telapak kaki sakit saat berjalan

Plantar Fasciitis: Penyebab Telapak Kaki Sakit Saat Berjalan

Telapak kaki yang sakit saat berjalan tak hanya menghambat mobilitas, tapi juga bisa menimbulkan ketidaknyamanan dalam aktivitas harian yang Anda lakukan. Kondisi ini memang umum terjadi pada kaki yang mengalami plantar fasciitis. Penyebab utamanya yaitu peradangan pada plantar fascia yang menghubungkan tumit dengan jari kaki. 

Penyebab Plantar Fasciitis

Berikut ini adalah berbagai penyebab plantar fasciitis yang sebaiknya diwaspadai, antara lain: 

Aktivitas Berlebihan

Plantar fasciitis sering kali terjadi karena aktivitas berlebihan, terutama pada mereka yang terlibat dalam olahraga atau pekerjaan yang memerlukan banyak berdiri atau berjalan. Latihan intens, terutama jika dilakukan tanpa pemanasan yang memadai atau tanpa sepatu yang tepat, dapat meningkatkan risiko peradangan pada plantar fascia.

Pemilihan Sepatu yang Salah

Sepatu yang tidak memberikan dukungan yang cukup atau sepatu dengan desain yang buruk dapat menyebabkan tekanan berlebih pada plantar fascia. Penggunaan sepatu yang tidak sesuai dengan bentuk kaki atau sol sepatu yang sudah aus dapat menjadi pemicu plantar fasciitis. 

Berat Badan Berlebihan

Kelebihan berat badan dapat menambah tekanan pada kaki, termasuk plantar fascia. Ini dapat memperburuk kondisi dan meningkatkan risiko terkena plantar fasciitis.

Ketidakseimbangan Otot Kaki

Ketidakseimbangan otot di sekitar kaki, terutama otot betis dan otot kaki bagian bawah, dapat menyebabkan ketegangan ekstra pada plantar fascia. Kurangnya fleksibilitas otot-otot ini dapat memengaruhi distribusi berat badan secara tidak merata pada kaki.

Usia dan Kondisi Medis

Penuaan dapat mengakibatkan penurunan elastisitas alami pada plantar fascia, meningkatkan risiko peradangan. Beberapa kondisi medis, seperti arthritis atau diabetes, juga dapat meningkatkan risiko plantar fasciitis.

Gejala Plantar Fasciitis

Gejala utama plantar fasciitis melibatkan rasa sakit atau ketidaknyamanan pada telapak kaki, terutama di bagian tumit atau dekat jari kaki. Rasa sakit ini dapat terasa tajam saat pertama kali bangun dari tidur atau setelah istirahat, dan bisa memburuk saat berjalan atau berdiri lama. 

Cara Mengatasi Plantar Fasciitis 

Plantar fasciitis dapat diatasi salah satunya dengan penggunaan injeksi steroid. Steroid yang umumnya digunakan adalah kortikosteroid, yang bekerja dengan cara mengurangi peradangan dan meredakan gejala nyeri. Proses ini membantu memulihkan fungsi normal plantar fascia dan mengurangi ketidaknyamanan yang dialami oleh penderita.

Apabila Anda memiliki keluhan nyeri di bagian telapak kaki, maka segeralah berkonsultasi dengan dokter spesialis kami di Klinik Patella. Dokter akan membantu mendiagnosis penyakit dan menentukan metode pengobatan yang sesuai. 

Untuk membuat janji konsultasi dengan dokter di Klinik Patella, silahkan chat kami ke nomor Whatsapp 0811 8124 2022. 

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Email

registrasi@lamina.co.id

lamina klinik

Book Online

Appointment Now

Jadwal Praktik


Prof. Dr. dr. Darto Satoto, SpAn, KAR

Selasa   : 10:00 - 16:00
Kamis   : 10:00 - 16:00


dr. Nelfidayani, SpKFR

Selasa   : 16:00 - 20:00
Kamis   : 16:00 - 20:00
Sabtu    : 16:00 - 20:00


dr. Rifalisanto, SpKFR

Senin    : 10:00 - 12:00
Rabu     : 10:00 - 12:00


dr. Zuhri Efendi, Sp.OT (K)

Senin    : 16:00 - Selesai
Rabu     : 16:00 - Selesai
Jumat   : 16:00 - Selesai


dr. Haekal Alaztha, Sp.N, FINA

Lamina Kartika Pulomas Hospital

Senin       : 13:00 - 15:00
Rabu        : 13:00 - 15:00

Lamina Klinik SMC

Selasa     : 13:00 - 15:00
Kamis      : 13:00 - 15:00