suntikan pelumas untuk nyeri lutut

Suntikan Pelumas untuk Nyeri Sendi Lutut, Apakah Efektif?

Banyak orang, khususnya lansia atau orang lanjut usia yang sering mengeluhkan nyeri lutut. Suntikan pelumas untuk nyeri lutut juga kerap dianggap sebagai solusi pengobatan yang tepat untuk mengatasinya. Namun, benarkah suntikan tersebut efektif? 

Salah satu gangguan sendi yang sering terjadi pada lutut adalah radang sendi atau osteoarthritis lutut. Kondisi ini terjadi karena tulang rawan yang melapisi ujung tulang di sendi lutut mengalami kerusakan, menyebabkan peradangan, rasa nyeri, dan ketidaknyamanan. Pengobatan tradisional seperti obat penghilang nyeri dan terapi fisik dapat membantu mengurangi gejala, tetapi seringkali tidak memberikan pemulihan yang optimal. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, suntikan pelumas telah menjadi pilihan terapi yang semakin populer untuk osteoarthritis lutut. 

Suntikan Pelumas atau Viskosuplementasi

Suntikan pelumas, yang juga dikenal sebagai viskosuplementasi, berisi campuran senyawa seperti asam hialuronat atau hyaluronic, yang merupakan komponen alami cairan sinovial di dalam sendi lutut. Cairan sinovial ini berfungsi sebagai pelumas alami untuk sendi, memungkinkan gerakan yang halus dan tanpa rasa nyeri. Dengan menginjeksikan pelumas tambahan ke dalam sendi lutut yang terkena osteoarthritis, viskosuplemen membantu meningkatkan fungsi pelumasan alami sendi dan mendorong proses penyembuhan.

Manfaat Viskosuplementasi

Ada berbagai manfaat viskosuplementasi yang sangat baik untuk kesehatan lutut Anda, antara lain: 

Pengurangan Nyeri dan Peradangan

Salah satu manfaat utama suntikan pelumas adalah pengurangan nyeri pada lutut yang terkena osteoarthritis. Suntikan pelumas bekerja dengan meredakan peradangan dan mengurangi tekanan pada tulang rawan yang rusak. Ini dapat mengurangi rasa sakit kronis, ketidaknyamanan saat bergerak, dan pembatasan gerakan pada lutut yang terpengaruh. Dengan mengurangi nyeri, suntikan pelumas memungkinkan individu untuk lebih aktif secara fisik dan meningkatkan kualitas hidup mereka.

Peningkatan Fungsi Sendi

Suntikan pelumas juga dapat membantu meningkatkan fungsi sendi lutut yang terkena osteoarthritis. Dengan meningkatkan pelumasan alami sendi, viskosuplemen membantu mengurangi gesekan dan kekakuan yang dialami oleh individu yang mengalami kondisi ini. Hal ini dapat meningkatkan rentang gerakan sendi lutut, memungkinkan individu untuk melakukan kegiatan sehari-hari, seperti berjalan, menaiki tangga, atau berolahraga dengan lebih mudah.

Memiliki Efek Jangka Panjang

Manfaat suntikan pelumas tidak hanya bersifat sementara. Penggunaan viskosuplemen secara teratur dapat memberikan efek jangka panjang yang positif pada osteoarthritis lutut. Ini dapat meliputi pengurangan kebutuhan akan obat penghilang nyeri, penundaan atau mengurangi kebutuhan operasi penggantian sendi, dan perbaikan keseluruhan kondisi sendi lutut dalam jangka waktu yang lebih lama.

Suntikan pelumas menawarkan pendekatan yang efektif dalam pengobatan osteoarthritis lutut. Dengan meningkatkan pelumasan alami sendi, viskosuplemen membantu mengurangi nyeri, meredakan peradangan, meningkatkan fungsi sendi, dan memberikan efek jangka panjang pada kondisi sendi lutut. 

Segeralah berkonsultasi dengan dokter kami di Klinik Patella untuk diagnosis yang tepat, untuk penanganan atau terapi pengobatan yang sesuai dengan kondisi nyeri lutut Anda. 

Baca juga: Sempat Tidak Bisa Berjalan, Wanita Berusia 89 Tahun Ini Sembuh dari Nyeri Lutut

Artikel ini ditinjau oleh: dr. Yuti Purnamasari

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Book Online

Appointment Now

Jadwal Praktik


Prof. Dr. dr. Darto Satoto, SpAn, KAR

Selasa   : 10:00 - 16:00
Kamis   : 10:00 - 16:00


dr. Nelfidayani, SpKFR

Selasa   : 16:00 - 20:00
Kamis   : 16:00 - 20:00
Sabtu    : 16:00 - 20:00


dr. Rifalisanto, SpKFR

Senin    : 10:00 - 12:00
Rabu     : 10:00 - 12:00


dr. Zuhri Efendi, Sp.OT (K)

Senin    : 16:00 - Selesai
Rabu     : 16:00 - Selesai
Jumat   : 16:00 - Selesai


dr. Haekal Alaztha, Sp.N, FINA

Lamina Kartika Pulomas Hospital

Senin       : 13:00 - 15:00
Rabu        : 13:00 - 15:00

Lamina Klinik SMC

Selasa     : 13:00 - 15:00
Kamis      : 13:00 - 15:00