Kondisi yang Memerlukan Penggunaan Deker Lutut - Patella

Kondisi yang Memerlukan Penggunaan Deker Lutut

Apakah Anda tahu fungsi dari deker lutut? Deker lutut atau knee brace adalah perangkat yang dirancang untuk memberikan dukungan dan perlindungan tambahan pada sendi lutut. Penggunaan deker pun dapat bermanfaat untuk meringankan lutut yang sakit pada penderita osteoarthritis dan pasien pasca operasi.

Fungsi Deker Lutut

Berbagai manfaat penggunaan deker lutut yang baik untuk kesehatan, antara lain:

1. Mengurangi nyeri

Deker lutut sering digunakan untuk mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh cedera atau kondisi medis seperti arthritis. Deker Lutut memberikan tekanan yang dapat meredakan nyeri dan membantu mengurangi ketidaknyamanan pada area lutut.

2. Pemulihan

Deker lutut juga dapat digunakan dalam proses pemulihan setelah cedera. Deker dapat mempercepat proses penyembuhan dengan cara memberikan kompresi ringan yang membantu mengurangi pembengkakan dan meningkatkan aliran darah ke area yang terluka.

3. Stabilisasi

Deker lutut membantu menjaga stabilitas lutut dengan memberikan dukungan tambahan. Ini penting terutama bagi orang yang memiliki masalah lutut, seperti cedera ligamen atau kelemahan otot, karena deker dapat membantu mencegah pergerakan yang tidak diinginkan atau berlebihan yang dapat menyebabkan cedera lebih lanjut.

4. Perlindungan

Deker lutut membantu melindungi lutut dari cedera. Deker dapat mengurangi dampak dari benturan atau tekanan berlebih pada lutut, yang dapat terjadi saat berolahraga, bekerja, atau beraktivitas sehari-hari.

Kondisi yang Memerlukan Penggunaan Deker Lutut

Menurut Prof.dr. Darto Satoto, SpAN (K), ada beberapa kondisi yang memerlukan penggunaan deker lutut, diantaranya:

  • Terkilir atau keseleo
  • Rematik sendi lutut
  • Osteoarthritis lutut
  • Cedera ligamen
  • Meniskus robek
  • Nyeri lutut pasca operasi
  • Pasca injeksi PRP
  • Sedang menjalani terapi fisik (fisioterapi)
Baca Juga  Lutut Bengkak Cairan Karena Menumpuk Di Dalam

Penting untuk dicatat bahwa penggunaan deker lutut harus dilakukan sesuai dengan petunjuk dokter atau profesional kesehatan, terutama jika digunakan untuk tujuan pemulihan cedera atau manajemen kondisi medis tertentu.

Bagi yang memiliki keluhan nyeri lutut dan sendi, langsung saja berkonsultasi dengan dokter spesialis kami di Klinik Patella. Dokter akan membantu memberikan diagnosis yang akurat serta penanganannya. Hubungi Assistance Center kami melalui telepon 021-2237-9999 atau chat whatsapp di nomor 0811-8124-2022. Jangan ragu untuk bertanya, karena kami selalu siap untuk membantu menjawab semua keluhan Anda.

Baca juga: Mengenal Peran Penting Dokter Nyeri Lutut di Klinik Patella

Frequently Asked Questions (FAQ)

Apa itu Deker Lutut?

Deker lutut atau knee brace adalah perangkat yang dirancang untuk memberikan dukungan dan perlindungan tambahan pada sendi lutut. Penggunaan deker pun dapat bermanfaat untuk meringankan lutut yang sakit pada penderita osteoarthritis dan pasien pasca operasi.

Apa Saja Fungsi dan Kegunaan Deker Lutut?

Beberapa manfaat penggunaan deker lutut, antara lain: 1. Mengurangi nyeri 2. Proses pemulihan setelah cedera 3. Menjaga stabilisasi lutut 4. Melindungi lutut dari cedera

Kondisi Apa yang Memerlukan Penggunaan Deker Lutut?

Beberapa kondisi yang memerlukaan penggunaan deker lutut, antara lain: terkilir atau keseleo, rematik sendi lutut, osteoarthritis lutut, cedera ligamen, meniskus robek, nyeri lutut pasca operasi, pasca injeksi PRP, sedang menjalani terapi fisik (fisioterapi)

***

Featured photo by tuiphotoengineer from Freepik

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Book Online

Appointment Now