Olahraga Penyebab Cedera ACL, Yuk Ketahui Lebih Lanjut

Penyebab cedera ACL paling umum adalah karena olahraga. Baik atlet profesional maupun amatir cukup  sering mengalami cedera satu ini dan juga termasuk jenis cedera yang paling mereka takuti.  Lalu, sebenarnya apa sih cederas ACL ini? simak penjelasannya berikut ini.

Cedera ACL atau anterior cruciate ligament injury, atau cedera ligamen lutut anterior menyebabkan kerusakan atau robekan pada ligamen lutut anterior. Ligamen ini yang menghubungkan tulang paha bagian bawah, dan tulang kering untuk menjaga kestabilan lutut.  Nah, ada beberapa jenis olahraga yang bisa menjadi penyebab cedera ACL ini, salah satunya adalah sepak bola.

Menurut Fédération Internationale de Football Association (FIFA)selain cedera hamstring, ACL adalah salah satu yang berpotensi dialami oleh pesepak bola. Dalam olahraga sepak bola, cedera ini terjadi ketika ada kontak langsung seperti akibat tackel dari pemain lawan. Selain itu, juga bisa karena gerakan  yang cepat dan berhenti dengan cara tiba-tiba, atau mendarat pada posisi yang salah.

Masa penyembuhan cedera inipun  butuh waktu lama, setidaknya enam bulan hingga satu tahun. Lebih lanjut, kondisi ini  rentan untuk mengembangkan osteoarthritis pasca-trauma. Cara mengatasi kondisi ini sebenarnya  terbilang cukup sulit.

Jenis Olahraga yang Menjadi Penyebab Cedera ACL

Sepak bola bukan satu-satunya olahraga yang bisa menyebabkan cedera ACL. Namun, masih ada beberapa olahraga lainnya lho yang bisa menyebabkan kondisi ini, seperti:

  1. Bola basket
  2. Bola voli
  3. Ski
  4. Tenis
  5. Rugby
  6. Senam gimnastik

Gejala Cedera ACL

Berikut adalah beberapa gejala cedera ACL yang umum terjadi:

  • Nyeri parah pada lutut.
  • Bunyi “pop” saat cedera terjadi.
  • Sulit untuk menggerakkan dan meregangkan lutut
  • 6 jam setelah cedera alami pembengkakan lutut
  • Kesulitan untuk melanjutkan olahraga
  • Lutut tidak stabil

Faktor Risiko Pemicu Cedera ACL

1. Berjenis kelamin perempuan

2. Kegiatan olahraga tertentu

3. Tidak melakukan pemanasan dengan benar

4. Penggunaan sepatu yang tidak sesuai

5. Perlengkapan olahraga yang tidak memadai

6. Ligamen yang lemah

Untuk mendiagnosis cedera, dokter akan melakukan pemeriksaan pada lutut. Dokter juga kemungkinan akan merekomendasikan beberapa tes penunjang untuk mengetahui penyebab dan menentukan tingkat keparahan cedera.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Buncit Raya No. 34B, Kalibata, Jakarta 12760

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

Email

Email

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now