tumit sakit - Patella

Alami Tumit Sakit, Bagaimana Mengatasinya?

Apakah tumit Anda terasa sakit sampai sulit untuk berjalan? Ada banyak hal yang  bisa memicu rasa nyeri di tumit, salah satunya adalah tendinitis achilles. Tendinitis Achilles merupakan peradangan pada tendon Achilles, tendon besar yang menghubungkan otot betis dengan tulang tumit. Kondisi ini dapat menyebabkan rasa sakit, kaku, dan pembengkakan di daerah tumit. Namun, tak perlu khawatir karena Klinik Patella memiliki metode pengobatan yang efektif untuk mengatasinya yaitu dengan injeksi intramuskular untuk mengurangi nyeri dan peradangan di area tumit.

Sekilas tentang Tumit Sakit Akibat Tendinitis Achilles

tumit sakit - Patella

Tendinitis Achilles umumnya terjadi akibat overuse atau penggunaan berlebihan pada tendon. Aktivitas fisik yang berlebihan atau perubahan mendadak dalam aktivitas fisik dapat menyebabkan ketegangan berlebih pada tendon, menyebabkan peradangan dan rasa sakit. Jika tidak tertangani dengan baik, kondisi ini dapat menjadi kronis dan mempengaruhi mobilitas penderitanya.

Peran Injeksi Intramuskular dalam Penanganan

Injeksi intramuskular (IM) adalah metode pengobatan yang melibatkan penyuntikan obat langsung ke dalam otot. Dalam konteks penanganan tendinitis Achilles, injeksi ini bertujuan untuk mengurangi peradangan, mengurangi rasa sakit, dan mempercepat proses penyembuhan. Injeksi intramuskular dapat memberikan obat langsung ke daerah yang terkena, meningkatkan efektivitas pengobatan.

Kortikosteroid adalah jenis obat anti-inflamasi yang sering digunakan dalam injeksi intramuskular. Obat ini bekerja dengan mengurangi peradangan dan meredakan rasa sakit. Namun, penggunaannya harus sesuai karena dapat memiliki efek samping, dan dosis yang tepat harus ditentukan oleh dokter.

Keuntungan dan Risiko

Keuntungan:

  • Meredakan rasa sakit: Injeksi intramuskular dapat memberikan respon cepat dalam mengurangi rasa sakit pada area yang terkena.
  • Pemulihan cepat: Penggunaan obat langsung ke area yang terkena dapat mempercepat proses penyembuhan.
  • Mengurangi peradangan: Obat anti-inflamasi yang digunakan dalam injeksi dapat membantu mengurangi peradangan.

Risiko:

  • Efek Samping: Injeksi intramuskular, terutama dengan penggunaan kortikosteroid, dapat menyebabkan efek samping seperti penipisan kulit dan peningkatan risiko infeksi.
  • Risiko Infeksi: Meskipun jarang terjadi, ada risiko infeksi pada situs injeksi.

Setelah menerima injeksi intramuskular, pasien mungkin perlu melakukan pemantauan teratur oleh profesional medis untuk memastikan efektivitas pengobatan dan memantau kemungkinan efek samping. Selain itu, tindakan pencegahan seperti istirahat yang cukup, latihan peregangan, dan modifikasi aktivitas fisik juga dapat membantu mencegah kambuhnya tendinitis Achilles.

Apabila Anda mengalami nyeri tumit yang tak kunjung membaik, segeralah periksakan diri ke Klinik Patella. Dokter akan membantu mendiagnosa kondisi tumit Anda dan mengelola gejala dengan pengobatan yang sesuai.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi tim Assistance Center Patella di nomor 021-2237-9999 atau chat melalui whatsapp di 0811 8124 2022.

Baca juga: Mengenal Tendinitis Achilles dan Penanganannya

Frequently Asked Questions (FAQ)

Apa Penyebab Tendinitis Achille?

Tendinitis Achilles umumnya terjadi akibat overuse atau penggunaan berlebihan pada tendon. Aktivitas fisik yang berlebihan atau perubahan mendadak dalam aktivitas fisik dapat menyebabkan ketegangan berlebih pada tendon, menyebabkan peradangan dan rasa sakit.

Apa Itu Injeksi Intramuskular (IM)?

Injeksi intramuskular (IM) adalah metode pengobatan yang melibatkan penyuntikan obat langsung ke dalam otot. Dalam konteks penanganan tendinitis Achilles, injeksi ini bertujuan untuk mengurangi peradangan, mengurangi rasa sakit, dan mempercepat proses penyembuhan.

Apa Kelebihan Injeksi Intramuskular (IM)?

Beberapa kelebihannya meliputi: 1. Meredakan raa sakit 2. Pemulihan cepat 3. Mengurangi peradangan

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Email

registrasi@lamina.co.id

lamina klinik

Book Online

Appointment Now

Jadwal Praktik


Prof. Dr. dr. Darto Satoto, SpAn, KAR

Selasa   : 10:00 - 16:00
Kamis   : 10:00 - 16:00


dr. Nelfidayani, SpKFR

Selasa   : 16:00 - 20:00
Kamis   : 16:00 - 20:00
Sabtu    : 16:00 - 20:00


dr. Rifalisanto, SpKFR

Senin    : 10:00 - 12:00
Rabu     : 10:00 - 12:00


dr. Zuhri Efendi, Sp.OT (K)

Senin    : 16:00 - Selesai
Rabu     : 16:00 - Selesai
Jumat   : 16:00 - Selesai


dr. Haekal Alaztha, Sp.N, FINA

Lamina Kartika Pulomas Hospital

Senin       : 13:00 - 15:00
Rabu        : 13:00 - 15:00

Lamina Klinik SMC

Selasa     : 13:00 - 15:00
Kamis      : 13:00 - 15:00