sakit lutut sembuh dengan jahe

Sakit Lutut Sembuh Dengan Jahe, Mitos atau Fakta?

Jahe memang memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Namun, tahukah Anda jika sakit lutut ternyata bisa sembuh dengan mengonsumsi jahe? Tanaman herbal yang satu ini dipercaya sebagai obat antiinflamasi alami yang dapat mengurangi rasa nyeri dan peradangan akibat sakit lutut. Tapi, benarkah kondisi ini bisa sembuh total dengan rutin minum jahe? Berikut penjelasannya. 

Khasiat Jahe

Selain digunakan sebagai bumbu dapur, jahe juga bermanfaat untuk menghangatkan badan saat cuaca dingin. Khasiat lain dari jahe yaitu untuk membantu mengatasi nyeri sendi dan otot karena kondisi tertentu, seperti rheumatoid arthritis, osteoarthritis, cedera lutut, ataupun bursitis. 

Studi oleh Dr. Krishna C. Srivastava dari Odense University, Denmark: Jahe terbukti bermanfaat untuk mengurangi rasa nyeri, kaku, dan bengkak pada sendi.

Bahkan, dari penelitian tersebut juga mengungkapkan bahwa jahe lebih ampuh daripada obat antiinflamasi non steroid yang sering digunakan untuk mengatasi nyeri otot dan sendi. 

Bahan rempah satu ini ternyata juga dapat menghalangi pembentukan senyawa peradangan, seperti prostaglandin dan leukotriene. Selain itu, jahe juga memiliki efek antioksidan yang berguna untuk memecah keasaman dan peradangan pada cairan sendi. 

Mitos atau Fakta Jahe Sembuhkan Sakit Lutut?

jangan sepelekan pengapuran sendi

Dengan beragam khasiat dari jahe tadi, Anda mungkin yakin jika sakit lutut bisa sembuh dengan konsumsi jahe. Namun, kondisi nyeri lutut akibat radang sendi kronis tidak bisa menghilangkan rasa sakitnya dengan tuntas. 

Faktanya, jahe hanya dapat meredakan atau mengurangi nyeri dan peradangan. Efeknya pun mungkin tidak bertahan lama dan hanya sebentar. Ketika Anda tidak mengonsumsinya, maka rasa sakitnya bisa kambuh atau muncul kembali. 

Pengobatan Nyeri Lutut yang Lebih Efektif 

Ketika obat-obatan alami tidak berdampak apapun pada kesembuhan Anda, maka segeralah periksakan diri ke dokter. Untuk mengatasi nyeri lutut yang sudah kronis, Klinik Patella adalah solusi yang tepat. 

Klinik Patella memiliki dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi yang akan membantu anda dalam mengelola gejala dan penanganan yang tepat untuk sakit lutut. Dengan berbagai metode pengobatan terkini, nyeri lutut dapat teratasi dengan baik. 

Salah satu terapi yang sangat efektif untuk  mengatasi nyeri lutut yaitu dengan radiofrekuensi ablasi. 

Radiofrekuensi ablasi (RFA) merupakan tindakan minimal invasif dengan mengaplikasikan medan listrik thermal melalui jarum dan diberikan pada saraf yang berada dekat dengan sendi. Tujuannya yaitu untuk memblok sinyal nyeri ke otak agar menghilangkan rasa sakit pada lutut.

Prosedur RFA memiliki banyak keunggulan, seperti waktu tindakan singkat hanya sekitar 15 menit, tidak merusak jaringan di sekitarnya, risiko perdarahan minimal, dapat mengurangi ketergantungan obat, dan tanpa rawat inap. Setelah tindakan, Anda bisa langsung pulang ke rumah dan beraktivitas seperti biasa. 

Untuk informasi lebih lanjut, segera hubungi Assistance Center kami di Klinik Patella atau bisa juga chat melalui whatsapp. Silakan klik tombol di bawah untuk terhubung langsung dengan kami. 

Semoga ulasan ini bermanfaat!

Artikel ini telah ditinjau oleh: dr. Rifalisanto, Sp.KFR (Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi di Klinik Patella)

lamina klinik

Jl. Warung Buncit Raya No. 34, Kel. Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Adm. Jakarta Selatan, Prop. DKI Jakarta

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Email

registrasi@lamina.co.id

lamina klinik

Book Online

Appointment Now

Jadwal Praktik


Prof. Dr. dr. Darto Satoto, SpAn, KAR

Selasa   : 10:00 - 16:00
Kamis   : 10:00 - 16:00


dr. Nelfidayani, SpKFR

Selasa   : 16:00 - 20:00
Kamis   : 16:00 - 20:00
Sabtu    : 16:00 - 20:00


dr. Rifalisanto, SpKFR

Senin    : 10:00 - 12:00
Rabu     : 10:00 - 12:00


dr. Zuhri Efendi, Sp.OT (K)

Senin    : 16:00 - Selesai
Rabu     : 16:00 - Selesai
Jumat   : 16:00 - Selesai


dr. Haekal Alaztha, Sp.N, FINA

Lamina Kartika Pulomas Hospital

Senin       : 13:00 - 15:00
Rabu        : 13:00 - 15:00

Lamina Klinik SMC

Selasa     : 13:00 - 15:00
Kamis      : 13:00 - 15:00