Pengapuran Lutut Lansia - Patella

Pengapuran Lutut Pada Lansia, Bagaimana Mengatasinya?

Seiring bertambahnya usia, kita pasti lebih rentan mengalami berbagai masalah kesehatan. Salah satunya yaitu pengapuran lutut atau yang juga dikenal sebagai osteoarthritis (OA) lutut. Kondisi ini biasanya sering menyerang usia tua atau lansia dan dapat menimbulkan sejumlah gejala. Gejalanya pun bervariasi, seperti rasa nyeri, gangguan mobilitas, dan berdampak pada kualitas hidup seseorang. Lantas, adakah cara mengatasi pengapuran lutut? Berikut penjelasannya. 

Penyebab Pengapuran Lutut pada Lansia

Pengapuran lutut terjadi ketika tulang rawan yang melapisi ujung tulang di sendi lutut mengalami kerusakan dan kehilangan elastisitasnya. Ada berbagai faktor yang bisa menyebabkan kondisi ini, antara lain:

  • Usia: Proses penuaan alami menyebabkan penurunan elastisitas dan kepadatan tulang serta tulang rawan, sehingga meningkatkan risiko osteoartritis.
  • Genetika: Riwayat keluarga dengan riwayat osteoartritis dapat meningkatkan risiko terjadinya kondisi ini pada lansia.
  • Berat Badan: Kelebihan berat badan atau obesitas dapat memberikan beban ekstra pada sendi lutut, yang akhirnya menyebabkan kerusakan pada tulang rawan.
  • Cedera atau Trauma: Cedera atau trauma pada lutut yang pernah dialami dalam kehidupan sebelumnya dapat meningkatkan risiko pengapuran lutut pada usia lanjut.
  • Aktivitas Fisik: Beban berlebihan pada lutut akibat aktivitas fisik yang berat atau tidak sesuai dengan kapasitas fisik individu dapat mempercepat kerusakan pada tulang rawan.

Apa Gejalanya? 

Gejala pengapuran lutut dapat bervariasi dari ringan hingga parah. Beberapa gejala yang umum muncul yaitu: 

  • Nyeri: Nyeri di daerah lutut saat bergerak atau beraktivitas merupakan gejala paling umum. Nyeri ini biasanya terasa semakin parah pada akhir hari atau setelah beraktivitas fisik.
  • Kekakuan: Sendi lutut terasa kaku dan sulit digerakkan, terutama setelah istirahat atau bangun tidur.
  • Pembengkakan: Sendi lutut bisa mengalami pembengkakan akibat peradangan, yang dapat membuat lutut terasa panas dan terlihat merah.
  • Suara Gemeretak: Saat bergerak, sering kali terdengar suara gemeretak atau nyeri gesekan pada sendi lutut atau krepitasi.

Penanganan dengan Injeksi PRP

Meskipun pengapuran lutut pada lansia tidak dapat disembuhkan sepenuhnya, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi gejala dan memperlambat perkembangan kondisi ini. Misalnya, dengan mengonsumsi makanan bernutrisi, menjaga berat badan, dan rutin berolahraga atau aktif secara fisik. 

Pengobatan lainnya yang efektif untuk osteoarthritis lutut yaitu dengan melakukan terapi injeksi Platelet-Rich Plasma  (PRP). 

PRP adalah sebuah terapi yang menggunakan darah dari tubuh pasien, untuk kemudian dipisahkan plasmanya. Selanjutnya, dokter akan menyuntikkan bagian yang kaya dengan trombosit (platelet) ke area yang memerlukan perbaikan atau penyembuhan, seperti lutut yang mengalami pengapuran (osteoarthritis). Terapi PRP telah digunakan dalam beberapa kondisi medis untuk membantu mempercepat proses regenerasi dan penyembuhan jaringan.

Jika Anda memiliki keluhan nyeri lutut karena osteoarthritis, maka berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter ahli kami di Klinik Patella. Dokter akan menjelaskan dan memberikan informasi yang lebih terkini mengenai perkembangan terapi PRP, serta membantu membuat keputusan yang tepat berdasarkan kondisi kesehatan Anda.

Frequently Asked Questions (FAQ)

Apa Penyebab Pengapuran Lutut pada Lansia?

Ada beberapa faktor yang bisa menjadi penyebabnya, antara lain: 1. Usia 2. Genetika 3. Berat badan 4. Cedera atau trauma 5. Aktivitas fisik

Bagaimana Gejala Pengapuran Lutut?

Gejala umum yang sering terjadi, yaitu: 1. Nyeri 2. Kekakuan 3. Pembengkakan 4. Suara Gemeretak

Bagaimana Cara Menanganinya?

Meskipun pengapuran lutut pada lansia tidak dapat disembuhkan sepenuhnya, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengurangi gejala dan memperlambat perkembangan. Misalnya, dengan mengonsumsi makanan bernutrisi, menjaga berat badan, dan rutin berolahraga atau aktif secara fisik. Pengobatan lainnya yang efektif untuk osteoarthritis lutut yaitu dengan melakukan terapi injeksi Platelet-Rich Plasma (PRP).

Baca juga: Cara Mengatasi Nyeri Lutut Kronis dengan Radiofrekuensi Ablasi

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Email

registrasi@lamina.co.id

lamina klinik

Book Online

Appointment Now

Jadwal Praktik


Prof. Dr. dr. Darto Satoto, SpAn, KAR

Selasa   : 10:00 - 16:00
Kamis   : 10:00 - 16:00


dr. Nelfidayani, SpKFR

Selasa   : 16:00 - 20:00
Kamis   : 16:00 - 20:00
Sabtu    : 16:00 - 20:00


dr. Rifalisanto, SpKFR

Senin    : 10:00 - 12:00
Rabu     : 10:00 - 12:00


dr. Zuhri Efendi, Sp.OT (K)

Senin    : 16:00 - Selesai
Rabu     : 16:00 - Selesai
Jumat   : 16:00 - Selesai


dr. Haekal Alaztha, Sp.N, FINA

Lamina Kartika Pulomas Hospital

Senin       : 13:00 - 15:00
Rabu        : 13:00 - 15:00

Lamina Klinik SMC

Selasa     : 13:00 - 15:00
Kamis      : 13:00 - 15:00