biasa) sekitar 30-40 menit, dan latihan jenis non-weight bearing (aktivitas tanpa beban).

Q: Kalau saat melakukan ibadah sholat selama haji kemudian lutut tiba-tiba terasa sakit, bagaimana mengatasinya ya, Dok?

A: Istirahatkan lutut, jangan memaksakan gerakan yang berlebihan saat sholat. Selain itu, Anda juga bisa memodifikasi gerakan agar tidak menambah rasa sakitnya dan minumlah obat pereda nyeri. 

Q: Apakah minum obat pereda nyeri dapat membantu menyembuhkan sakit lutut?

A: Obat anti nyeri umumnya tidak menyembuhkan sakit lutut, namun hanya mengurangi rasa nyerinya saja. Untuk meminimalisir kekambuhan nyeri lutut (misalnya akibat osteoarthritis pada usia lanjut), Anda bisa  berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kami di Klinik Patella untuk mendapatkan diagnosis dan penanganan yang tepat. Hal ini bertujuan agar ibadah haji dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya masalah pada lutut. 

Q: Bagaimana kalau rasa sakitnya tidak juga hilang Dok, padahal sudah minum obat anti nyeri?

A: Terapi pengobatan lainnya mungkin diperlukan untuk mengatasi nyeri lutut kronis jika tidak merespon terhadap obat-obatan. Anda bisa melakukan fisioterapi, terapi viskosuplemen maupun terapi regeneratif untuk mengurangi rasa sakitnya. 

Q: Adakah pengobatan nyeri lutut yang efektif dan cepat meredakan nyeri?

A: Salah satu metode pengobatan terkini mengatasi nyeri lutut adalah dengan Radiofrekuensi Ablasi (RFA). RFA memiliki beberapa keunggulan yaitu sebagai tindakan minimal invasif dan bukan prosedur bedah, risiko kerusakan jaringan minimal, waktu pengerjaan relatif singkat, dan tanpa rawat inap. Dengan prosedur ini, rasa nyeri hilang dan Anda bisa kembali beraktivitas seperti biasa. 

Ditinjau oleh: dr. Rifalisanto, Sp.KFR

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Book Online

Appointment Now

Jadwal Praktik


Prof. Dr. dr. Darto Satoto, SpAn, KAR

Selasa   : 10:00 - 16:00
Kamis   : 10:00 - 16:00


dr. Nelfidayani, SpKFR

Selasa   : 16:00 - 20:00
Kamis   : 16:00 - 20:00
Sabtu    : 16:00 - 20:00


dr. Rifalisanto, SpKFR

Senin    : 10:00 - 12:00
Rabu     : 10:00 - 12:00


dr. Zuhri Efendi, Sp.OT (K)

Senin    : 16:00 - Selesai
Rabu     : 16:00 - Selesai
Jumat   : 16:00 - Selesai


dr. Haekal Alaztha, Sp.N, FINA

Lamina Kartika Pulomas Hospital

Senin       : 13:00 - 15:00
Rabu        : 13:00 - 15:00

Lamina Klinik SMC

Selasa     : 13:00 - 15:00
Kamis      : 13:00 - 15:00