penyebab lutut sakit di usia muda

Waspadai 4 Penyebab Lutut Sakit di Usia Muda

Kamu masih muda tapi mengalami sakit lutut? Penyebab lutut sakit di usia muda memang beragam, biasanya sering terjadi karena cedera. Masalah lutut ini bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari dan jika kamu membiarkannya maka bisa berakibat pada risiko komplikasi yang lebih parah. Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Ini penjelasannya. 

Penyebab Lutut Sakit

lutut berbunyi krek

Nyeri lutut umumnya menyerang usia lanjut akibat proses penuaan yang membuat tulang rawan semakin menipis/ terkikis. Meski demikian, kondisi ini ternyata juga banyak dialami oleh orang berusia muda karena berbagai hal, antara lain: 

Cedera

Cedera adalah penyebab paling umum dari sakit lutut. Selain itu, gaya hidup tidak sehat dan kurangnya asupan nutrisi juga menjadi pemicu lutut sakit di usia muda. Cedera biasanya terjadi saat berolahraga, seperti kurangnya pemanasan, peregangan yang berlebihan atau melakukan gerakan memutar secara mendadak. Jenis cedera yang sering dialami yaitu ligamen yang tegang atau terkilir, meniskus (bantalan sendi) robek, dan tendinitis (iritasi atau pembengkakan pada tendon). 

Sindrom patellofemoral

Kondisi ini terjadi akibat adanya ketidakseimbangan otot-otot dalam menopang sendi lutut saat bergerak. Sehingga timbul tekanan dan ketegangan pada sendi lutut yang jika dibiarkan akan mengakibatkan peradangan. Biasanya, kamu akan mengalami kekakuan atau rasa nyeri saat beraktivitas, seperti berjalan, berjongkok atau naik turun tangga. 

Osteoarthritis

Osteoarthritis merupakan radang sendi kronis yang juga menjadi pemicu sakit lutut di usia muda. Umumnya, OA menyerang usia lanjut karena pengikisan pada tulang rawan. Namun, pada usia muda kondisi ini bisa terjadi akibat aktivitas berat dan berlebihan yang menggunakan lutut dan berisiko tinggi terjadi pada penderita obesitas. OA membuat lapisan pelindung tulang rawan dalam sendi lutut menjadi lemah dan memicu peradangan. 

Obesitas

Pada kelompok usia muda yang menderita obesitas (kelebihan berat badan) sangat rentan mengalami nyeri lutut. Beban yang berlebih pada lutut akan membuatnya kesulitan menopang tubuh saat bergerak atau beraktivitas. Kondisi yang terjadi secara terus menerus dapat meningkatkan tekanan pada permukaan sendi lutut, tulang paha ataupun tulang tempurung sehingga menimbulkan rasa nyeri.

Baca juga: Masih Muda Tapi Lutut Sakit Saat Berjalan, Kenapa Ya?

Cara Mengatasi Lutut Sakit di Usia Muda

Sakit lutut dapat ditangani dengan melakukan perawatan mandiri di rumah. Misalnya, kamu bisa melakukan metode RICE (rest, ice, compress and elevate). Cobalah untuk mengistirahatkan lutut dari aktivitas fisik berat, mengompres dingin area lutut, bebat/ balut dengan perban elastis untuk membatasi pergerakan, dan meninggikan lutut untuk mengurangi peradangan. 

Untuk meredakan nyeri, kamu juga bisa minum obat pereda nyeri seperti parasetamol atau ibuprofen. 

Apabila nyeri tidak juga membaik, segera periksakan diri ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. Dokter akan memberikan diagnosis berdasarkan hasil pemeriksaan fisik dan penunjang. Dengan metode berteknologi tinggi, Klinik Patella adalah solusi terbaik untuk mengatasi semua masalah nyeri lutut dan sendi yang kamu alami. 

lamina klinik

Jl. Warung Buncit Raya No. 34, Kel. Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Adm. Jakarta Selatan, Prop. DKI Jakarta

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Email

registrasi@lamina.co.id

lamina klinik

Book Online

Appointment Now

Jadwal Praktik


Prof. Dr. dr. Darto Satoto, SpAn, KAR

Selasa   : 10:00 - 16:00
Kamis   : 10:00 - 16:00


dr. Nelfidayani, SpKFR

Selasa   : 16:00 - 20:00
Kamis   : 16:00 - 20:00
Sabtu    : 16:00 - 20:00


dr. Rifalisanto, SpKFR

Senin    : 10:00 - 12:00
Rabu     : 10:00 - 12:00


dr. Zuhri Efendi, Sp.OT (K)

Senin    : 16:00 - Selesai
Rabu     : 16:00 - Selesai
Jumat   : 16:00 - Selesai


dr. Haekal Alaztha, Sp.N, FINA

Lamina Kartika Pulomas Hospital

Senin       : 13:00 - 15:00
Rabu        : 13:00 - 15:00

Lamina Klinik SMC

Selasa     : 13:00 - 15:00
Kamis      : 13:00 - 15:00