pegawai kantoran terkena radang sendi

Pegawai Kantoran Rentan Terkena Radang Sendi, Benarkah?

Bagi Anda yang bekerja sebagai pegawai kantoran sebaiknya waspada terhadap risiko tinggi terkena radang sendi. Mengapa? Ada beberapa penyebab yang dapat membuat pegawai kantoran memang cukup rentan mengalami kondisi tersebut, misalnya gaya hidup yang kurang aktif maupun posisi duduk yang tidak baik dan terlalu lama. 

Radang sendi, yang juga dikenal sebagai arthritis, merupakan kondisi yang terjadi akibat adanya peradangan pada sendi. Umumnya, gejala yang muncul dapat berupa rasa nyeri dan kaku di area sendi yang terkena. Bahkan, penderitanya juga sering merasa kesulitan untuk menggerakkan anggota tubuh tertentu. Lantas, mengapa profesi pegawai kantoran lebih berisiko mengalami radang sendi? Berikut penjelasannya. 

Ini Alasan Pegawai Kantoran Rentan Terkena Radang Sendi 

Gaya Hidup Yang Kurang Aktif

Salah satu alasan yang paling utama adalah gaya hidup yang kurang aktif. Sebagian besar pekerja kantoran menghabiskan waktu lama saat duduk bekerja atau dengan aktivitas fisik yang minim. Kurangnya bergerak dan aktivitas fisik dapat menyebabkan kekakuan pada sendi dan otot, yang pada akhirnya meningkatkan risiko radang sendi.

Posisi Duduk yang Salah

Banyak pegawai kantoran menghadapi tantangan ergonomi karena posisi duduk yang salah. Penggunaan kursi yang tidak mendukung atau posisi duduk yang buruk dapat menyebabkan tekanan berlebih pada sendi, terutama pada punggung bagian bawah, leher, dan pergelangan tangan. Tekanan yang berkepanjangan pada sendi ini dapat menimbulkan peradangan yang berujung pada radang sendi. 

Stres dan Ketegangan Emosional

Pekerjaan di kantor seringkali penuh dengan tekanan dan stres. Stres kronis dapat mempengaruhi kesehatan secara keseluruhan, termasuk kesehatan sendi. Beban stres yang berkepanjangan dapat memicu peradangan sistemik dalam tubuh, yang dapat memperburuk kondisi sendi dan meningkatkan risiko radang sendi.

Kurangnya Istirahat dan Peregangan

Pegawai kantoran seringkali terjebak dalam rutinitas yang monoton dan jarang mengambil istirahat yang cukup atau melakukan peregangan tubuh. Kekurangan istirahat dan peregangan dapat menyebabkan kekakuan pada sendi dan otot, memperburuk peradangan yang sudah ada, serta meningkatkan risiko radang sendi.

Baca juga: 4 Jenis Pekerjaan yang Bisa Meningkatkan Risiko Radang Sendi

Cara Mencegah Radang Sendi

Berikut ini adalah cara mencegah radang sendi khususnya bagi Anda yang bekerja di kantor dalam waktu yang cukup lama.

  1. Aktifkan Gaya Hidup Sehat

Penting bagi pegawai kantoran untuk mengadopsi gaya hidup yang sehat dan aktif. Melakukan olahraga teratur, seperti berjalan kaki, bersepeda, atau berenang, dapat membantu menjaga fleksibilitas sendi dan mengurangi risiko radang sendi.

  1. Posisi Duduk yang Baik

Memperbaiki ergonomi tempat kerja adalah langkah penting. Pastikan kursi dan meja yang digunakan mendukung postur tubuh yang baik. Bantalan tambahan, seperti bantalan punggung dan bantalan pergelangan tangan, juga dapat membantu mengurangi tekanan pada sendi.

  1. Peregangan dan Istirahat Secara Teratur

Mengambil istirahat dan melakukan peregangan tubuh secara teratur dapat membantu mengurangi kekakuan sendi dan mencegah peradangan. Setiap satu atau dua jam, lakukan peregangan singkat, atau ambil beberapa langkah di sekitar kantor.

Cobalah lakukan beberapa langkah pencegahan tersebut untuk mengurangi risiko terkena radang sendi. Apabila Anda mengalami gejala awal radang sendi sebaiknya langsung berkonsultasi dengan dokter spesialis kami di Klinik Patella. Dokter akan membantu mendiagnosis seberapa parah kondisinya dan membantu mengelola gejala dengan penanganan yang tepat.

Langsung saja hubungi Assistance Center Patella di nomor 021-2237-9999, atau chat melalui whatsapp di 0811 8124 2022. Anda juga bisa datang langsung ke Klinik Patella yang berlokasi di Mampang, Jakarta Selatan dan Gedung Amanyaak, Pluit. 

Semoga bermanfaat!

Artikel ini ditinjau oleh: dr. Yuti Purnamasari

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Book Online

Appointment Now

Jadwal Praktik


Prof. Dr. dr. Darto Satoto, SpAn, KAR

Selasa   : 10:00 - 16:00
Kamis   : 10:00 - 16:00


dr. Nelfidayani, SpKFR

Selasa   : 16:00 - 20:00
Kamis   : 16:00 - 20:00
Sabtu    : 16:00 - 20:00


dr. Rifalisanto, SpKFR

Senin    : 10:00 - 12:00
Rabu     : 10:00 - 12:00


dr. Zuhri Efendi, Sp.OT (K)

Senin    : 16:00 - Selesai
Rabu     : 16:00 - Selesai
Jumat   : 16:00 - Selesai


dr. Haekal Alaztha, Sp.N, FINA

Lamina Kartika Pulomas Hospital

Senin       : 13:00 - 15:00
Rabu        : 13:00 - 15:00

Lamina Klinik SMC

Selasa     : 13:00 - 15:00
Kamis      : 13:00 - 15:00