telapak kaki panas

Telapak Kaki Panas Seperti Terbakar, Apa Penyebabnya?

Telapak kaki panas seperti terbakar, jika Anda pernah mengalaminya kemungkinan Anda mengalami gangguan fungsi saraf terpi atau neuropati perifer.

Penyebab telapak kaki yang terasa panas bisa bervariasi dari ringan hingga yang berat. Telapak kaki panas juga bisa disebabkan oleh banyaknya aktivitas atau penggunaan alas kaki yang kurang nyaman. Jika Ini penyebabnya, maka bisa teratasi dengan istirahat yang cukup.

Namun, jika kondisi ini penyebabnya karena kondisi kesehatan tertentu, seperti diabetes  maka perlu medapatkan penanganan medis sesuai dengan kondisi.

Penyebab Telapak Kaki Panas

Pasien neuropati perifer, mengalami syaraf tepi yang rusak cenderung menjadi lebih aktif. Sehingga mengirimkan sinyal yang salah ke otak, yaitu rasa nyeri padahal sumber nyeri tersebut sebenarnya tidak ada. Kondisi ini kemudian membuat saraf jadi terlalu sensitif terhadap sentuhan.

Jika hal ini terjadi pada saraf kaki, maka akan muncul  keluhan, seperti  nyeri. Namun, keluhan akibat neuropati perifer berbeda-beda. Ada yang mengalami keluhan ringan, ada juga yang bisa merasakan  panas terbakar. Selain itu, ada juga yang merasakan kesemutan. Jika syaraf telah benar-benar rusak, maka pasien akan  mengalami mati rasa.

Tingkat Keparahan Neuropati Perifer

Neuropati perifer dapat dibagi berdasarkan tingkat keparahan:

  • Mononeuropati

Kerusakan saraf tepi tunggal. Kondisi ini terjadi karena mengalami cedera, sering melakukan gerakan yang sama secara berulang dan/ atau, menahan posisi yang sama dalam waktu yang panjang.

  • Polineuropati

Kerusakan saraf pada beberapa saraf tepi dalam waktu bersamaan. Penderita polineuropati kerap merasakan keluhan pada bagian kaki.

Penyebabnya adalah kekurangan vitamin B, kanker, dan konsumsi minuman beralkohol berlebihan dalam jangka waktu lama.

Mengenali Gejala Neuropati Perifer

Untuk memastikan bila telapak kaki panas yang Anda alami akibat neuropati perifer, cobalah memperhatika gejala lainnya dari neuropati perifer tersebut, misalnya:

  • Kaki terasa seperti terbungkus atau seperti sedang menggunakan kaus kaki.
  • Kaki terasa berat dan lemah saat akan Anda gerakkan,
  • Permukaan kaki mengalaminyeri mendadak
  • Telapak kaki  sakit seperti  tertusuk
  • Keringat berlebihan

Cobalah untuk selalu menjaga pola gaya hidup yang sehat dengan rutin olahraga dan gunakan alas kaki yang nyaman untuk menghindari penyakit yang bisa menyebabkan neuropati perifer. Jika Anda mengalami gejala yang telah disebutkan atau Anda merasa khawatir dengan kondisi Anda,  segera memeriksakan diri ke dokter.

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Book Online

Appointment Now

Jadwal Praktik


Prof. Dr. dr. Darto Satoto, SpAn, KAR

Selasa   : 10:00 - 16:00
Kamis   : 10:00 - 16:00


dr. Nelfidayani, SpKFR

Selasa   : 16:00 - 20:00
Kamis   : 16:00 - 20:00
Sabtu    : 16:00 - 20:00


dr. Rifalisanto, SpKFR

Senin    : 10:00 - 12:00
Rabu     : 10:00 - 12:00


dr. Zuhri Efendi, Sp.OT (K)

Senin    : 16:00 - Selesai
Rabu     : 16:00 - Selesai
Jumat   : 16:00 - Selesai


dr. Haekal Alaztha, Sp.N, FINA

Lamina Kartika Pulomas Hospital

Senin       : 13:00 - 15:00
Rabu        : 13:00 - 15:00

Lamina Klinik SMC

Selasa     : 13:00 - 15:00
Kamis      : 13:00 - 15:00