Sakit Leher dan Pundak Sebelah Kanan - Patella

Sakit Leher dan Pundak Sebelah Kanan, Apa Penyebabnya?

Anda mungkin pernah merasakan sakit leher dan pundak sebelah kanan, namun tidak tahu apa penyebabnya. Terkadang rasa sakitnya semakin parah hingga menjalar ke bagian lengan dan tangan. Hal ini tentu akan mengganggu aktivitas yang Anda lakukan dan menghambat mobilitas. Lantas, mengapa kondisi nyeri leher bisa terjadi dan bagaimana cara mengatasinya? Simak penjelasan berikut.

Penyebab Sakit Leher dan Pundak Sebelah Kanan

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan nyeri leher dan pundak, antara lain:

  • Posisi Tidur yang Salah: Salah satu penyebab paling umum adalah tidur dengan posisi yang salah. Ketika kita tidur dalam posisi yang tidak alami atau mendekatkan kepala ke bantal, ini dapat menyebabkan tegangan dan ketegangan pada leher dan pundak sebelah kanan.
  • Cedera atau Trauma: Cedera fisik seperti jatuh atau kecelakaan mobil dapat menyebabkan sakit leher dan pundak sebelah kanan. Bahkan, aktivitas sehari-hari seperti mengangkat beban berat dengan cara yang salah juga dapat berkontribusi pada cedera ini.
  • Arthritis: Arthritis atau radang sendi pada leher atau bahu juga dapat menjadi penyebab nyeri kronis pada daerah tersebut.
  • Gangguan Saraf: Beberapa gangguan saraf, seperti radikulopati servikal (tekanan pada akar saraf leher), dapat menyebabkan nyeri di leher dan pundak.

Solusi Mengatasi Sakit Leher dan Pundak Sebelah Kanan 

Setelah berkonsultasi dan menjalani serangkaian pemeriksaan, dokter mungkin akan memberikan obat pereda nyeri untuk meredakan sakitnya. Anda juga sebaiknya mengubah posisi tidur, melakukan pemanasan dan peregangan sebelum beraktivitas fisik, mengompres panas atau dingin area yang sakit, ataupun menjalani program fisioterapi.

Baca Juga  Ketahui Jenis Obat yang Efektif untuk Radang Sendi Lutut

Apabila nyeri tak kunjung sembuh, maka pengobatan lain mungkin disarankan, seperti terapi injeksi steroid atau radiofrekuensi ablasi pada kasus yang lebih parah.

Sakit leher dan pundak sebelah kanan dapat mengganggu kualitas hidup sehari-hari. Penting untuk memahami penyebabnya dan mencari solusi yang tepat untuk mengatasinya. Dengan perawatan yang tepat, kebanyakan kasus nyeri leher dan pundak dapat diatasi, dan Anda dapat kembali menjalani hidup tanpa rasa nyeri yang mengganggu.

Jika Anda mengalami nyeri leher, maka jangan tunda pengobatan dan segeralah menemui dokter. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter ahli kami di klinik Patella dengan menghubungi nomor 021-2237-9999 atau chat melalui whatsapp di 0811 8124 2022. 

Baca juga: Tendonitis, Penyebab Bahu Sakit dan Kaku

Frequently Asked Questions (FAQ)

Apa Penyebab Nyeri Leher dan Pundak?

Berikut beberapa faktor penyebab yang meliputi: 1. Posisi tidur yang salah 2. Cedera atau trauma 3. Arthritis 4. Gangguan saraf

Bagaimana Cara Mengatasi Nyeri Leher dan Pundak?

Setelah berkonsultasi dan menjalani serangkaian pemeriksaan, dokter mungkin akan memberikan obat pereda nyeri untuk meredakan sakitnya. Anda juga sebaiknya mengubah posisi tidur, melakukan pemanasan dan peregangan sebelum beraktivitas fisik, mengompres panas atau dingin area yang sakit, ataupun menjalani program fisioterapi.

Kenapa Posisi Tidur yang Salah dapat Menyebabkan Nyeri Leher dan Pundak?

Salah satu penyebab paling umum adalah tidur dengan posisi yang salah. Ketika kita tidur dalam posisi yang tidak alami atau mendekatkan kepala ke bantal, ini dapat menyebabkan tegangan dan ketegangan pada leher dan pundak sebelah kanan.

***

Featured photo by syda_productions from Freepik

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Book Online

Appointment Now