telapak kaki sakit saat berjalan - Klinik Patella

Kenali Penyebab Telapak Kaki Sakit Saat Berjalan dan Penanganannya

Beberapa orang mungkin merasakan telapak kaki yang sakit saat berjalan, tapi menganggapnya hal yang sepele. Padahal, kondisi ini bisa saja menandakan gejala penyakit yang lebih serius. Rasa nyeri yang muncul tentu bisa mengganggu aktivitas dan mobilitas yang dilakukan sehari-hari. Lalu, apa saja penyebabnya dan adakah cara untuk mengatasinya? Berikut penjelasannya. 

Penyebab Telapak Kaki Sakit Saat Berjalan

Photo by mkitina4 from Freepik

Ada berbagai hal yang dapat menyebabkan telapak kaki sakit saat berjalan, yaitu: 

Plantar Fasciitis

Kondisi ini terjadi ketika jaringan ikat yang disebut plantar fascia mengalami peradangan. Gejalanya bisa berupa rasa sakit tajam di tumit atau sepanjang lengkung kaki, terutama saat bangun tidur atau setelah berdiri lama.Penyebabnya yaitu aktivitas fisik yang berlebihan, berat badan berlebih, atau penggunaan alas kaki yang tidak mendukung.

Flat Feet (Kaki Datar)

Kondisi di mana lengkung kaki rata, menyebabkan seluruh telapak kaki menyentuh tanah saat berdiri.Gejala yang muncul yaitu rasa sakit di bagian tengah kaki atau tumit, terutama setelah berdiri atau berjalan lama. Flat feet bisa disebabkan oleh faktor genetik, cedera, atau usia.

Osteoarthritis

Radang sendi kronis yang terjadi akibat penipisan tulang rawan karena faktor degeneratif. Kondisi ini dapat menimbulkan rasa nyeri di bagian sendi kaki dan kekakuan hingga pembengkakan. 

Bunion

Pembengkakan tulang di pangkal jempol kaki yang menyebabkan deformitas. Gejalanya yaitu nyeri dan pembengkakan di sekitar jempol kaki, terutama saat memakai sepatu. Penyebabnya antara lain karena faktor genetik, pemakaian sepatu yang terlalu sempit, atau arthritis.

Baca Juga  Apa Obat Sakit Lutut Terbaik? Di Sini Jawabannya!

Bursitis

Bursitis adalah peradangan pada bursa, yaitu kantong kecil berisi cairan yang terletak di antara tulang dan jaringan lunak seperti otot, tendon, atau kulit. Bursa berfungsi untuk mengurangi gesekan dan memungkinkan pergerakan yang lebih lancar pada sendi. Gejala yang biasanya muncul yaitu nyeri, pembengkakan, kemerahan hingga kesulitan menggerakkan kaki. 

Penanganan Telapak Kaki Sakit

Berikut ini adalah beberapa pilihan pengobatan untuk telapak kaki yang sakit, antara lain: 

  1. Istirahatkan kaki yang sakit dan gunakan kompres es untuk mengurangi peradangan dan rasa sakit.
  2. Pilih sepatu dengan bantalan yang baik, dukungan lengkung yang memadai, dan ruang yang cukup untuk jari-jari kaki. Misalnya, sepatu olahraga, sepatu ortopedi.
  3. Lakukan peregangan plantar fascia, betis, maupun Achilles tendon.
  4. Latihan penguatan untuk otot-otot kaki dan pergelangan kaki, seperti mengangkat jari kaki atau menggulung bola tenis dengan kaki.
  5. Gunakan alat bantu seperti sol dalam khusus yang ditempatkan di dalam sepatu untuk memberikan dukungan tambahan. Tujuannya mengurangi tekanan pada area yang sakit dan memperbaiki posisi kaki.
  6. Konsumsi obat ibuprofen atau naproxen. Tujuannya yaitu untuk mengurangi peradangan dan rasa sakit.
  7. Fisioterapi dengan menggunakan terapi manual, teknik ultrasound, atau terapi laser. Tujuannya yaitu untuk mengurangi rasa sakit, meningkatkan mobilitas, dan mempercepat penyembuhan.
  8. Terapi pengobatan lain jika metode sebelumnya tidak efektif, misalnya dengan injeksi PRP, Viskosuplementasi, atau Radiofrekuensi Ablasi.

Telapak kaki yang sakit saat berjalan dapat disebabkan oleh berbagai kondisi, dari plantar fasciitis hingga bunion. Anda sebaiknya mengenali gejala awal dan mengambil tindakan segera untuk mencegah kondisi menjadi lebih parah.

Dengan penanganan yang tepat, rasa sakit pada telapak kaki dapat diatasi, memungkinkan Anda untuk kembali beraktivitas dengan nyaman dan tanpa rasa sakit. Jika Anda mengalami keluhan yang berkepanjangan, konsultasikan dengan dokter spesialis kami di Klinik Patella untuk mendapatkan diagnosis dan penanganan yang sesuai.

Baca Juga  Kenapa Kaki Sering Kesemutan Sebelah, Ini Jawabannya

Silakan buat janji konsultasi dengan dokter melalui chat di nomor whatsapp 0811-8124-2022. Anda juga bisa datang langsung ke klinik Patella yang berlokasi di Mampang, Jakarta Selatan. 

Baca juga: Lutut Anda Sakit Setelah Jongkok? Perhatikan Hal-hal Berikut Ini

Frequently Asked Question (FAQ)

Apa penyebab telapak kaki sakit saat berjalan?

Ada berbagai faktor yang dapat menyebabkan telapak kaki sakit saat berjalan, yaitu plantar fasciitis, flat feet, osteoarthritis, bunion, bursitis.

Bagaimana mengatasi telapak kaki yang sakit?

Telapak kaki yang sakit dapat diatasi dengan beberapa cara, seperti mengistirahatkan kaki, mengompres dingin atau hangat bagian kaki yang sakit, minum obat pereda nyeri, melakukan latihan peregangan dan penguatan, serta menggunakan alat bantu untuk kaki saat menggerakkannya.

Apakah ada terapi pengobatan khusus untuk mengatasi telapak kaki sakit selain perawatan mandiri?

Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Dokter akan merekomendasikan beberapa terapi tergantung tingkat keparahannya, seperti viskosuplementasi, injeksi PRP atau radiofrekuensi ablasi.

***

Feature photo by zynkevych from Freepik

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Book Online

Appointment Now