tumit sakit saat beraktivitas- Patella

Terapi RICE, Redakan Tumit Sakit Saat Beraktivitas

Tumit Anda terasa sakit saat beraktivitas? Meskipun kondisi ini merupakan keluhan yang umum terjadi, namun terkadang rasa nyerinya semakin parah dan berkepanjangan. Faktor penyebabnya pun beragam, seperti cedera, ketegangan otot, penggunaan berlebihan pada kaki atau tumit, ataupun radang sendi. 

Sebagai langkah penanganan pertama untuk mengatasi nyeri tumit adalah dengan terapi RICE. Apa itu terapi RICE? Simak ulasan berikut.

Redakan Tumit Sakit Saat Beraktivitas dengan RICE

tumit sakit saat beraktivitas- Patella

Jika tumit Anda terasa sakit tiba-tiba saat berlari, berjalan ataupun melakukan aktivitas lain, maka lakukan langkah berikut ini untuk mencegah kondisi yang semakin memburuk: 

Istirahat (Rest)

Langkah pertama dalam meredakan tumit sakit adalah memberikan istirahat kepada tumit yang sakit. Ini berarti menghindari aktivitas fisik yang dapat memperburuk kondisi. Jika Anda terus-menerus mengekspos tumit yang sakit pada tekanan atau stres berlebihan, Anda mungkin memperpanjang proses penyembuhan dan meningkatkan risiko cedera lebih lanjut. Istirahat yang cukup akan memberikan waktu bagi tubuh untuk memulihkan diri.

Kompres Dingin (Ice)

Penggunaan es adalah langkah penting dalam terapi RICE untuk meredakan peradangan dan mengurangi rasa sakit pada tumit. Anda dapat mengompres tumit dengan bungkus es dalam handuk tipis dan diterapkan selama 15-20 menit setiap beberapa jam. Es membantu menyempitkan pembuluh darah, mengurangi aliran darah ke area yang terluka, dan meredakan peradangan. Pastikan untuk tidak menempatkan es langsung pada kulit untuk menghindari risiko pembekuan.

Tekanan (Compression)

Menggunakan kompresi pada tumit yang sakit dapat membantu mengurangi peradangan dan mendukung area yang terluka. Gunakan perban elastis atau sarung kaki kompresi yang dirancang khusus untuk memberikan tekanan ringan pada area yang sakit. Pastikan kompresi tersebut tidak terlalu ketat sehingga tidak mengganggu aliran darah. Tujuan kompresi adalah memberikan dukungan tambahan dan mengurangi pembengkakan.

Mengangkat Tinggi (Elevation)

Elevasi adalah langkah terakhir dalam terapi RICE. Ketika beristirahat, es, dan kompresi telah diterapkan, angkat kaki Anda untuk meminimalkan pembengkakan lebih lanjut. Idealnya, letakkan tumit yang sakit di atas tingkat jantung selama beberapa waktu setiap hari. Ini membantu mengurangi aliran darah ke area yang terluka dan mengurangi peradangan.

Selain metode RICE, Anda sebaiknya menghindari berbagai aktivitas yang memicu atau memperburuk sakit pada tumit. Selama proses pemulihan, Anda juga dapat mengonsumsi obat pereda nyeri atas saran dokter atau ahli kesehatan.

Namun, penting untuk diingat bahwa jika rasa sakit pada tumit tidak membaik setelah beberapa hari dengan terapi RICE atau jika terdapat tanda-tanda komplikasi seperti bengkak yang parah, perubahan warna kulit, atau kesulitan berjalan, segera berkonsultasi dengan dokter ahli kami di Klinik Patella untuk diagnosis dan penanganan lebih lanjut.

Anda bisa membuat janji konsultasi dengan menghubungi nomor 021-2237-9999 atau chat melalui whatsapp di 0811 8124 2022. Selain konsultasi online, Anda bisa datang langsung ke Klinik Patella yang berlokasi di Mampang

Baca juga: Patella, Klinik Nyeri Bahu Terpercaya di Jakarta

Frequently Asked Questions (FAQ)

Apa Penyebab Nyeri Tumit?

Faktor penyebab nyeri pada tumit beragam, seperti cedera, ketegangan otot, penggunaan berlebihan pada kaki atau tumit, ataupun radang sendi. Sebagai langkah penanganan pertama untuk mengatasi nyeri tumit adalah dengan terapi RICE.

Bagaimana Terapi RICE dapat Meredakan Nyeri Tumit?

Lakukan beberapa hal ini untuk mencegah kondisi nyeri yang memburuk 1. Rest (istirahat) 2. Ice (kompres dingin) 3. Compression (tekanan) 4. Elevation (mengangkat tinggi)

Apa yang Dimaksud dengan Elevation pada Terapi RICE?

Elevasi adalah langkah terakhir dalam terapi RICE. Ketika beristirahat, es, dan kompresi telah diterapkan, angkat kaki Anda untuk meminimalkan pembengkakan lebih lanjut. Idealnya, letakkan tumit yang sakit di atas tingkat jantung selama beberapa waktu setiap hari. Ini membantu mengurangi aliran darah ke area yang terluka dan mengurangi peradangan.

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Book Online

Appointment Now

Jadwal Praktik


Prof. Dr. dr. Darto Satoto, SpAn, KAR

Selasa   : 10:00 - 16:00
Kamis   : 10:00 - 16:00


dr. Nelfidayani, SpKFR

Selasa   : 16:00 - 20:00
Kamis   : 16:00 - 20:00
Sabtu    : 16:00 - 20:00


dr. Rifalisanto, SpKFR

Senin    : 10:00 - 12:00
Rabu     : 10:00 - 12:00


dr. Zuhri Efendi, Sp.OT (K)

Senin    : 16:00 - Selesai
Rabu     : 16:00 - Selesai
Jumat   : 16:00 - Selesai


dr. Haekal Alaztha, Sp.N, FINA

Lamina Kartika Pulomas Hospital

Senin       : 13:00 - 15:00
Rabu        : 13:00 - 15:00

Lamina Klinik SMC

Selasa     : 13:00 - 15:00
Kamis      : 13:00 - 15:00