sakit lutut kiri kanan

Sakit Lutut Kanan, Penyebab Dan Terapinya Apa?

Sakit pada lutut bagian kiri dan kanan tentu membuat Anda tak nyaman lagi bergerak saat bekerja. Sakit lutut kanan atau nyeri pada kedua lutut, ternyata penyebabnya sangat beragam.

Yuk simak apa saja penyebab sakit pada lutut kanan Anda. Untuk selanjutnya dilakukan terapi awal atau terapi lebih lanjut di dokter atau klinik khusus yang menangani masalah lutut.

Penyebab 1: Pengapuran (osteoartritis/OA)

Pengapuran lutut sering menyebabkan sakit atau nyeri pada lutut kiri kanan.

Tulang memiliki lapisan halus yaitu tulang rawan (kartilago) yang membantu tulang bergerak bebas setiap kali Anda berakitivitas. Pada kasus pengapuran, jaringan kartilago ini menipis dan berubah menjadi lebih kasar sehingga lutut sulit bergerak bebas.

Karena pengapuran ini merupakan proses menipisnya tulang, pengapuran lutut dapat menyebabkan nyeri yang memburuk dengan aktivitas dan berkurang saat Anda duduk atau berbaring.

Kekakuan otot juga sering terjadi saat Anda bangun tidur. Terkadang juga, sendi membengkak dan berbunyi menyertai kondisi ini.

2: Trauma atau cedera penyebab sakit lutut kanan

Salah satu penyebab sakit lutut kiri kanan yang cukup serius adalah cedera pada kaki. Saat hal ini terjadi, salah satu tulang penyusun sendi lutut (tibia, fibula, dan tempurung lutut) dalam keadaan terpapar daya dorong yang keras sehingga mengakibatkan fraktur atau patah.

Biasanya kecelakaan kendaraan bermotor atau jatuh dari ketinggian dapat menyebabkan patah pada kedua kaki atau lutut.

Cedera traumatis pada lutut terjadi secara tiba-tiba dan biasanya disertai nyeri yang signifikan dan menyebabkan memar. Seringkali, cedera ini menyebabkan Anda sulit menggerakkan, menekuk maupun meluruskan lutut menjadi sulit. Anda mungkin juga tidak dapat berdiri akibat nyeri atau struktur penyusun lutut menjadi tidak stabil. Kondisi ini membutuhkan perhatian medis segera.

3: Patellofemoral pain syndrome (PFPS) penyebab sakit lutut kanan

Penyebab sakit lutut bilateral atau sakit lutut kiri kanan lainnya adalah sindrom nyeri patellofemoral (PFPS). Kondisi ini, biasanya menyebabkan nyeri depan lutut yang memburuk dengan gerakan jongkok atau menekuk lutut saat berdiri. Aktivitas lain, seperti turun tangga atau duduk juga dapat memperburuk sakit lutut kiri kanan.

Meskipun gejala PFPS bisa mirip dengan pengapuran, kondisi ini biasanya terlihat pada remaja dan usia kurang dari 60 tahun.

Sakit lutut kiri kanan akibat PFPS dapat tertangani oleh istirahat, obat antiinflamasi nonnyeri, dan terapi fisik rehabilitasi medik yang berfokus pada peningkatan kekuatan kaki dan otot-otot intinya.

Penyebab 4: Robekan meniskus

Meniskus merupakan lapisan tulang rawan yang melekat dan melapisi pada tulang kering (tibia) yang membantu menyerap beban tekanan pada lutut.

Sementara banyak robekan meniskus terjadi secara traumatis saat lutut terkilir saat kaki diam atau terkilir saat kaki bergerak maka gejala timbul secara bertahap.

Seiring bertambahnya usia, meniskus kehilangan kelenturannya dan berkurang fungsinya. Robekan degeneratif ini dapat menyebabkan nyeri lutut pada bagian dalam atau luar sendi. Sakit biasanya muncul saat melakukan aktivitas yang berulang, seperti jongkok, naik tangga, atau berjalan.

Selain itu, robekan meniskus kiri kanan (bilateral) menyebabkan Anda sulit meluruskan secara penuh dan juga bengkak. Robekan meniskus berhasil tuntas dengan terapi fisik dan penguatan otot. Namun kadangkala membutuhkan penanganan lanjutan.

Penyebab 5: Iliotibial band syndrome (ITBS)

Iliotibial band (ITB) adalah sebuah struktur tebal seperti tendon yang terbentang dari samping panggul sampai ke lutut bagian sisi luar. ITB ini terutama berperan dalam gerakan meluruskan lutut, menggerakkan pinggul ke samping dan menstabilkan tungkai saat berlari.

Penggunaan tendon ini secara berlebihan (overuse) akan menyebabkan nyeri terutama pada daerah samping pinggul atau samping luar lutut yang dinamakan sebagai Iliotibial Band Syndrome (ITBS).

ITBS sering dialami oleh pelari jarak jauh dan pesepeda. Kondisi ini seringkali berhubungan dengan teknik berlari yang salah, pemilihan sepatu yang salah, otot-otot yang kurang lentur atau lemah, atau kombinasi semua faktor tersebut.

Gejalanya sakit atau nyeri pada samping luar lutut terutama saat berjalan menuruni tangga. Lari akan memperburuk nyati terutama saat berlari pada permukaan atau dataran yang menurun. Gejala lainnya yang mungkin timbul adalah rasa sakit saat Anda mencoba meluruskan atau menekuk lutut, serta sulit menggerakkan pinggul ke samping.

Penyebab 6: Pes anserinus bursitis

Penggunaan lutut secara lainnya yang dapat menyebabkan sakit lutut kiri kanan atau bilateral adalah pes anserinus bursitis. Kondisi ini terjadi ketika bursa (kantung berisi cairan yang berfungsi meredam gesekan antara otot dan tulang) pada bagian dalam lutut meradang akibat gesekan berulang.

Kondisi ini menyebabkan sakit atau nyeri pada bagian dalam sisi lutut dan seringkali dialami oleh pengendara motor dan pelari atau penggemar atletik.

Pes anserinus bursitis juga dapat menyebabkan nyeri saat menaiki tangga dan berolahraga. Penanganannya bisa berupa istirahat, kompres es, obat nyeri antiinflamasi, dan kadang-kadang memerlukan program terapi fisik, atau injeksi steroid ke area yang nyeri.

Penyebab 7: Penyakit Osgood-Schlatter

Penyakit ini juga merupakan penyebab tersering sakit lutut kiri kanan. Biasanya muncul pada usia pubertas saat tulang masih tumbuh dan penyebabnya adalah akibat gerakan berulang yang menarik tendon lutut secara berlebihah dari tempat melekatnya pada tulang kering (tibia).

Olahraga yang memerlukan gerakan melompat dan membungkuk, misalnya hoki, basket, voli, sepak bola, senam, dapat memperbesar risiko mengalami penyakit ini.

Penyebab Sakit Lutut Kanan Lain

  1. Bergesernya tempurung lutut (dislokasi) lutut
    Cedera baik oleh jatuh, kecelakaan kendaraan bermotor ataupun cedera olahraga dapat menyebabkan tulang penyusun sendi lutut bergeser dari lokasi normalnya. Dislokasi menyebabkan nyeri dan bengkak sehingga tidak dapat berdiri dan menggerakkan kakinya secara normal. Kondisi ini memerlukan perhatian medis secepatnya.
  2. Gout
    Menumpuknya asam urat berupa kristal pada sendi-sendi – pada lutut – dapat menyebabkan sakit lutut kiri kanan atau nyeri lutut bilateral. Rasa hangat, kemerahan dan bengkak pada lutut dapat menyertai nyeri. Biasanya kristal ini menumpuk pada sendi ibu jari kaki, namun sendi lutut juga bisa juga terkena. Untuk mencegah terjadinya penumpukan, kurangi makanan yang mengandung tinggi asam urat, misalnya kepiting, lobster, jeroan.

Atasi Tanpa Operasi

Penanganan sakit lutut tidak seperti dulu lagi, yang perlu tindakan operasi. Bagi Anda yang merasa khawatir hal itu, kini tidak perlu lagi.

Teknologi penanganan nyeri sudah sangat berkembang. Untuk nyeri atau sakit pada lutut, Klinik Patella memiliki berbagai metode yang dapat dilakukan tanpa operasi dan tanpa rawat inap, yaitu:

  • Radiofrekuensi ablasi (RFA)
  • Injeksi asam hyaluronat (viscosuplementasi)
  • Platelet-Rich Plasma (PRP) secara injeksi
  • Injeksi steroid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Buncit Raya No. 34B, Kalibata, Jakarta 12760

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

Email

Email

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now