Radang Sendi Lutut - Patella

Alami Radang Sendi Lutut yang Mengganggu? Terapi PRP Solusinya!

Radang sendi lutut seperti osteoarthritis adalah kondisi medis yang umum terjadi pada berbagai kelompok usia. Kondisi ini ditandai dengan peradangan dan kerusakan pada jaringan yang melapisi sendi lutut, mengakibatkan nyeri, pembengkakan, hingga keterbatasan gerakan. Salah satu metode terapi yang mulai populer dalam mengatasi radang sendi lutut adalah terapi Platelet-Rich Plasma (PRP).

Apa itu Terapi PRP?

Radang Sendi Lutut - Patella

Platelet-Rich Plasma (PRP) merupakan bentuk terapi regeneratif yang menggunakan komponen darah pasien sendiri untuk merangsang penyembuhan jaringan. Dalam prosedur PRP, tenaga medis akan mengambil darah dari pasien. Kemudian darah tersebut dipisahkan menjadi beberapa komponen melalui proses sentrifugasi. Selanjutnya, dokter akan mulai menyuntikkan komponen darah yang kaya dengan platelet dan mengandung faktor pertumbuhan serta protein penting lainnya untuk penyembuhan radang sendi lutut.

Bagaimana PRP Bekerja?

Terapi PRP bekerja dengan cara merangsang proses alami penyembuhan tubuh dengan mempercepat pertumbuhan dan perbaikan jaringan. Faktor pertumbuhan dalam PRP dapat membantu merangsang produksi kolagen, protein penting dalam pembentukan jaringan ikat yang mengelilingi sendi. Kolagen membantu memperbaiki dan merangsang pertumbuhan tulang rawan yang rusak atau aus pada sendi lutut.

Selain itu, PRP juga dapat mengurangi peradangan dan nyeri. Komponen antiinflamasi dalam PRP dapat membantu mengurangi respon inflamasi pada sendi lutut, sehingga mengurangi gejala radang dan nyeri.

Prosedur PRP

  • Pengambilan Darah: Dokter akan mengambil sejumlah kecil darah dari pasien, biasanya dari lengan.
  • Pemisahan Komponen: Melalui proses sentrifugasi, komponen darah akan terpisah dan menghasilkan platelet untuk proses injeksi.
  • Injeksi PRP: Dokter akan menyuntikkan platelet kembali ke area yang membutuhkan perbaikan, seperti sendi lutut.
  • Pemantauan dan Pemulihan: Pasien mungkin perlu mengikuti beberapa sesi terapi PRP tergantung pada keparahan kondisi mereka. Setelah setiap sesi, dokter akan melakukan pemantauan terhadap perbaikan dan pemulihan.
Baca Juga  Lutut Terasa Nyeri Saat Berjalan? Waspadai Hal Ini

Keuntungan dan Pertimbangan

  • Non-Invasif: Terapi PRP merupakan prosedur non-bedah yang dapat mengurangi risiko infeksi dan waktu pemulihan yang lama.
  • Komponen Alami: Terapi PRP menggunakan komponen darah pasien sendiri, mengurangi risiko reaksi alergi atau penolakan.
  • Mengurangi Nyeri: PRP dapat membantu meredakan nyeri dan peradangan pada sendi lutut.

Efektivitas terapi PRP dapat bervariasi pada setiap pasien. Sebelum menjalani terapi PRP, konsultasikan dengan dokter Anda untuk menentukan apakah ini adalah pilihan yang sesuai untuk kondisi Anda.

PRP telah menjadi alternatif menarik dalam mengatasi radang sendi lutut. Terapi ini terbukti dapat membantu merangsang pertumbuhan sel/jaringan baru dan mengurangi nyeri serta peradangan. Namun, efektivitas terapi dapat bervariasi pada setiap pasien. Sebelum menjalani PRP, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk menentukan apakah ini adalah pilihan yang sesuai untuk kondisi Anda.

Baca juga: Terapi PRP, Atasi Lutut Sakit Pada Penggemar Olahraga Sepeda dan Lari

Frequently Asked Questions (FAQ)

Apa itu Platelet-Rich Plasma (PRP)?

Platelet-Rich Plasma (PRP) merupakan bentuk terapi regeneratif yang menggunakan komponen darah pasien sendiri untuk merangsang penyembuhan jaringan. Dalam prosedur PRP, tenaga medis akan mengambil darah dari pasien. Kemudian darah tersebut dipisahkan menjadi beberapa komponen melalui proses sentrifugasi.

Apa Prosedur PRP?

Prosedur PRP sebagai berikut: 1. Pengambilan darah 2. Pemisahan komponen 3. Injeksi PRP 4. Pemantauan dan pemulihan

Apa Keuntungan dan Pertimbangan PRP pada Radang Sendi?

1. Non-Invasif 2. Mengurangi risiko reaksi alergi atau penolakan 3. Meredakan nyeri dan peradangan

Artikel ini ditinjau oleh: dr. Yuti Purnamasari

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Book Online

Appointment Now