berapa lama cedera ligamen sembuh

Berapa Lama Cedera Ligamen Sembuh? Ini Penjelasannya

Tahukah Anda berapa lama biasanya cedera ligamen lutut akan sembuh? Cedera ligamen umumnya terjadi karena aktivitas berlebihan terutama pada saat berolahraga. Misalnya, bergerak dengan cepat dan berhenti secara tiba-tiba, mengubah arah gerakan secara mendadak, melompat dengan posisi kaki yang tidak pas saat mendarat, atau terkena tabrakan di area lutut. 

Ligamen merupakan jaringan ikat yang menghubungkan tulang, sendi, otot, maupun jaringan lain di sekitarnya. Fungsinya yaitu untuk membantu pergerakan dan menstabilkan sendi. Pada ligamen yang terdapat di lutut, robekan (tear) dapat menimbulkan rasa nyeri yang hebat, bengkak, kaku, hingga terbatasnya pergerakan saat beraktivitas. Oleh karena itu, penanganan secepatnya diperlukan guna menghindari robekan yang semakin parah. 

Jenis Ligamen Lutut

Ada empat jenis ligamen yang terdapat di sekeliling lutut, yaitu:

  • Anterior cruciate ligament (ACL)
  • Posterior cruciate ligament (PCL)
  • Medial collateral ligament (MCL)
  • Lateral collateral ligament (LCL)

Cedera ligamen lutut yang paling sering terjadi yakni mengenai ligamen yang berada di bagian tengah depan atau ACL. Biasanya cedera ini disebabkan oleh hantaman keras di sisi lutut ketika bermain sepak bola atau basket, berhenti mendadak, atau hiperekstensi lutut. 

Penanganan Cedera Ligamen

Dokter umumnya akan melakukan pemeriksaan fisik dan juga penunjang, seperti MRI atau arthroscopy untuk menegakkan diagnosis. 

Tindakan yang akan dokter lakukan biasanya berdasarkan besarnya robekan pada ligamen. Penanganan cedera ligamen yang tergolong ringan dapat dilakukan pengobatan konservatif, yaitu pemberian obat-obatan atau fisioterapi secara bertahap. Pada kondisi robekan yang lebih besar, maka dokter akan menyarankan tindakan operasi. 

Berapa Lama Cedera Robekan Ligamen Bisa Sembuh?

Penyembuhan cedera ligamen lutut tergantung dari lokasi ligamen pada lutut dan seberapa parah robekan terjadi. Apabila Anda mengalami ligamen yang robek lebih dari satu maka biasanya proses penyembuhan menjadi lebih lama. 

Waktu penyembuhan dapat bervariasi tergantung penanganan yang dilakukan. Jika robekan tidak terlalu besar dan tergolong ringan, maka bisa pulih dalam waktu singkat. Namun, apabila Anda menjalani tindakan operasi ligamen, proses penyembuhan akan memakan waktu lebih lama. Anda mungkin bisa kembali beraktivitas setelah satu atau tiga bulan kemudian, namun hanya melakukan aktivitas ringan saja. Apabila ingin mulai melakukan aktivitas berat yaitu sekitar enam bulan atau lebih.

Pada operasi cedera ACL, waktu penyembuhan berkisar hingga enam bulan sampai lutut Anda dapat berfungsi kembali untuk melakukan berbagai aktivitas seperti berolahraga. Namun, pada beberapa orang pemulihannya bisa lebih lama. 

Untuk membantu mempercepat proses penyembuhan pasca tindakan, Anda sebaiknya tetap berkonsultasi ke dokter. Dokter dapat memantau kondisi setelah tindakan cedera ligamen dan memberikan tatalaksana yang optimal. Selalu ingat juga untuk perbanyak berisitirahat, konsumsi makanan bergizi, dan hindari aktivitas berat. 

Baca juga: Cedera Berolahraga Sprain dan Strain, Kenali Perbedaannya

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Book Online

Appointment Now

Jadwal Praktik


Prof. Dr. dr. Darto Satoto, SpAn, KAR

Selasa   : 10:00 - 16:00
Kamis   : 10:00 - 16:00


dr. Nelfidayani, SpKFR

Selasa   : 16:00 - 20:00
Kamis   : 16:00 - 20:00
Sabtu    : 16:00 - 20:00


dr. Rifalisanto, SpKFR

Senin    : 10:00 - 12:00
Rabu     : 10:00 - 12:00


dr. Zuhri Efendi, Sp.OT (K)

Senin    : 16:00 - Selesai
Rabu     : 16:00 - Selesai
Jumat   : 16:00 - Selesai


dr. Haekal Alaztha, Sp.N, FINA

Lamina Kartika Pulomas Hospital

Senin       : 13:00 - 15:00
Rabu        : 13:00 - 15:00

Lamina Klinik SMC

Selasa     : 13:00 - 15:00
Kamis      : 13:00 - 15:00