penyebab lutut nyeri

Ragam Penyebab Lutut Nyeri

Penyebab lutut nyeri bisa terjadi karena banyak hal. Keluhan ini bisa terjadi pada setiap orang. Penderita lutut nyeri akan merasakan sakit yang cukup hebat saat menggerakan lutut. Lutut nyeri bisa terjadi secara tiba-tiba dan mengganggu aktivitas penderitanya. 

Mengetahui penyebab lutut nyeri bisa menjadi cara terbaik untuk mencegah nyeri datang kembali. Selain itu dengan mengetahui penyebab nyeri lutut kamu jadi bisa melakukan pencegahan saat tiba-tiba nyeri lutut menyerang. 

Penyebab lutut nyeri 

 

Umumnya penyebab lutut nyeri yang terjadi pada tiap penderita berbeda-beda sesuai dengan gejala dan tingkat keparahannya. Hal inilah yang membuat penyebab luutut nyeri akan mengalami gejala yang berbeda pada tiap penderitanya. 

Melansir Medical News Today (2021), gejala lutut nyeri umumnya terjadi seperti rasa kaku, terdapat ruam kemerahan, terlihat membengkak, lutut terasa lemas serta munculnya suara retakan saat lutut bergerak. 

Berikut penyebab lutut nyeri yang perlu kamu ketahui: 

1. Cedera lutut 

Nyeri pada bagian lutut yang terjadi secara tiba-tiba bisa menjadi gejala cedera pada lutut. Umumnya cedera yang terjadi pada lutut karena adanya robekan ligamen dan juga tendon. Kondisi ini bisa menyebabkan nyeri pada bagian lutut dan muncul tiba-tiba. Selain itu cedera yang mengakibatkan pendarahan pada bagian lutut juga bisa menjadi penyebab nyeri lutut.

Gerakan seperti melompat dan juga berlari secara berulang bisa menyebabkan nyeri pada bagian lutut. Jika kamu mengalami kondisi lutut nyeri dan merasakan gejala seperti bengkak, memar, dan juga panas pada area lutut, segeralah periksakan diri ke dokter maupun tenaga medis terdekat. 

2. Knee osteoarthritis

Lutut adalah salah satu bagian sendi terbesar dari struktur tubuh manusia. Struktur yang terdiri dari tulang, tulang rawan, ligamen dan juga membrane synovial. Membrane synovial sendiri memiliki fungsi untuk menghasilkan cairan sinovial yang berguna sebagai pelumas dan juga nutrisi pada bagian tulang rawan. Namun, kamu perlu tahu jika tulang rawan sendiri bisa rusak sehingga menyebabkan pergesekan antar tulang pada bagian lutut yang menyebabkan munculnya nyeri. 

Mengutip Journal of Pain Research (2021), terdapat beberapa faktor yang bisa menyebabkan seseorang mengalami penyakit knee osteoarthritis, misalnya karena peradangan pada bagian lutut, gangguan metabolisme hingga karena trauma lutut. 

3. Asam urat 

Melansir National Institute of Arthritis and Musculoskeletal and Skin Diseases (2021), menyebutkan jika lutut nyeri bisa terjadi karena gejala tertentu salah satunya akibat asam urat. Saat penyakit ini menyerang maka gejala yang muncul adalah panas pada lutut, ruam merah dan juga nyeri yang tidak tertahankan. 

Kondisi asam urat bisa membuat lutut nyeri akibat lutut memproduksi kelebihan kristal secara berlebihan dan menyebabkan radang serta nyeri yang tidak tertahankan. Pada kondisi yang cukup parah, asam urat bisa menyebabkan penderitanya mengalami kesulitan bergerak, hingga mengalami kesulitan berjalan. 

4. Penyakit Osgood-Schlatter

Merupakan kondisi yang terjadi saat lutut nyeri akibat tekanan pada bagian tendon patella. Penyakit ini banyak menyerang anak-anak dan juga remaja. 

Mengutip Harvard Medical School (2021), kegiatan fisik seperti bermain basket, senam, ataupun melompat yang sering anak-anak lakukan bisa membuat paha menarik bagian tendon patella. Kemudian serat tendon patella melekat pada bagian tulang kering. Dengan kondisi penarikan secara berulang inilah yang menyebabkan terjadinya peradangan dan juga pembengkakan pada lutut sehingga muncullah nyeri. 

Pengobatan penyakit Osgood-schlatter bisa menggunakan fisioterapi, obat hingga operasi. Penyebab munculnya nyeri lutut bisa membuat pengobatan yang dokter berikan berbeda. Karena itu penting untuk memeriksakan diri ke dokter ataupun tenaga medis saat lutut nyeri. 

 

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Book Online

Appointment Now

Jadwal Praktik


Prof. Dr. dr. Darto Satoto, SpAn, KAR

Selasa   : 10:00 - 16:00
Kamis   : 10:00 - 16:00


dr. Nelfidayani, SpKFR

Selasa   : 16:00 - 20:00
Kamis   : 16:00 - 20:00
Sabtu    : 16:00 - 20:00


dr. Rifalisanto, SpKFR

Senin    : 10:00 - 12:00
Rabu     : 10:00 - 12:00


dr. Zuhri Efendi, Sp.OT (K)

Senin    : 16:00 - Selesai
Rabu     : 16:00 - Selesai
Jumat   : 16:00 - Selesai


dr. Haekal Alaztha, Sp.N, FINA

Lamina Kartika Pulomas Hospital

Senin       : 13:00 - 15:00
Rabu        : 13:00 - 15:00

Lamina Klinik SMC

Selasa     : 13:00 - 15:00
Kamis      : 13:00 - 15:00